Skip to main content

Jenis-Jenis Training for Trainer Sertifikasi BNSP

Jenis-Jenis Training for Trainer Sertifikasi BNSP
expert-in-character-building

Pelatihan dan training for trainer sertifikasi BNSP terdiri dari berbagai kelas. Mulai dari kelas junior, struktur, senior, sampai dengan master. 

Tentu saja masing-masing kelas memiliki kualifikasi yang berbeda. Kira-kira, apa saja perbedaannya?

Dalam ulasan ini, Anda dapat mengetahui apa saja perbedaan dari berbagai kelas training of trainer. Prosesi kita bahas sertifikasi ToT BNSP dari yang pertama.

Jenis-Jenis Pelatihan ToT dan Penjelasannya

Dari berbagai jenis pelatihan sertifikasi ToT BNSP tersebut, ada beberapa kesamaan meskipun tentu saja berbeda antara satu dan lainnya. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis pelatihan training of trainer.

  1. Pelatihan Instruktur Junior Tingkat 3

Standar kompetensi dalam pelatihan ini yaitu menetapkan prinsip kesehatan kerja untuk mengendalikan risiko K3. Selain itu juga mengaplikasikan berbagai keterampilan dasar dalam berkomunikasi.

Dalam pelatihan ini juga akan ada pelaksanaan pelatihan tatap muka dan mengoperasikan komputer tingkat dasar. Selain itu, peserta juga akan memperoleh informasi bagaimana cara mengelola bahan pelatihan yang tepat.

  1. Pelatihan Instruktur Tingkat 4

Dalam pelatihan ini, secara garis besar materinya sama dengan pelatihan training of trainers BNSP junior tingkat 3. Perbedaannya terletak pada hal-hal berikut.

  1. Modul pembelajaran, 
  2. Perangkat asesmen,
  3. Peralatan pelatihan,
  4. Akses kompetensi.
BACA JUGA  Seberapa Besar Anda Bisa Menghormati Orang Lain di Saat Anda Sudah Merasa Sukses?

Keempat hal tersebut tidak ada di pelatihan junior.

  1. Pelatihan Instruktur Senior Tingkat 5

Pelatihan level 5 memimpin sistem dan pelayanan asesmen serta mendesain media pembelajaran. Termasuk juga melakukan tindakan korektif terhadap pelaksanaan pelatihan.

Secara garis besar, pelatihan dari level 4 juga masuk dalam pelatihan level 5. Dalam pelatihan ini, ada penekanan pada penentuan kebutuhan pelatihan mikro dan individu. Di jenjang ini juga mulai ada pengorganisasian SDM pelatihan.

  1. Pelatihan Instruktur Master Level 6

Ini merupakan pelatihan atau training yang mempelajari bagaimana cara mendesain pembelajaran dengan inovatif untuk program pelatihan. Termasuk juga bagaimana cara mengevaluasi biaya suatu program pelatihan.

Pelatihan jenis ini juga mempelajari pelaksanaan pelatihan jarak jauh sekaligus pelaksanaan pelatihan tatap muka. Pelatihan level 6 akan mengikuti berbagai program pelatihan sekaligus dengan melihat modul pelatihan kerja.

Lembaga Pelatihan dan Sertifikasi Training of Trainer BNSP

Pelaksanaan pelatihan atau training of trainer pastinya harus menggunakan standar dari BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi. 

Dalam hal ini, ESQ Trainer menjadi penyelenggara pelatihan sekaligus sertifikasi ToT yang menggunakan standar kompetensi nasional dari BNSP.

BACA JUGA  Training ESQ Kids/Teens Spesial Ramadhan "To Become Golden Generation"

Untuk informasi selengkapnya tentang training for trainer sertifikasi BNSP bersama ESQ Trainer, Anda bisa langsung klik di sini. Bergabunglah bersama kami dan jadilah pengajar unggul dan kompeten.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.