Skip to main content

CCS, 5 BUMN Susun dan Aplikasikan 10 Steps of AKHLAK Activation di Lingkup Masing-Masing

expert-in-character-building

JAKARTA – PT Indonesia Power, Telkom, IDX, Perum LKBN Antara, Pertani bersinergi bersama ACT Consulting pada Rabu-Jumat (16-18/6/2021) secara daring. 5 BUMN ikutserta dalam Webinar Corporate Culture Specialist workshop yang digelar oleh tim ACT.

Coach Arief Rahman Saleh dan Coach Sandi Muharam (trainer lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian) memandu perjalanan mereka selama 3 hari penuh dari Studio lantai 23 Menara 165.

“Kemarin telah kita diskusikan tentang 10 Steps of AKHLAK Activation. Ini adalah formula yang sudah kami praktekkan dan buktikan langsung. Langkah ini berdasarkan hasil dari konsultasi-konsultasi, maka kami bagikan ilmu ini,” tutur Arief dengan gesture tumbuh yang lembut.

Hari sebelumnya, puluhan insan BUMN telah menyusun kurang lebih 10 langkah (action plan) tersebut. Kini, mereka diberikan waktu selama 5-10 menit untuk berdiskusi kembali untuk alignment dan disediakan breakout room dari panitia.

Sumarsono (Telkom) menjelaskan peraturan perusahaan (corporate culture) yang terbagi menjadi The Telkom Way dan AKHLAK (contoh perilaku). Kemudian diperjelas lagi menggunakan gambar yang terdiri dari program role model, upgrade skill to change, aktivasi, system, dan pengukuran dalam bentuk indeks engagement, Telkom grup award, Indeks Kesehatan Budaya Perusahaan (ACHI).

BACA JUGA  Training ESQ Online, 700 Maba Poltekpar Makassar dapat Modal Terbesar dalam Kehidupan

Pelatihan ini tak sekedar memberikan materi, tapi terjadi interaksi, diskusi, agar pesertanya proaktif bahkan di tengah-tengah acara terdengar alunan musik yang energic, dan senam ringan bersama. Sehingga webinar menjadi lebih fun, santai, dan mudah dipahami.

“Bagaimana cara menjalankan semua itu? Bagaimana cara melihat integritas temen-temen di culture dengan amoeba,” tanya Nur Effendi.

Sumarsono menjawab, “Kita posisinya kan culture bukan inovasinya. Jadi di unit kami fokuskan bagaimana membangkitkan temen-temen (culturenya) atau perilakunya dulu untuk berinovasi, membangkitkan mindset. Kita juga ada beberapa program. Kalau amoeba itu adalah teknisnya atau fasilitasnya, jadi inovasinya dikumpulkan lalu diseleksi sampai nanti jadi prosesnya.”

10 steps yang dimaksud yakni Find the big why (temukan alasan besarnya), Align with system & structure (Sejajarkan dengan sistem & struktur), Start with personal transformation (Mulai dengan transformasi pribadi), Understand the gap (Pahami kesenjangan), Set the direction (Tetapkan arah), Develop winning team (Kembangkan tim pemenang), Execute quick action (Jalankan tindakan cepat), Campaign the journey (Kampanyekan perjalanan), Evaluate the progress (Evaluasi kemajuan), Celebrate & appreciate the champions (Rayakan & hargai para juara).

BACA JUGA  Training Sertifikasi ESQ Coaching Kelas Public Batch 8 di Juli 2019

Setelah pelatihan, peserta akan memperoleh sertifikat resmi (Certified Culture Specialist) dari BNSP, jika telah menerapkan ilmu dan praktik yang terangkum dalam portofolio.

Tujuan ACT Consulting gelar acara ini, untuk menyebarluaskan budaya organisasi yang tepat, yang akan mempengaruhi kinerja tim menjadi lebih produktif, solid, dan akhirnya berdampak pada pencapaian target meningkat.

Sebab, budaya organisasi yang tepat dapat menciptakan rasa memiliki dan keterikatan secara emosional para karyawan terhadap organisasi/perusahaan. Alhasil, mereka akan selalu berupaya untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih maju.

Nah, hal tersebut menjadi penting sekali bagi perusahaan untuk bertahan dalam kondisi saat ini. Dimana, karyawan bekerja dengan sepenuh hati dan sebaik-baiknya dalam memajukan bisnis perusahaan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?