Bagaimana Cara Agar Anak Bisa Menyelesaikan Masalah?

By January 2, 2018 April 9th, 2019 Artikel, Character, Great Family Series, Parenting
Bagaimana-Cara-Agar-Anak-Bisa-Menyelesaikan-Masalah-Tanpa-Melibatkan-orangtua
expert-in-character-building

Bagaimana Cara Agar Anak Bisa Menyelesaikan Masalah ?

Terkadang kita sebagai orangtua sering dikeluhkan dengan permasalahan anak-anak yang suka bertengkar dengan teman mainnya. Betul kan? Ketika ini terjadi, bagaimana Anda menyikapi permasalahan anak dengan teman bermainnya ini?

Sebelum menjawabnya yuk simak cerita berikut.  Cerita tentang bagaimana cara anak menyelesaikan masalah dengan baik tanpa harus mengadu kepada orangtua.

Di sebuah sekolah anak usia dini, dua orang anak berebut untuk menutup sikat gigi. Kedua anak ini merasa bahwa tutup sikat gigi itu miliknya. Mereka sangat ingin memiliki tutup sikat gigi itu. Mendengar perdebatan tersebut, gurunya mendekati lalu bertanya.

 

Bagaimana-Cara-Agar-Anak-Bisa-Menyelesaikan-Masalah

Bagaimana Cara Agar Anak Bisa Menyelesaikan Masalah

“Sepertinya ada masalah. Perlu bantuan bu guru untuk menyelesaikan masalahnya?” Kedua anak itu mengiyakan.

Sang Guru bertanya apa permasalahannya. Kedua anak tersebut tak mau kalah berbicara. Dua-duanya berbicara secara bersamaan.

Kemudian sang guru bertanya, apakah kedua anak ini punya ide untuk menyelesaikan masalah.

Setelah berdiskusi lama, mereka akhirnya membuat keputusan untuk memberikan sikat gigi itu kepada temannya. Keduanya merasa nyaman dan tenang dengan keputusan tersebut.

BACA JUGA  Ketekunan Anda adalah Kekuatan yang Berharga

Sang guru menasehati “Kalau hatinya nyaman, wajahmu juga akan terlihat nyaman. Kita memecahkan masalah, menyelesaikannya sampai betul-betul perasaan kalian berdua lapang. Harapan ibu adalah kita dapat menyelesaikan persoalan tanpa ada rasa dendam dan kalian bisa bermain kembali.”

Akhirnya dua anak tersebut bisa memutuskan untuk mengambil sebuah keputusan dari persolan yang mereka buat. Setiap hari, anak-anak akan menghadapi berbagai permasalahan. Hal itu akan berlangsung seiring pertambahan usinya.

Kemampuan menyelesaikan masalah di usia dini akan membuat seseorang akan terampil dalam menyelesaikan masalah dan urusan-urusannya saat dewasa kelak.

Semoga Ayah dan Bunda bisa mengambil hikmah dari kisah di atas.

Nah, jika Ayah dan Bunda tertarik mendidik anak sejak dini cakap menyelesaikan masalah, coba join di Training ESQ Kids/Teens.

Training khusus untuk anak-anak dan remaja agar menjadi pribadi berkarakter tangguh, mandiri, dan sukses di masa depannya.

Dapatkan 27 Video Inspirasi Gratis dari DR. H. C. Ary Ginanjar Agustian melalui email Anda

 

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by