Skip to main content

4 Teknik NLP Paling Efektif untuk Level Pemula hingga Advanced

By October 21, 2021Artikel
expert-in-character-building

NLP adalah ilmu yang mempelajari bagaimana pikiran Anda mempengaruhi perilaku. Dengan teknik NLP ini, maka Anda bisa mengontrol emosi, pikiran, dan perasaan lebih baik lagi. Mayoritas teknik NLP berorientasi pada tindakan.

Berikut ada 4 teknik dan metode NLP yang paling populer digunakan:

  1. Imagery Training (Rehearsal Mental)

Ini adalah teknik klasik NLP yang berbasis visualisasi. Sangat bagus untuk para pemula karena bersifat to the point. Kunci utamanya adalah menciptakan suasana saat Anda berhasil melakukan sesuatu dengan sangat detail.

Tujuannya agar body language seperti percaya diri, nyaman dan determinasi tinggi muncul dalam diri Anda. Teknik ini penting untuk menciptakan keyakinan dalam diri dan kemampuan Anda.

  1. NLP Swish

Metode NLP yang satu ini cocok untuk Anda yang sudah siap dengan level advanced.

Pertama, ciptakan gambaran jelas tentang sesuatu yang tidak Anda inginkan di pikiran. Buat gambaran tadi menjadi besar dan terang.

Kemudian, ciptakan gambaran lain tentang apa yang Anda inginkan untuk menggantikan gambaran pertama tadi. Buat lebih kecil dan suram.

BACA JUGA  Cara Mudah Untuk Tersenyum

Sekarang, tukar keduanya.

Bawa gambaran yang Anda inginkan ke depan. Buat menjadi lebih terang dan lebih terang. Tambahan musik dan gerakan penuh kemenangan.

Buang gambaran yang tidak Anda inginkan ke belakang. Buat jadi lebih suram dan tidak berwarna.

Ulangi hal ini 3 hingga 5 kali. Ini bisa melatih otak Anda untuk memperkuat hal-hal positif dan memperlemah hal negatif.

  1. Modeling

Teknik ketiga ini sangat populer di kalangan pengusaha sukses dan profil ternama dunia. 

Dasarnya adalah hukum atraksi. Apapun yang Anda pikirkan dengan konsisten dan fokus akan bergerak maju.

Penting bagi Anda untuk berada di sekitar orang-orang sukses agar Anda bisa fokus mengikuti perilaku mereka.

Caranya mudah: cari mentor, gabung dengan komunitas, atau bahkan Anda juga bisa menjadikan  atasan yang Anda kagumi kemampuannya sebagai role model. Semakin banyak panutan, maka Anda makin mudah untuk memanfaatkan teknik ini.

  1. Mirroring

Teknik dasar NLP ini memanfaatkan bahasa tubuh untuk membuat koneksi instan dan membangun hubungan dengan siapa pun. Jika lawan bicara Anda penuh energi, maka setarakan level energi Anda.

BACA JUGA  Pembekalan Life Skills yang Harus Anda Berikan Kepada Anak Sejak Dini

Sebaliknya, saat lawan bicara rileks, maka refleksikan bahasa tubuh mereka. selain itu, Anda juga bisa menggunakan kosakata yang setara dengan lawan bicara. Ini bisa membuat Anda terlihat lebih trustworthy karena lawan bicara menganggap Anda dan dirinya sama.

Anda bisa memanfaatkan teknik-teknik dasar NLP di atas untuk mengubah pola pikir dan hidup Anda. Gunakan mulai sekarang dan rasakan perbedaannya.

Ingin mencoba teknik NLP dengan hasil lebih efektif dan optimal? Yuk, join program NLP Series di ESQ Training. Tak hanya personal training, pelatihan ini juga bisa diaplikasikan untuk perusahaan atau instansi Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.