Kekuatan Meyakinkan Diri Sendiri

By August 21, 2017Achievement, Artikel
expert-in-character-building

If you believe in yourself, everything is possible

Sahabat ESQ, pernahkah anda mendengar kalimat di atas? Yang artinya jika kita percaya dengan diri kita sendiri, segalanya akan menjadi sesuatu yang memungkinkan. Ya, segala sesuatu akan menjadi mungkin jika kita percaya bahwa kita bisa melakukannya.

Adalah hal wajar jika dalam hidup kita pernah merasa down dan tak percaya atas diri sendiri. Namun, sebaiknya sikap ini tidak boleh Anda diamkan terlalu lama. Karena itu akan sangat berpengaruh dengan kemajuan hidup Anda ke depan.

Setiap individu punya hak yang sama untuk sukses. Punya hak yang sama untuk meningkatkan taraf hidup. Namun tak banyak yang tahu, bahwa itu semua bermula dari keyakinan diri. Mengapa? Karena keyakinan kuat yang lahir dalam diri sendiri akan menjadikan Anda orang yang survive dalam keadaan apapun. Keyakinan yang kuat dari dalam diri ibarat sebuah vitamin yang disuntikkan ke tubuh kita.

Berbeda dengan orang yang ragu akan diri sendiri. Orang-orang yang meragu akan mudah putus asa dan mempunyai rasa takut akan sesuatu hal secara berlebihan padahal itu belum ia kerjakan. Apa akibatnya jika Anda menampilkan sikap yang penuh ragu? Akan mustahil bagi anda untuk meraih apa yang Anda inginkan dalam hidup.

BACA JUGA  Bung Karno menjadi Orator Ulung Karena Menerapkan Ilmu Public Speaking

Bercerita mengenai keyakinan diri. Saya punya cerita mengenai seseorang yang tentunya sudah Anda tau. Sosok rendah hati yang diidolakan banyak orang. Mahatma Gandhi. Jika kita melihat perjuangan apa yang sudah dilakukan oleh seorang Mahatma Gandhi, kita pasti akan bisa menilai bahwa seorang Gandhi adalah sosok pemimpin yang sangat mempunyai keyakinan diri yang tinggi.

Sepanjang hidupnya, Gandhi selalu berkomitmen untuk yakin pada diri sendiri, sehingga ia akan terima apapun resiko yang dihadapi. Hingga pada suatu ketika, ia memilih untuk mengambil langkah sendiri saat dihadapi suatu persoalan. Salah satunya adalah ketika ia mengambil keputusan untuk tidak mau bekerja sama dengan penjajah yang menurutnya sangat tak adil dengan masyarakat India.

Gandhi sangat kuat atas sikap dan komitmennya meski orang-orang di sekitarnya pun tak mendukung sepenuhnya. Namun, dengan tenang dan bijaknya Gandhi berkata “Saat merasa sedih saya ingat bahwa di sepanjang sejarah, kebenaran dan kasih sayang selalu menang. Ada banyak tirani dan pembunuh. Pada suatu masa, mereka tampak seperti tidak akan terkalahkan. Namun, pada akhirnya mereka selalu kalah.”

BACA JUGA  Ketika Cobaan Mendera, Anda Mau Jadi Apa?

Perkataan Gandhi di atas sangat mencerminkan bahwa seorang Mahatman Gandhi mempunyai keyakinan diri yang kuat. Pada akhirnya, keyakinan Gandhi pun terbukti. Dengan misinya untuk damai, India bisa terbebas dari penjajahan Inggris. Keyakinan diri yang ditanamkan Gandhi ini sangat menginspirasi banyak orang, khususnya masyarakat India.

Keyakinan diri yang kuat telah diajarkan oleh Gandhi. Keyakinan diri yang kuat akan menumbuhkan semangat yang tinggi untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekitar Anda.

Ketika Anda yakin dengan kemampuan diri Anda, orang lain pun akan yakin dengan Anda. Namun, jika diri Anda sendiri tak yakin dengan kemampuan diri, bagaimana orang lain akan yakin dengan Anda?

Keyakinan diri merupakan salah satu kunci Anda untuk bertahan di era yang serba tidak pasti ini. Dengan keyakinan diri, Anda akan jadi lebih bersemangat. Dengan Anda bersemangat, Anda pun bisa berani untuk melangkah dan mengambil keputusan secara tegas. Dan dengan keputusan yang tegas, membuat orang tak ragu menjalin sebuah hubungan atau kerjasama untuk Anda. Karena pada akhirnya, sikap baik yang akan sesuatu yang baik untuk diri sendiri maupun orang lain, akan berdampak baik juga terhadap diri kita sendiri

BACA JUGA  Bicara Dengan Diri Sendiri Bukanlah Gila, Inilah 5 Rahasia Manfaatnya

Keyakinan diri, bisa menjadi kunci untuk Anda menjadi manusia yang lebih berkualitas lagi.

Jadi, Siapkah Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan meyakinkan diri Anda sendiri?

Salam 165

Daftar Segera di Training ESQ 165 Quantum excellence

Daftar-Training-ESQ

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?