Skip to main content

Reaksi SMA Bintara Ketika Diberikan Serigala Putih dan Serigala Hitam

expert-in-character-building

 JAKARTA – Sistem belajar saat ini berlangsung secara daring, salah satunya melalui webinar. Sama halnya dengan ESQ yang menggelar Webinar Motivasi di era pademi pada Kamis (8/7/2021). Acara itu dihadiri oleh kurang lebih 400 siswa dan siswi SMA Bintara.

Ratusan kaum zelenial itu dipandu oleh Coach Rudi (trainer lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian). Kali ini, ESQ mengusung tema “Meraih Impian di Masa Depan SMA Bintara.”

“Hai kawan-kawan mari kita awali ini dengan sebuah cerita serigala putih dan hitam. Dari kalian sendiri jika harus memilih, akan memilih serigala yang berwarna apa? Dan jika keduanya bertarung kira-kira menang yang mana?” tanya Rudi dengan senyum simetrisnya.

Awalnya, ratusan peseta itu terlihat bingung ingin memilih yang mana. Namun, perlahan jawaban di kolom chat mulai tampak. Berikut ini beberapa jawaban dari mereka:

Julio Dwitama, “ESQ kemaren saya pilih yang putih pak, sekarang saya pilih yang hitam xixi.”

Hapsari, “Putih ga selalu bersih hitam ga selalu “agresif”, doesnt defind their personality.”

Michael Fathur Rizki, “Tergantung siapa yang di beri makan mulu dan yang di beri makan mulu itu dia yang menang.”

“Jadi sebenarnya dua ekor serigala itu punya peluang dan potensi. Tergantung serigala mana yang asupan makanan paling banyak, sering berlatih sehingga otot terbentuk dan badannya kuat lebih dari yang lainnya. Tujuan kita di sini adalah memberikan asupan makanan kepada serigala putih, ya teman-teman,” ujar Rudi sambil memutar beberapa lagu energic.

BACA JUGA  Seminar Motivasi Remaja SMP Islam Athirah (Kalla Group) Makassar di Juli 2019

Rudi menjelaskan bahwa kisah itu adalah metafora atau perumpaan. Serigala hitam atau putih ibarat yang hidup di diri kita semuanya. Serigala hitam melambangkan sifat negatif kita, perilaku, sikap, ucapan, tindakan yang buruk. Sedangkan serigala yang putih melambangkan sifat positif kita, perilaku, sikap, ucapan, tindakan yang baik.

Para partisipan terlihat menyimak kisah itu, mereka angguk-anggukan kepalanya. Proses pelatihan juga berjalan dengan sangat interaktif. Peserta dan trainer saling menyapa, saling mendoakan, memberikan asupan semangat dan ucapan yang positif, sehingga tercipta suasana yang fun.

“Jadi manakah serigala yang menang, yang bisa dilihat, diperhatikan, oleh orang lain? Tergantung serigala mana yang sering kita beri asupan makanan. Itulah yang akan kuat dan mengakar di diri kita, perilaku keseharian kita, cerminan kita. Serigala putihlah yang harus ade-ade SMA Bintara beri makan,” jelasnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?