Skip to main content

Fungsi Mentor dalam Bisnis, Pengusaha Wajib Tahu

By November 16, 2021Artikel
expert-in-character-building

Memangnya apa, sih, fungsi mentor dalam bisnis? Sepenting apakah mentoring dalam menentukan kesuksesan suatu usaha?

Dunia bisnis kini semakin ramai karena kehadiran banyak pebisnis baru. Oleh karena itu, persaingan dan ketahanan setiap pebisnis mendapat tempaan semakin berat dari masa ke masa.

Sebagai pebisnis, tentunya Anda setuju bahwa kesuksesan bukan hanya sesuatu yang hadir semalam. Agar usaha yang Anda rintis berkembang sesuai harapan, penting sekali memilih mentor yang tepat dan mengikuti kelas mentoring.

Lalu kenapa Anda perlu mentor?

Memperoleh ilmu yang tidak ada di buku manapun

Alasan pertama kenapa Anda harus memiliki seorang mentor dalam menjalankan bisnis, yaitu adalah ilmu baru.

Anda bisa saja membaca kiat-kiat sukses dari para ahli dan teori-teorinya. Namun mentor merupakan seseorang yang sudah berada di medan lapangan jauh sebelum Anda. Ilmu yang mentor Anda berikan selalu berdasarkan pengalaman di lapangan.

Selain itu, Anda mendapatkan pengetahuan baru secara cuma-cuma.

Mengembangkan jaringan bisnis dan sosial

Seperti penjelasan di atas, mentor merupakan seorang pebisnis dengan segudang pengalaman di lapangan. Tidak heran apabila jaringannya cukup luas.

BACA JUGA  Saat Ketetapan-Nya Tak Sesuai Rencanamu, Jangan Patah Hati

Salah satu keuntungan dari memiliki mentor adalah Anda punya kesempatan untuk memperluas jaringan. Tentu saja jaringan di sini sebagian besar jauh lebih berpengalaman dari Anda. Menguntungkan, kan?

Tempat bertukar pikiran

Ketika Anda akhirnya meluncurkan bisnis Anda sendiri, kepada siapa Anda akan mencari saran atau bertukar pikiran? Anda tidak punya bos yang akan membimbing perjalanan Anda di dunia bisnis.

Disinilah pentingnya seorang mentor berperan. Dengan memiliki mentor atau mengikuti kegiatan mentoring, Anda memiliki pegangan terpercaya ketika Anda membutuhkan saran maupun sebatas dukungan emosional.

Ketika Anda mendapatkan mentor yang tepat, ilmu yang Anda peroleh pun akan semakin bermanfaat. Nantinya Anda bisa membagikan apa yang Anda miliki kepada karyawan dan orang-orang terkait lainnya untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

ESQ menghadirkan berbagai program mentoring dan coaching untuk mendukung bisnis Anda. Sukses harus dikejar, bukan ditunggu.

Dengan mengikuti berbagai seminar coaching dan mentoringdari ESQ, tidak hanya fungsi mentor dalam bisnis saja yang Anda dapatkan. Anda juga akan berada di komunitas yang siap mendukung Anda kapanpun dan dimanapun. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

BACA JUGA  Belajar Kehidupan dari Alam, dari Binatang, dari Burung Kolibri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.