was successfully added to your cart.

Sering Mengalami Gugup Bicara di Depan Umum? Begini Cara Mengatasinya

By September 10, 2018 January 7th, 2019 Tips, Uncategorized
expert-in-character-building

Sebagian dari Anda mungkin pernah menghadapi situasi mati gaya ketika memberikan pidato atau presentasi di depan audiens? Perasaan gugup bicara di depan umum terkadang Anda rasakan karena merasa tidak memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Memang sih, situasi ini biasa dihadapi oleh orang banyak. Namun, jangan sampai Anda menganggapnya sebagai hal yang wajar lalu tidak punya usaha untuk mengatasinya. Sebab, public speaking adalah salah satu life skills yang wajib Anda miliki jika ingin terus meraih kesuksesan yang diimpikan.

Yuk, mulai atasi perasaan gugup bicara di depan umum dengan cara latihan melakukan hal-hal sederhana berikut ini!

1. Kenali Siapa Audiens Anda

Hal pertama yang harus dilakukan ketika harus berbicara di depan umum adalah mengenali siapa audiens yang akan Anda hadapi. Cari tahu latar belakang mereka seperti apa. Apakah mereka berasal dari kalangan pelajar, pebisnis, atau masyarakat umum? Dengan mengetahui hal ini, Anda jadi bisa menentukan pembawaan seperti apa yang sekiranya cocok ditampilkan di hadapan mereka.

2. Pahami Materi dengan Baik

Rasa gugup bicara di depan umum akan semakin timbul jika Anda tak menguasai materi presentasi atau pidato yang akan disampaikan. Oleh sebab itu, sebaiknya pelajari dahulu topik yang akan Anda bahas dan pastikan Anda benar-benar memahaminya dengan baik.

Selain membantu jalannya presentasi atau pidato, hal ini juga bisa membuat Anda semakin lancar menjawab pertanyaan yang dilontarkan penonton. Mereka tentu akan merasa semakin yakin dan terpengaruh dengan apa yang Anda katakan.

3. Perhatikan Penampilan Anda

Penampilan adalah hal penting yang harus Anda perhatikan ketika berbicara di depan umum. Sebab, penampilan yang bersih dan rapi akan membuat Anda merasa semakin percaya diri. Kesan pertama yang baik juga akan Anda dapatkan dari para penonton di hadapan Anda.

4. Mulai dengan Cerita

Sebelum membahas topik yang ingin disampaikan, tak ada salahnya kalau Anda memulainya dengan bercerita.  Cara ini akan membuat suasana jadi terasa lebih cair, Anda pun lebih merasa rileks ketika berada di hadapan audiens. Bercerita juga bisa membuat audiens merasa lebih dekat dengan Anda.

5. Fokus dan Kuasai Diri Anda

Kuasai diri Anda ketika harus bicara di depan umum. Perhatikan gestur tubuh, diksi, hingga cara bicara. Cobalah untuk selalu fokus agar Anda tidak kehilangan kendali saat menyampaikan presentasi atau pidato di hadapan audiens. Oleh sebab itu, perbanyak latihan agar Anda tak merasa kaget ketika diberikan kesempatan mengeluarkan kemampuan public speaking.

Semoga lima tips ini bisa Anda aplikasikan dengan baik ya!

Jika butuh panduan lebih lengkap dan efektif lagi, Anda bisa dapatkan lewat program-program training unggulan dari ESQ Leadership Center. Seperti ESQ Powertalk, Seminar yang akan membimbing Anda dalam memaksimalkan kata-kata, suara, dan gerak tubuh sehingga Anda memiliki kemampuan untuk dapat mempengaruhi banyak orang.

BACA JUGA  ESQ Ajak Media Massa Wujudkan Indonesia Emas 2020

Writer : First | Editor : Ania | Image : Lulu 

ESQ Powertalk, Kekuatan Kata-kata, Suara dan gerak Tubuh, Untuk Mempengaruhi Lawan Bicara

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.