Skip to main content

Inilah Tips Ampuh Latihan Public Speaking untuk Mahasiswa yang Harus Anda Ketahui

Inilah Tips Ampuh Latihan Public Speaking untuk Mahasiswa yang Harus Anda Ketahui
expert-in-character-building

Mahasiswa memiliki banyak waktu untuk mengasah kemampuan public speakingnya. Meski tidak bisa mengikuti kelas professional untuk melatih kemampuan public speaking, mahasiswa dapat melatih kemampuan public speaking-nya sendiri. Semuanya menjadi mungkin bila kamu berlatih dengan serius.

7 tips ini mungkin bisa menjadi pedoman untuk melakukan latihan public speaking secara otodidak.

Datanglah ke Seminar-Seminar

Datang ke seminar-seminar, merupakan cara yang paling mudah untuk menguasai public speaking. Kamu bisa memperhatikan bagaimana gaya orang lain saat berbicara di depan public. Dengan mengamati dan merekam gaya mereka dalam berbicara di atas panggung, kamu akan mendapat gambaran bagaimana cara melakukan public speaking yang baik.

Untuk mengikuti sebuah seminar bagi seorang mahasiswa, tentu merupakan hal yang mudah. Banyak sekali event kampus yang bisa didatangi. Terlebih sebagian besar seminar-seminar yang diselenggarakan oleh kampus gratis untuk mahasiswa. Jika harus membayar pun biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan di luar kampus.

Latihan Perkenalkan Teman Imajinasi

Latihan ini bisa Anda lakukan di kos-kosan ataupun Bersama dengan teman kamu. Caranya adalah dengan memperkenalkan teman imajinasi ataupun tokoh fiksi yang kalian buat secara spontan, pada orang lain.

BACA JUGA  Pelatihan Public Speaking Menghilangkan Gugup dan Rasa Takut Saat Wawancara

Bila tidak ada teman yang bisa diajak, kamu bisa mensimulasikan selayaknya tengah memperkenalkan teman imajinasi tersebut pada teman kalian. Cara ini dapat menstimulus otak untuk mampu menemukan hal-hal unik dan lucu terkait dengan seseorang secara spontan.

Deskripsikan Suatu Gambar Lucu

Mengambil perhatian pendengar merupakan salah satu trik yang harus kamu lakukan agar public speaking terasa tidak membosankan. Biasanya seorang public speaking yang hebat akan menciptakan joke, atau humor.

Melatih kemampuan ini memang tidak mudah, akan tetapi hal ini bisa dilakukan dengan melihat gambar-gambar lucu yang kemudian diceritakan kembali kepada orang lain. Bila kamu melakukan hal ini, maka otak kamu akan terangsang untuk memperhatikan detail-detail kecil pada gambar yang kamu lihat. Bisa saja, detail-detail kecil tersebut bisa menjadi materi yang menarik.

Cerita Bersambung

Latihan yang satu ini hanya dapat dilakukan dengan cara beramai-ramai Bersama dengan teman kalian. Ada tauran yang harus dipatuhi, yaitu seseorang harus memulai cerita, kemudian orang berikut yang dipilih secara spontan harus melanjutkan cerita tersebut.

BACA JUGA  Training Public Speaking, 5 Alasan Mengapa Mahasiswa Butuh Public Speaking

Cara ini melatih kamu untuk mendengarkan dengan baik saat teman menyampaikan ceritanya. Kemudian otak akan didorong berpikir secara spontan untuk melanjutkan cerita sambung tersebut.

Humor dari Dompet

Berlatih bersama teman untuk melatih kemampuan public speaking memang sangat menyenangkan. Caranya, bukalah dompetmu, kemudian keluarkan sesuatu dari dalam dompet tersebut. Rangkailah cerita humor secara spontan dari benda yang kamu keluarkan itu. Mungkin cara ini agak terkesan aneh. Tapi humor seperti ini seringkali berhasil menarik perhatian pendengar di dunia public speaking.

Cerita Action

Menceritakan sebuah cerita action memang cukup sulit, atau disebut dengan ‘act out’. ‘Act out’ dalam Bahasa inggris artinya beraksi di depan penonton sesuai dengan cerita yang akan kamu sampaikan. Intinya, kamu sambil memperagakan dengan gerakan tubuh saat menceritakan suatu kejadian. Teknik seperti ini biasanya dilakukan oleh para pembicara tenar. Hal ini dapat memberikan kesan dan gambaran yang mendalam pada pendengar.

Berlatih Dalam Merangkai Kata Mutiara

Kata Mutiara atau istilah lainnya quote merupakan kesan yang sangat mendalam yang berasal dari para pembicara. Banyak dari pembicara terkenal karena kepiawaian mereka dalam merangkai kata. Quotes ini biasanya digunakan untuk mengakhiri sesi bicara, baik itu sebagai kesimpulan ataupun sekedar penutup yang berkesan.

BACA JUGA  Bung Karno menjadi Orator Ulung Karena Menerapkan Ilmu Public Speaking

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Inilah Tips Ampuh Latihan Public Speaking untuk Mahasiswa yang Harus Anda Ketahui

 

ESQ Powertalk, Kekuatan Kata-kata, Suara dan gerak Tubuh, Untuk Mempengaruhi Lawan Bicara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.