Bung Karno menjadi Orator Ulung Karena Menerapkan Ilmu Public Speaking

By April 20, 2017 September 20th, 2019 Artikel, Communication
Training-Public-Speaking,-Belajar-Public-Speaking,-Kisah-Soekarno
expert-in-character-building

Kisah Soekarno, Seorang Proklamator Kemerdekaan Indonesia Yang Menjadi Orator Ulung Karena Menerapkan Ilmu Public Speaking. Apa yang ada dipikiran Anda ketika pertama kali mendengar nama Soekarno, Presiden Indonesia Pertama? Banyak orang yang mengatakan bahwa Soekarno adalah seorang orator ulung.

Ia dikenal sebagai orator ulung karena membuat audiens terpukau dan terpesona, walaupun panjang pidatonya berjam-jam.

Soekarno bisa menjadi orator ulung karena mempelajari ilmu public speaking, saat ia muda. Ia mempelajari public speaking dari gurunya yang juga seorang orator ulung, lalu ia terus berlatih dan mengasahnya sendiri.

Untuk memudahkan Anda memahami pentingnya public speaking bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia, mari kita simak kisah berikut ini.

Kisah Tentang Soekarno Proklamator Indonesia, Training Public Speaking

Semasa indekos di Surabaya, Soekarno berlatih pidato sambil berteriak-teriak di kamarnya yang sempit. “Biasa, Soekarno sedang berusaha menyelamatkan dunia,” sindir teman-teman Soekarno yang waktu itu sama-sama indekos di rumah, HOS Cokroaminoto, jika mendengar Soekarno berteriak-teriak di malam hari.

Soekarno pertama kali berpidato saat menggantikan Cokroaminoto dalam sebuah pertemuan. Pidato pemuda belasan tahun itu berhasil membakar semangat peserta rapat. Sejak saat itu, Soekarno sering dipercaya menggantikan Cokroaminoto berpidato.

BACA JUGA  Apa Sih Great Character Series Itu? Rangkaian Program Pendidikan Karakter

Di Bandung, Soekarno makin menunjukkan eksistensinya sebagai orator ulung. Pidato-pidatonya di depan puluhan ribu rakyat membakar semangat. Suaranya naik turun mengikuti irama pidatonya.

Jika memaki kolonial, Soekarno akan berteriak sejadi-jadinya sambil mengepalkan tangannya ke udara, meninju langit. Inilah yang menyebabkan Soekarno selalu diawasi polisi Belanda. Mereka takut pidato Soekarno akan membuat rakyat tergugah emosi dan jiwanya untuk bangkit melawan penjajah.

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, pidato 17 Agustus yang dibacakan Soekarno selalu dinanti. Walau ada teks, Soekarno tak terpaku pada isi teks tersebut karena selalu berimprovisasi. Inilah yang menyebabkan puluhan ribu orang akan beramai-ramai datang menyaksikan pidato Soekarno.

Apa Anda pernah punya pengalaman yang sama soal public speaking?

Share, like, dan comment di bawah ini ya…

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Bung Karno menjadi Orator Ulung Karena Menerapkan Ilmu Public Speaking

 

ESQ Public Speaking - Training Public Speaking Terbaik di Jakarta

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by