Skip to main content

Peran Penting Coaching dan Mentoring dalam Pendidikan

10. Coaching dan Mentoring
expert-in-character-building

Seorang pemimpin atau kepala dari satuan pendidikan mempunyai tugas untuk memastikan timnya mengembangkan satuan pendidikan (sekolah) dan meningkatkan prestasi anak didik juga tenaga pendidiknya. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan mengadakan coaching dan mentoring.

Definisi Coaching dan Mentoring

Definisi coaching adalah proses pembinaan yang dilakukan oleh coach kepada coachee.

Dari pengertian coaching di atas, coach akan membina atau mengarahkan coachee untuk menyelesaikan masalahnya.

Dalam prosesnya, coach hanya akan bertanya dan dari pertanyaan juga jawaban, coach akan mengarahkan coachee untuk mendapatkan solusi atas masalahnya.

Sementara definisi mentoring adalah pemberian ilmu atau pengalaman oleh orang yang lebih ahli dalam bidangnya.

Peran Penting Coaching dan Mentoring dalam Dunia Pendidikan

Coaching sendiri terdiri atas empat jenis, yaitu

  • Coaching untuk pembelajaran,
  • Coaching untuk peningkatan kinerja,
  • Coaching untuk pengembangan kepemimpinan, dan
  • terakhir, coaching untuk tim atau kelompok.

Coaching dalam dunia pendidikan atau pembelajaran dimaksudkan dengan tujuan untuk membina, mendukung, serta mengarahkan peserta didik guna mengembangkan SDM yang dimilikinya.

BACA JUGA  Pentingnya Training of Trainer (ToT) dalam Organisasi

Awal mulanya, coachee akan mendapat bantuan mengenali, mengobservasi, menganalisis. Dari sana, coachee akan dipancing mengeluarkan ide atau solusi atas hasil proses awal. Kemudian coach akan mengarahkan untuk menetapkan keputusan.

Komponen primer dalam coaching dan mentoring berlandaskan kompetensi adalah coach akan memberikan materi pengalamannya terlebih dahulu. Kemudian, coach memberikan demonstrasi.

Demonstrasi ini bisa berupa video, slide presentasi, atau menggunakan media ajar lainnya. Setelahnya, fasilitator melakukan pengamatan, observasi, dan diskusi bersama peserta didik, supaya mereka bisa mempelajari, memahami, dan menguasai keterampilan.

Fokus prosesnya adalah perhatian dari coach pada setiap tahap binaan dan bimbingan. Dari pemberian perhatian pada setiap prosesnya, coach akan tahu kemajuan dari belajar peserta didik beserta kendalanya, sehingga dapat dengan cepat membantu mengatasinya.

Bisa dibilang, pendidik berusaha menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan kompetensi peserta didik. Metode ini lebih menekankan pada bagaimana peserta mengerjakan sesuatu berdasarkan hasil dari pemberian materi dan bimbingan coach.

Di sisi lain, program coaching mentoring ini akan membuat Anda belajar dari orang yang lebih ahli, yang akan berguna membantu Anda memecahkan masalah dalam diri.

BACA JUGA  Jadikan Bulan Suci Penuh Makna dengan Rangkaian Kegiatan Ramadhan Ala ESQ Ini

Pelatihan Coaching dan Mentoring Terbaik

Sebelum memutuskan untuk ikut acara coaching atau mentoring, Anda harus memperhatikan kredibilitas dari penyelenggara maupun sang coach. Hal ini agar apa yang menjadi tujuan Anda mengikuti acara tercapai.

Salah satu tempat untuk mendapatkan pembinaan dan bimbingan berkualitas adalah ESQ Learning Center. Di sini, bukan hanya pelatih profesional, ada banyak teknik coaching dan benefit lain yang akan Anda dapatkan.

Jadi, jangan ragu untuk ikut coaching dan mentoring di ESQ, ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.