Meneladani Rasulullah SAW Untuk Berbicara Di Depan Umum

By July 18, 2017 September 20th, 2019 Artikel, Communication
Belajar Public Speaking, Pelatihan Public Speaking, Training Public Speaking, Belajar Dari Rasulullah SAW
expert-in-character-building

Sahabat ESQ, kepemimpinan Nabi Muhammad SAW tak perlu diragukan lagi. Beliau merupakan sosok terbaik sebagai suri teladan dan sangat menginspirasi. Rasulullah bahkan dinobatkan sebagai 100 pemimpin paling berpengaruh di dunia.

Teladan yang beliau ajarkan patut untuk dicontoh dalam segala aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam hal public speaking. Bagaimana tuntunan Rasulullah dalam public speaking atau berbicara di depan umum? Yuk simak point-point berikut:

#1 Berbicara Dengan Jelas dan Mudah Dipahami

Diriwayatkan oleh Humaid bin Mas’adah al Bashriyyi, dari Humaid al Aswad, dari Usamah bin Zaid, dari Zuhri, dari `Urwah, yang bersumber dari `Aisyah r.a. “Rasulullah berbicara dengan kata-kata yang jelas dan tegas. Orang yang duduk bersamanya akan dapat menghafal (kata-katanya).”

“Rasulullah saw. suka mengulang kata-kata yang diucapkannya sebanyak tiga kali agar dapat dipahami.”(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya, dari Abu Qutaibah –Muslim bin Qutaibah-. dari `Abdullah bin al Mutsani, dari Tsumamah, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.

#2 Menyisipkan Humor

Rasulullah pernah didatangi seorang nenek tua, kemudian berkata: “Doakan aku kepada Allah swt agar memasukkan aku ke surga.”

BACA JUGA  Ilmu Rahasia Untuk Bahagia di Seminar Motivasi, ESQ Missing Power

Rasulullah kemudian berkata pada nenek itu,“Wahai Ummu Fulan! Sesungguhnya surga itu tidak dimasuki orang yang sudah tua.”

Si nenek pun menangis tersedu-sedu, karena ia pikir seorang nenek tua sepertinya tidak akan masuk surga. Akan tetapi Rasulullah kemudian memberi pemahaman bahwa ketika dia masuk surga, tidak akan masuk surga sebagai orang yang sudah tua, tetapi semua berubah menjadi muda belia dan cantik.

Beliau kemudian membacakan ayat yang berbunyi:
“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (Bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan Kami jadikan mereka gadis-gadisperawan.” (QS. Al-Waaqi’ah: 35-36).

#3 Berpenampilan menarik

Sesungguhnya Allah itu indah dan senang dengan keindahan. Bila seseorang diantara kamu (bermaksud) menemui kawan-kawannya hendaklah dia merapikan dirinya. (HR Muslim).

“Datanglah seseorang menemui Nabi saw dengan rambut acak-acakan dan jenggot amat semrawut tak teratur. Lantas Nabi memberi isyarat kepadanya seolah-olah menyuruhnya untuk menyisir rambutnya. Ia pun berpaling memperbaiki rambutnya, lantas sesaat kemudian datang lagi menemui Rasulullah saw. Maka berkomentarlah Nabi saw: ‘Bukankah berpenampilan menarik seperti ini lebih baik daripada salah seorang di antaramu menghadap dengan rambut acak-acakan seperti setan?”‘ (HR. Malik)

BACA JUGA  Cerita Tentang Kejujuran dan Keadilan Dalam Pertarungan Judo

#4 Bersemangat

Dari jabir bin Abdullah meriwayatkan :
“ Bahwasanya Rosulullah SAW jikasedang berkhutbah, kedua mata beliau memerah, suaranya meninggi, dan marahnya memuncak, sehingga seakan-akan beliau adalah panglima perang yang sedang memberi peringatan kepada bala tentaranya “ ( HR Muslim )

#5 Ringkas Namun Penuh Makna

Rasullullah SAW adalah sosok yang fasih berbicara. Sedikit bicara namun penuh makna, mudah dimengerti, dan tidak menyinggung perasaan orang yang diajak berbicara.

“Nabi Saw tidak memanjangkan nasihatnya pada hari Jumat. Beliau hanya memberikan amanah-amanah yang singkat dan ringkas” (H.R. Abu Dawud).

#6 Ceria dan Menatap Wajah Lawan Bicara

“Jangan meremehkan sedikitpun (sehingga enggan melakukan) perbuatan ma’ruf, meskipun hanya menjumpai kawan dengan wajah yg ceria” (HR. Muslim)

Abu Hurairahra berkata, “Sesungguhnya Rasulullah tdk pernah berbicara dgn seseorangmelainkan beliau menghadapkan wajahnya pada wajah teman bicaranya dan takkan berpaling sebelum ia selesai bicara” (HR. Ath-Thabrani)

Itulah teladan Rasulullah dalam berbicara di depan umum. Selain perkataan, sikap dan perilaku juga merupakan hal penting dalam kesuksesan public speaking.

Untuk itulah Training ESQ Public Speaking hadir sebagai solusi kesuksesan public speaking Anda. Training yang bukan hanya menjadikan Anda sebagai pembicara yang handal namun juga menginspirasi dan berpengaruh.

BACA JUGA  Tentang Pernikahan dan Janji Sehidup Semati

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Meneladani Rasulullah SAW Untuk Berbicara Di Depan Umum

 

ESQ Public Speaking - Training Public Speaking Terbaik di Jakarta

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di info@esqtraining.com atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by