Skip to main content

NLP adalah? Apa Tujuan, Cara Kerja, dan Manfaat NLP?

By August 7, 2021Artikel
expert-in-character-building

NLP adalah pendekatan psikologikal yang berkaitan dengan menganalisis strategi yang dipakai oleh seseorang yang sukses. TrainingNeuro Linguistic Programming atau Training NLP dalam prosesnya melibatkan analisis pemikiran, bahasa, dan kebiasaan.

Apa Tujuan Penggunaan Terapi NLP

Tujuan terapi NLP adalah membuat seseorang bisa merubah pemikiran mereka. Perubahan ini bertujuan untuk membantu mereka mencapai tujuan yang ingin dicapai. 

Bagaimana NLP Bekerja sehingga Tujuan Dapat Tercapai?

Cara kerja atau bagaimana metode NLP adalah dengan menggabungkan alam sadar dan bawah sadar. 

Terapis akan mencari akar permasalahan yang mengganggu, kemudian merepresentasikan masalah itu dengan gambar. Secara sadar, pasien mengenali gambar tersebut dan membayangkan situasi yang berkaitan dengan gambar. 

Pada proses ini terapis akan membimbing pasien dengan bahasa yang pada akhirnya bisa merubah pandangan pasien. Caranya dengan perlahan bekerja dengan alam bawah sadar pasien sehingga pencitraan pasien berubah. 

Contoh NLP adalah seperti ini, Anda percaya bahwa meskipun sudah diet, berat badan tidak akan turun. NLP merubah persepsi negatif tersebut sehingga Anda kemudian berpikiran bahwa bila diet dengan baik, pasti bisa turun.

BACA JUGA  Cara Coaching yang Baik A la ESQ

Perubahan pemikiran seperti itu secara tidak langsung merubah kebiasaan Anda. Sedikit demi sedikit Anda bisa menganalisa permasalahannya, dan kemudian memiliki pandangan baru. Pandangan baru tersebutlah yang bisa menyelesaikan permasalah yang Anda punya.

Manfaat NLP

NLP mempunyai banyak manfaat, ada berbagai permasalahan yang bisa diselesaikan dengan bantuan NLP, apa saja?

  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan presentasi
  • Membuat hubungan menjadi lebih sehat dan kuat
  • Mengetahui kemampuan dan bagaimana memanfaatkannya seperti orang sukses
  • Menghilangkan kebiasaan buruk
  • Membuat pikiran lebih terbuka
  • Memperbaiki kemampuan pemecahan masalah

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat NLP. Salah satunya adalah mengatasi kejadian atau keadaan buruk di luar kendali. 

Cara NLP mengatasi hal itu adalah dengan menanamkan pandangan baru terhadap keadaan yang terjadi. Pandangan baru ini membuat Anda bisa melihat permasalahan atau kejadian tersebut dengan lebih baik. Anda jadi bisa lebih menerima, mengontrol emosi, dan tahu harus bagaimana. 

NLP adalah bagaimana merubah mindset seseorang sehingga ia bisa mendapatkan hasil sesuai harapan.  Bagi Anda yang ingin merasakan manfaatnya, ESQ Training memiliki program training NLP yang membuat Anda lebih mengenali potensi diri.

BACA JUGA  Yuk, Ciptakan Bahagia dari Diri Sendiri!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.