Skip to main content

Apa yang Anda Ketahui Tentang Disruptive Era?

Hidup-di-era-Perubahan,-Disruptive-Era
expert-in-character-building

HIDUP DI ERA PERUBAHAN

Sahabat ESQ, kita sudah memasuki era globalisasi, era dimana teknologi sudah semakin maju. Kita sebagai makhluk sosial diharuskan untuk terus mengikuti perkembangan agar tak kalah di gilas jaman. Betul apa betul?

Namun, apakah sebenarnya Anda sudah siap menghadapi perubahan jaman yang semakin maju? Jika Sahabat ESQ menyimak apa yang terjadi pada dunia saat ini, Sahabat ESQ akan mengenal yang namanya DISRUPTIVE ERA. Apa itu? Ada yang masih asing mendengar “DISRUPTIVE ERA?”

Ya…kita sudah masuk pada DISRUPTIVE ERA, masa dimana dunia akan penuh gangguan dengan banyaknya perubahan-perubahan yang terjadi. Disruption merupakan sebuah inovasi yang akan menggantikan seluruh sistem lama dengan cara-cara baru.

Disruption inilah yang berpotensi menggantikan cara-cara lama dengan yang baru. Disruption akan menggantikan teknologi lama yang masih manual dengan teknologi canggih serba digital yang menghasilkan sesuatu yang efisien dan benar-benar baru.

Seperti yang sudah kita rasakan saat ini. Dahulu, dimana Sahabat ESQ biasa berbelanja pakaian? Di pasar, di mall atau supermarket kan? Coba sekarang, tanpa harus keluar rumah, Anda bisa berbelanja melalui situs online berbasis e-commerce yang memudahkan Anda membeli semua kebutuhan Anda. Tanpa harus keluar rumah dan keluar ongkos, Anda bisa berbelanja melalui gadget Anda.

BACA JUGA  Kisah Inpiratif : Loyalitas Singa

Yang booming akhir-akhir ini adalah adanya ojek online. Dahulu, Anda jika ingin naik ojek, Anda harus menyetop driver nya di pangkalan ojek kan? Sekarang, Anda bisa memesan ojek melalui sistem online. Tanpa berpanas-panas menyetop kendaraan, kendaraan sudah langsung sampai di tempat Anda.

Masih ingat, beberapa waktu yang lalu, ada demo besar-besaran menolak transportasi online? Perubahan yang terjadi menimbulkan dampak sosial yang begitu besar. Pergeseran kebiasaan, gaya hidup bisa memacu munculnya pro dan kontra dari berbagai pihak.

Ketika saat ini, marketing tidak lagi door to door mengetuk pintu customer, jaringan internet yang super canggih dapat membantu mereka untuk mendapatkan customer bahkan closing tanpa mereka harus keluar kantor. Betul kan?

Sahabat ESQ, saat ini kita telah masuk babak baru, era baru yang disebut dengan Disruptive Era. Era yang akan menggoncang, menggangu kultur, gaya hidup, peraturan, pemikiran dan banyak hal yang akan mengalami perubahan di era ini.

Disruptive era ini bisa dikatakan sebagai sebuah masa dimana perubahan yang terjadi pada masa sekarang mengacaukan sebuah sistem, sebuah pemikiran, sebuah budaya yang sudah dibangun sebelumnya.

BACA JUGA  Membangun Karakter di Training Personal Transformation Program PT Pembangunan Perumahan Batch 2 bersama ESQ

Saya akan ajak Anda sharing disini, bagaimana kira-kira pendapat anda tentang disruptive era ini? Baik atau buruk? Apa dampaknya untuk hidup Anda?

Ajak rekan-rekan Anda untuk ikut serta sharing di kolom komentar, agar anda tahu, apa dampak disruptive era ini bagi kehidupan Sahabat ESQ sekarang.

Salam 165
Ary Ginanjar Agustian

 


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Character Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/esqtraining/

 

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.