Skip to main content

Mudah, 4 Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

By August 11, 2021Artikel
expert-in-character-building

Saat berbicara di depan umum, rasa nervous atau grogi memang kerap hinggap. Tak hanya pemula saja, mereka yang sudah profesional terkadang juga merasa gugup. Ini merupakan hal wajar, tapi bukan berarti dibiarkan begitu saja. Anda juga harus mengetahui bagaimana cara berbicara di depan umum agar tidak grogi.

Rasa cemas dan grogi saat berbicara di depan publik memang menjadi ketakutan sosial yang hampir dialami oleh setiap manusia. Saat perasaan cemas itu mulai hingga, Anda tidak perlu panik dan menyalahkan diri sendiri. Ikuti saja beberapa cara berbicara di depan umum dengan lancar berikut ini.

  1. Pahami audience

Sangat penting untuk Anda mengetahui siapa audience-nya. Ini akan membantu Anda dengan baik bagaimana cara menyampaikan materi secara tepat. Beda audience akan beda pula bagaimana sebaiknya suatu materi tersampaikan.

Sebagai contoh, saat audience-nya anak-anak muda atau anak sekolah, sebaiknya sampaikan materi dengan lebih santai. Sesekali bisa Anda selingi dengan games atau candaan. Berbeda jika audience-nya ibu-ibu atau orang yang lebih tua. Anda dapat menyampaikannya dengan lebih formal.

  1. Persiapkan materi matang-matang
BACA JUGA  Sering Mengalami Gugup Bicara di Depan Umum? Begini Cara Mengatasinya

Persiapan materi yang kurang matang menjadi salah satu faktor penyebab gugup saat berbicara di depan publik. Dilansir dari situs Mayo Clinic, mempersiapkan materi dengan matang dapat meminimalisir kesalahan. Hal ini juga akan membuat Anda tampil lebih percaya diri.

Pilihlah kata yang tepat dan mudah Anda ingat saat menuliskan materi. Coba pikirkan juga kemungkinan pertanyaan yang penonton ajukan. Selain itu, persiapkan juga planning dari A-Z untuk mempersiapkan hal-hal tak terduga yang terjadi di atas panggung

  1. Berlatih terlebih dahulu

Setelah selesai mempersiapkan materi, selanjutnya mulai berlatih. Anda dapat berlatih di depan cermin atau di depan teman dan keluarga. Ini akan melatih kelancaran Anda saat menyampaikan materi dan juga melatih kepercayaan diri Anda.

  1. Hilangkan pikiran negatif

Hal terakhir yang harus Anda lakukan yaitu hilangkan pikiran-pikiran negatif. Jika pikiran-pikiran negatif ini memenuhi kepala, Anda akan mulai kehilangan fokus. Segala persiapan yang sudah Anda lakukan bisa saja menjadi sia-sia.

Alih-alih berpikiran negatif, pikirkanlah hal-hal yang positif saja dan mulailah untuk berbicara secara intensif, sesuai apa yang sudah Anda persiapkan.

BACA JUGA  Rutinitas Sehari-Hari Bisa Tunda Kesuksesan di Masa Depan, Benarkah?

Penutup

Pada dasarnya, Anda dapat melatih diri untuk tidak grogi saat berbicara di depan umum. Salah satu caranya yaitu dengan menerapkan 4 tips di atas. Anda juga dapat mengikuti kelas bagaimana cara berbicara di depan umum agar tidak grogi dari ESQ Leadership Center. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi saja website ESQ.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.