Skip to main content

Bagaimana Bertahan Di Era Vuca

Bagaimana Cara Bertahan di Era Vuca
expert-in-character-building

Bagaimana kabar Anda? Sudahkah siap dengan era VUCA yang makin sengit?

V : volatilitas,

U : uncertainty,

C : complexity,

A : Ambiguitas.

Keempatnya menjadi kepusingan baru yang memenuhi kepala para pengambil keputusan strategis di perusahaan.

Sebelumnya kita simak dulu bagaimana VUCA telah merobohkan banyak perusahaan raksasa. Nokia dulu menyebut Android sebagai semut kecil merah yg mudah digencet dan mati. Arogansi dan rasa percaya diri yg berlebihan membuat Nokia terjebak dlm innovator dilema. Sejarah mencatat, yg kemudian mati justru Nokia – tergeletak kaku dlm kesunyian yg perih.

Kodak menyebut kamera digital hanyalah tren sesaat, dan kamera produksi mereka akan terus bertahan. Kodak terjebak halusinasi dan innovator dilema yg akut. Akibatnya, ruangan ICU yg pengap menanti raga mereka yg merintih kesakitan.

Micorosoft & Intel (Dominasi yg dulu dikenal dengan duo Wintel) terlalu menikmati kekuasannya dlm dunia PC dan Laptop, dan pelan-pelan terjebak innovator dilema. Mereka terbuai dgn kekuasaannya, dan lengah betapa dramatis kecepatan kemajuan era mobile computing. Kini era PC/Laptop sdh hampir berakhir, diganti era mobile smartphone. Dan hegemoni Microsoft serta Intel kian menjadi tidak relevan dlm era smartphone. Intel dan Microsoft lalu hanya duduk saling bertatapan mata, diam dan termangu. Dalam rasa penyesalan yg pedih dan pahit. Namun dalam bisnis, penyesalan tidak pernah mendapat tempat terhormat.

BACA JUGA  Diklat Kader PP, Ary Ginanjar: Diminta Jadi Wakil Dewan Pakar Pemuda Pancasila

Pizza Hut terus menerus mengenalkan menu baru setiap enam bulan.

Sabun Lifebouy berkali-kali melakukan rejuvenasi.

Facebook & Bukalapak juga selalu melakukan evolusi.

Nokia colaps dihantam iPhone di tahun 2007, padahal produsen iPhone bukan perusahaan telco, namun dari industri komputer.

Koran & majalah akan mati bukan krn sesama rivalnya, namun karena Facebook & Social Media (remaja dan anak muda tak lagi kenal koran/majalah kertas. Mereka lebih asyik main Path, IG atau FB. Pelan tapi pasti industri koran dan majalah akan mati).

Dunia Televisi seperti kelak akan kolaps bukan krn persaingan sesama pemain di industri yg sama, tapi dari makhluk alien bernama Youtube.

Di Amerika, jumlah pemirsa televisi dikalangan anak muda dan remaja, menurun drastis. Dan semua lari ke Youtube. Ini juga kelak akan terjadi di tanah air.

Industri taksi seperti Blue Bird goyah bukan karena pesaing sesama taksi, namun dari Layanan taksi independen berbasis aplikasi.

Di banyak negara, banyak perusahaan taksi konvensional mati digilas Uber dan layanan taksi berbasis aplikasi lainnya.

Dan kini produsen Toyota, BMW & Mercedes Benz takut bukan karena persaingan sesama mereka. Namun krn kehadiran TESLA, yg entah dari mana tiba2 melakukan inovasi radikal dgn produk mobil berbasis elektrik, dengan teknologi mobil tanpa sopir atau otonom (Autopilot Hardware).

BACA JUGA  Belajar Berpikir Positif Dari Kisah Kakek Dan Pencuri Pepaya Ini

Minggu lalu, mobil seri Tesla3 terjual hingga 300 ribu unit hanya dalam dua hari, padahal unitnya baru dirilis 2018. Jadi indent-nya dua tahun.

Manusia yg dapat segera beradaptasi dengan perubahan keadaan lingkungannya maka dia akan survive.
Jika tidak dapat beradaptasi dengan perubahan maka mereka akan tersingkir & punah dari lingkungannya.

Intinya, jangan terlena dengan “zona nyaman”. Tetaplah memiliki mental yang tangguh (Super Agility), Jadilah cerdas bebas tanpa batas. Keluarkan segenap potensi tersembunyi Anda, dan berinovasilah dengan mimpi Anda. Percayalah it works !

Kuncinya ada 3 hal, yaitu Super Agility, Super Inteligence, dan Meta Inovasi

1) Ada 5 Agility ( Daya Tahan )yang bisa diperoleh dan dihasilkan melalui ESQ New Chapter Training :

  • Change Agility
  • Mental Agility
  • Learning Agility
  • People Agility
  • Result Agility

2) Sedangkan Super Intelligence yaitu kemampuan untuk mempergunakan tiga kecerdasan sekaligus yaitu IQ, EQ dan SQ, namun kecerdasan kita selalu terkoneksi dengan kecerdasan alam quantum semesta ( The Quantum Field ). Hal ini bisa diperoleh melalui Training ESQ Quantum Excelence.

3) Meta Inovasi adalah, kemampuan untuk melakukan peninjauan diatas berbagai model inovasi yang bisa dilakukan, dan mampu melihat seluruh aspek-aspek yang mungkin masih lemah, menemukan kekuatan diantara pilihan terobosan yang dimungkinkan, dengan memperhatikan resikonya ! Hal ini bisa diperoleh melalui pendekatan baru dari ESQ Coaching Academy.

BACA JUGA  4 Tujuan Email Marketing Yang Perlu Anda Ketahui

ESQ School of Technopreneur dan ESQ Bussiness School pun telah menjadi kampus terbaik yang melahirkan banyak startup inovatif dan pebisnis muda yang kreatif.

ESQ tanpa henti selalu berinovasi dengan berbagai teknologi terbaru dan tercanggih dalam Training dan Coaching yang diberikan. Rumusan 165 telah sekaligus menjadi Life Management Principles dan Bussiness Development Strategic Principles yang menyeimbangkan setiap segi kehidupan.

Atau hubungi telp 021 788 48 165 / 0813 8249 1165 Untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Saatnya melakukan langkah baru bersama ESQ, dan bersama kita nyalakan cahaya inovasi di perusahaan anda, bersama-sama.

Salam hangat dari kami di ESQ.

 

 


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Character Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/esqtraining/

Informasi mengenai Pelatihan ESQ kunjungi  Training ESQ 165 Great Character Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.