Skip to main content

Apa Saja Manfaat Coaching and Mentoring untuk Bisnis?

expert-in-character-building

Kenapa coaching and mentoring menjadi salah satu pertimbangan bagi manajemen perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya?

Mayoritas perusahaan besar pasti mengalokasikan dana dan waktu secara khusus untuk memberikan coaching atau mentoring kepada karyawannya. Ada yang lebih fokus pada coaching saja, tapi tidak sedikit yang mengkombinasikan keduanya.

Pada dasarnya mengadakan kegiatan coaching dan mentoring untuk karyawan merupakan salah satu bentuk kepedulian pihak manajemen. Mereka ingin, karyawan bisa berkembang sebagai individu dan profesional.

Dengan kepedulian ini, secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Berikut ini akan kami jabarkan beberapa manfaat penting dari coaching dan mentoring untuk perusahaan Anda.

Manfaat Coaching di Perusahaan

Coaching adalah proses seseorang (coach) dalam memberikan pelatihan khusus atau tertentu sesuai dengan kebutuhan klien. Melalui coaching ini, Anda bisa membantu karyawan meraih potensi lebih optimal.

Mulai dari belajar hal atau teknologi baru hingga menyelesaikan masalah dengan cara yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Dengan masuknya hal-hal baru ini, maka karyawan akan menjadi lebih baik.

BACA JUGA  PT Pelindo III, Trainer ESQ: Pegang 3 Hal Penting Ini Agar Menjadi Coach Profesional!

Mereka jadi tahu nilai dan juga kemampuan yang dimiliki. Karyawan juga merasa lebih percaya diri. Pada akhirnya budaya dan lingkungan kerja akan semakin kuat dan kompetitif. Perusahaan akan mendapat kemampuan terbaik dari para karyawannya.

Manfaat Mentoring di Perusahaan

Mentoring adalah proses seorang mentor berbagi wawasan, skill, dan pengalaman pada orang lain. Proses mentoring biasanya lebih lama daripada coaching.

Contoh mentoring yang nyata pada perusahaan adalah saat ada seorang karyawan senior yang bertugas mendampingi satu grup karyawan junior.  Dalam periode tertentu, karyawan senior tadi akan mengadakan beberapa kali sesi pertemuan atau bimbingan khusus.

Mentor akan memonitor progres yang muncul dan berdiskusi untuk mengevaluasinya. Selama proses bimbingan ini, mereka akan fokus pada pengembangkan skill yang diperlukan. Karyawan yang mendapatkan program training yang bagus akan mendapat hasil lebih baik.

Melalui mentoring ini, perusahaan juga bisa tahu potensi dari masing-masing karyawan. Pihak manajemen bisa membuat keputusan yang lebih baik dari hasil mentoring yang dilakukan.

BACA JUGA  Training Sertifikasi 3.0 Coaching Board of Director PT Adhi Karya di Akhir Juli 2019

Kesimpulan

Siapa yang berhak mendapat coaching dan mentoring?

Pertanyaan di atas mungkin bisa mendapat jawaban berbeda dari orang awam. Tapi jawaban yang ideal adalah setiap karyawan berhak mendapatkan kedua hal di atas.

Misalkan, saat ada penerapan teknologi baru di perusahaan. Sudah pasti karyawan yang terkait dengan penggunaan teknologi tadi harus mendapat pelatihan khusus bukan?

Apakah Anda tertarik untuk mengadakan sesi coaching and mentoring di perusahaan? Cek info lengkap tentang program coaching series di ESQ Leadership Center. Maksimalkan potensi karyawan Anda sebagai aset perusahaan dengan program yang tepat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.