Skip to main content

Pelindo IV, Ary Ginanjar: Ini Alasan Mengapa Adanya Kasus di Garuda, Jiwasraya dan BUMN Lainnya!

By November 11, 2020Training ESQ
expert-in-character-building

JAKARTA – “Di sini saya akan cek sejauh mana Pelindo IV mengenal AKHLAK, dan berada di level berapa para pimpinan Pelindo IV ini,” kata Ary kepada 6 BoD PT Pelindo IV dari studio lantai 23 Menara 165.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bekerjasama dengan ACT Consulting, dalam rangka implementasi internalisasi Core Values AKHLAK di lingkungan PT Pelindo IV.

Sebuah Program Core Values AKHLAK bagi Pejabat Structural Leaders As Meaning Maker sebanyak 2 Batch. Saat ini, tengah berlangsung Batch kedua yang dilaksanakan pada Senin (9/11/2020) by zoom, dipandu oleh Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian, dan Coach Rinaldi Agusyana.

Ary paparkan 1 buah slide yang berisi tentang Level of ESQ Socio-Emotional dari level 1 hingga level 5 dalam memilih kriteria pemimpin yakni sebagai berikut:

Level 1 Dependent: Seperti halnya anak SD, SMP yang masih bergantung dengan orang lain (belum mandiri)

Level 2 Ego-Independent: Bekerja untuk kepentingan diri saja (mendapat gaji), dia tidak paham BUMN untuk Indonesia.

Level 3 Socio-Dependent: Setia dan melindungi kelompok organisasi (meskipun melakukan kesalahan, korupsi) agar tidak dijauhi teman.

BACA JUGA  AKHLAK di Pupuk Indonesia, Ary Ginanjar: Akan Lahir Para Sufi Korporat

Level 4 Intra-Independent: Fokus kepada prinsip dan nilai-nilai yang diyakini (Core Values AKHLAK).

Level 5 Inter-dependent or common good: Fokus kepada kontribusi dan mengabdi untuk lingkungan sosial (BUMN untuk Indonesia).

Tokoh pembangunan karakter itu berharap para pimpinan PT Pelindo IV bisa menduduki level 4 serta level 5 seperti yang diinginkan oleh Prasetyadi sebagai Direktur Utama PT. Pelindo IV.

“Inilah alasan mengapa adanya kasus di Garuda, Jiwasraya, dan BUMN lainnya. Karena para pemimpinnya masih di level 2 atau 3. Benahi itu ya,” sambungnya.

Di akhir sesi adanya feedback atau sharing dari para pimpinan Pelindo IV.

“Yang saya dapatkan hari ini yaitu kalau bekerja kita harus open minded, bisa beradaptasi dalam waktu yang cepat. Apalagi saat menghadapi problem-problem yang terjadi. So harus melihat ke kanan dan kiri, rundingkan dan cari solusi bersama. Terima perubahan-perubahan yang terjadi saat ini,” jelas Adji salah satu pimpinan PT Pelindo IV.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.