Skip to main content

5 Teknik Coaching yang Efektif dan Kunci Suksesnya

expert-in-character-building

Baik perusahaan atau organisasi, mungkin sudah sangat paham akan pentingnya coaching bagi anggotanya. Hal ini karena coaching dapat meningkatkan performa anggota. Namun, bagaimana teknik coaching yang baik dan benar serta memberikan dampak yang efektif?

  • Saling Percaya

Coaching adalah tentang memupuk kemandirian dan menyalakan potensi dalam diri coachee.

Pemimpin yang mengadopsi teknik coaching yang efektif memposisikan anggota sebagai sopir yang akan mengemudikan dan memberdayakan apa pun keputusannya.

Sewaktu karyawan memperoleh tanggung jawab dari hasil kerja maka kepercayaan dirinya akan melejit. Dan untuk memulai pemberian tanggung jawab tersebut dimulai dari rasa saling percaya. Karena metode ini tidak akan jalan apabila hanya satu arah.

  • Setiap Individu Berbeda
5 Teknik Coaching yang Efektif dan Kunci Suksesnya

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda. Di sini, pemimpin harus paham potensi apa yang anggotanya miliki kemudian mengobservasi, menganalisis, dan memberdayakannya.

Dari pemula sampai pimpinan di bawah Anda, mereka membutuhkan dukungan yang berbeda.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan pemahaman akan posisi mereka sekaligus potensi yang mereka punya.

  • “Kesadaran Diri”, Bukan Kritik
BACA JUGA  Kita Semua Adalah Pemimpin
5 Teknik Coaching yang Efektif dan Kunci Suksesnya 1

Karyawan bisa belajar dari kesalahan. Namun, bukan kritik yang harus mereka dapatkan, melainkan kesadaran diri.

Untuk menyadarkannya, Anda bisa mengajukan pertanyaan. Gali sedalam-dalamnya. Setelahnya, arahkan untuk mereka mengamati diri sendiri dan mendapatkan hasil atas analisisnya.

Terakhir, berdayakan mereka sehingga skill-nya berkembang.

Di sisi lain, hal ini juga mengajarkan pada anggota tim tentang budaya belajar untuk meraih kesuksesan dengan mengoptimalkan kemampuan diri.

  • Berpikiran Terbuka

Sewaktu Anda sudah mantap menerapkan metode coaching, itu artinya Anda siap untuk menerima setiap apa pun jawaban anggota tanpa penghakiman.

Hal ini karena coaching bukanlah anggota cara melakukan pekerjaan, tetapi juga mengajari cara berpikir dan menyusun strategi. Tentunya, pengajaran tersebut harus sesuai dengan visi dan misi juga tujuan bisnis.

Salah satu teori yang kerap coach gunakan adalah SMART atau specific, measurable, attainable, relevant, dan time based. Metode ini akan membawa struktur jelas untuk mencapai tujuan dan hasil akhirnya.

  • Bersikap Terbuka dan Berikan Umpan Balik

Baik coach dan coachee membutuhkan pembinaan. Hal ini agar keterampilan selalu beradaptasi menyesuaikan perkembangan zaman.

BACA JUGA  Pelatihan Sertifikasi Coaching ESQ 3.0 : PT Pupuk Kaltim Bontang

Di sisi lain, dalam proses coaching, konsisten dan umpan balik adalah kunci sukses coaching, baik bagi pelatih maupun coachee. Hal ini agar keduanya sama-sama berkembang secara berkelanjutan.

Tentunya, menjalankannya tidak mudah. Agar lebih membantu Anda dalam coaching dan menghasilkan coaching yang efektif, ikutilah kelas coaching dari ESQ Learning Center.

Dengan mengikuti program Training Series Anda bisa mendapatkan berbagai teknik coaching terbaik dan efektif untuk Anda terapkan pada anggota. Baik Anda maupun anggota sama-sama berkembang demi bisnis makin sukses.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.