Skip to main content

5 Kebiasaan Pemimpin Sukses Yang Mereka Praktikkan Pada Diri & Tim

Tips-Agar-Sukses-Dalam-Memimpin,-Tips-Menjadi-Pemimpin-Sukses
expert-in-character-building

Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah. Banyak dari mereka yang merasa takut akan melakukan kesalahan saat memimpin sebuah tim. Kebanyakan ketakutan dan kecemasan pemimpin dikarenakan dirinya takut tidak bisa memberikan hasil yang nyata. Mereka takut kesalahan itu berpotensi menciptakan ketegangan internal.

Akan tetapi ketakutan tersebut bukanlah tidak bisa diatasi. Berikut ini ada 5 tips yang wajib Anda lakukan saat mendapat amanah menjadi seorang pemimpin.

1. Terangkan arti sukses bagi Anda

Jelaskanlah arti kesuksesan sesungguhnya bagi Anda pada sebuah kertas. kemudian tempel disuatu tempat agar memastikan anggota tim dapat membacanya. Tujuan hal Ini adalah membuat tim jadi lebih fokus, dan mudah bagi Anda dan tim untuk mengingatnya.

2. Menetapkan harapan yang jelas

Menetapkan harapan adalah hal penting bagi seorang pemimpin, namun hal tersebut sering diabaikan. Para karyawan atau anggota tim membutuhkan pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dari dirinya, terutama karyawan yang baru dalam sebuah perusahaan.

3. Tidak tahu segalanya

Sebagai seorang pemimpin Anda tidak perlu jago dan handal dalam berbagai bidang. Jika Anda adalah tipe orang yang senang mengandalkan orang lain, dan memperkuat bidang keahlian mereka, maka tim yang Anda pimpin akan semakin kuat.

BACA JUGA  Butuh Training Motivasi Kerja Karyawan | Motivasi Belajar Anak ?

4. Bantu pecahkan masalah

Organisasi yang efisien adalah ketika tim Anda dapat secara efektif memecahkan masalah sehari-hari. Walau begitu, hadiah terbesar yang dapat Anda berikan pada tim Anda adalah dengan bersikap tenang dan bersedia membantu saat dibutuhkan.

5. Ajukan pertanyaan cerdas

Sesekali cobalah ajukan pertanyaan kepada para anggota tim. Dengan beberapa pertanyaan terbuka, Anda telah memberdayakan tim untuk menciptakan solusi-solusi inovatif.

Itulah tadi 5 cara yang bisa lakukan saat mendapat amanah sebagai pemimpin. Menurut sahabat ESQ hal apa saja yang sering Anda lakukan untuk menjadi pemimpin handal dan sukses? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar dan jangan lupa like & share postingan ini ya…..


Informasi dan pendaftaran silahkan kunjungi

ESQ Exclusive Quantum Excellence, Training, training motivasi sukses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.