Pentingnya Punya Prinsip Hidup

By August 25, 2017 January 17th, 2019 Artikel, Character
Pentingnya-Prinsip-Hidup,-Apa-Itu-Prinsip-Hidup,-Karakter
expert-in-character-building

Sahabat ESQ yang dirahmati oleh Allah SWT. Pernahkah Anda mendengar sebuah kalimat dari Muhammad Ali yang mengatakan bahwa “Prinsip saya lebih penting dari pada uang atau gelar…”

Ya, Ali berbicara mengenai prinsip hidup. Apa sesungguhnya prinsip hidup itu? Prinsip hidup layaknya kompas. Sebagai penunjuk arah yang akan menuntun mau kemana hidup kita akan dibawa. Kita sudah banyak menyaksikan bahwa bagaimana kekuatan prinsip hidup menghasilkan sebuah tindakan yang beragam.

Prinsip hidup yang dianut telah menciptakan berbagai tipe orang dengan pemikiran dan tujuan yang berbeda. Setiap orang bahkan kita sendiri dibentuk sesuai prinsip yang kita anut. Prinsip hidup sangat penting bagi kehidupan. Mengapa? Karena dengan memiliki prinsip hidup kita berarti mempunyai sebuah ketegasan yang akan kita ambil dalam hidup.

Bayangkan jika Anda hidup tak memiliki prinsip yang jelas. Hidup Anda tidak tahu akan dibawa kemana. Mengikuti arus pada akhirnya tak tahu tujuan hidup Anda yang sebenarnya.

Seperti di Jepang, mereka sangat terkenal dengan budaya hara-kiri. Jika seseorang merasa bersalah atau merasa putus asa, ia akan menusukkan pedang Katana dan merobek lambungnya hingga kemudian mati perlahan. Begitu pula dibelahan bumi lain, menerapkan prinsip yang tentunya tak sama dengan Jepang.

BACA JUGA  BANGKRUT PADA USIA 72 TAHUN & KEMBALI BERJAYA 10 TAHUN KEMUDIAN

Saat ini, banyak orang-orang yang merasakan krisis prinsip hidup. Tak tahu mau kemana, tak tahu harus berbuat apa dan tak tahu tujuan hidupnya akan bagaimana. Banyak pula orang yang kemudian ikut-ikutan menjiplak prinsip hidup orang lain padahal prinsip hidup itu tak sesuai dengan keadaan diri.

Prinsip-prinsip yang tidak sesuai dengan diri akan berakhir dengan kegagalan. Dunia telah membuktikan bahwa prinsip yang tak sejalan dengan suara hati atau mengabaikan hati nurani akan mengakibatkan ksengsaraan bahkan kehancuran.

Tanpa prinsip kita tak akan bisa bergerak karena kita sendiri tak tahu apa yang mau kita tuju. Orang yang tak punya prinsip hidup akan mampu tergoda oleh hal-hal yang tak sesuai dengan pribadinya. Sehingga, pada akhirnya seseorang itu akan hidup tanpa tujuan. Tentunya Anda tak ingin kan menjadi ornag yang seperti itu?

Dengan kita memiliki prinsip hidup, kita tentunya akan konsisten menjalani hidup. Ia akan lebih berkualitas karena paham apa yang ia mau dalam hidup dan apa yang akan ia tuju dengan prinsip hidupnya.

BACA JUGA  Milikilah Kekuatan Emosional Yang Stabil

Karena salah satu kunci kesuksesan adalah memegang teguh dan mengamalkan prinsip hidup dengan komitmen tinggi. Jika kita mampu konsisten berpegang teguh dengan prinsip hidup kita, kita akan mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang sudah kita bangun dari prinsip hidup tersebut.

Memegang prinsip hidup memang tak mudah. Kita harus berkomitmen untuk terus melangkah dengan prinsip hidup yang positif. Yakinlah bahwa prinsip hidup yang positif akan menjadikan hidup kita semakin positif.

Dengan menjadi manusia yang mempunyai prinsip hidup, kita akan mampu mencapai tujuan hidup dengan maksimal dan efektif.

Sekarang giliran saya bertanya kepada Anda, apa prinsip hidup Anda selama ini dan bagaimana dampaknya kepada kehidupan Anda sekarang?

Anda boleh kirimkan komentar supaya kisah Anda dalam menjaga prinsip hidup dapat menjadi sebuah inspirasi yang positif untuk Sahabat ESQ yang membaca

Silakan juga Anda like dan share postingan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Salam 165

ESQ New Chapter, Training Motivasi Terbaik, Agar Hidup Bahagia, Penuh Semangat

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by