Skip to main content

Neuro Linguistic Program: Metode Efektif Mengubah Pola Pikir

By August 11, 2021Artikel
expert-in-character-building

Neuro Linguistic Program atau NLP merupakan suatu strategi untuk mengubah mindset dan perilaku manusia. Tujuannya adalah untuk menjadi individu yang Anda inginkan.

NLP sendiri memulai popularitasnya pada tahun 70-an, dan sekarang menjadi rujukan untuk membantu treatment gangguan kecemasan dan berbagai fobia. Tidak jarang terapi dengan pendekatan psikologi ini menjadi “alat” untuk meningkatkan performa dalam bekerja maupun mencapai kebahagiaan secara umum.

Sekilas tentang Neuro Linguistic Program

Neuro Linguistic Program adalah teknik mengubah pola pikir dan tingkah laku seseorang melalui ucapan.

Richard Bandler dan John Grinder, pengembang metode NLP, meyakini bahwa sangatlah mungkin untuk mengidentifikasi pikiran dan kebiasaan orang-orang sukses. Setelah dua hal tersebut teridentifikasi, Anda dapat mengajarkannya kepada orang lain.

Meskipun penelitian tentang relasi kesuksesan dan NLP masih sedikit, metode ini sangat populer karena bisa diterapkan di banyak kasus.

NLP berbeda dari hipnoterapi karena setiap tahapannya terjadi di alam sadar Anda. Oleh karena itu, terapis yang melakukan NLP harus terlatih dan peka dalam membaca “dunia” pasiennya.

BACA JUGA  Mengapa Seorang Sales Harus Belajar NLP?
Penerapan NLP di kehidupan nyata

Dalam prakteknya, banyak perusahaan maupun perorangan yang bekerjasama dengan NLP Indonesia untuk pengembangan diri. Pengembangan tersebut meliputi refleksi diri, percaya diri, dan komunikasi.

Biasanya suatu perusahaan akan menerapkan metode ini untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut, seperti meningkatkan produktivitas pegawainya.

Selain untuk kepentingan pekerjaan dan kebahagiaan secara umum, NLP seringkali menjadi sarana tambahan untuk terapi gangguan psikologi, seperti fobia, depresi, kecemasan, dan PTSD (post-traumatic stress disorder) .

Namun, perlu Anda ingat bahwa terapi bersifat komplementer. Penting untuk mengobati suatu penyakit secara medis dulu sebelum menerapkan metode NLP, apabila tujuannya memang untuk pengobatan.

Apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi terapis NLP profesional?

Seperti penjelasan sebelumnya, hanya terapis profesional yang bisa melakukan metode NLP. Anda bisa mempelajarinya langsung dari pakar NLP.

ESQ menggelar Seminar ESQ-NLP yang khusus melatih Anda dalam observasi diri. Selain untuk memahami diri sendiri dan menjadi pribadi yang lebih baik, neuro linguistic program training dari ESQ juga membantu Anda melihat peluang bisnis dengan lebih baik.

BACA JUGA  9 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Ini Dapat Anda Praktikkan Selama Bulan Ramadhan, Yuk Coba!

Belajar Neuro Linguistic Program merupakan salah satu ikhtiar untuk menjadi individu sukses masa kini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.