Skip to main content

Memahami Dasar-Dasar Neuro Linguistic Programming (NLP)

By December 30, 2021Artikel
expert-in-character-building

Tanpa memahami dasar-dasar NLP, maka Anda tidak bisa memaksimalkan potensinya.

Menurut situs 2knowmyself, NLP adalah ilmu yang membantu memahami bagaimana otak manusia bekerja untuk meningkatkan performa dan meraih tujuan, atau sebagai terapi untuk mengatasi ketakutan, fobia, kecemasan, dan masalah kepribadian lain.

Ada dua dasar dalam NLP yang harus Anda pahami, elemen kunci dan konsep inti.

Elemen Kunci NLP

Program ini merupakan pendekatan psikologi yang melibatkan analisis strategi dari individual sukses dan menerapkannya untuk meraih tujuan personal. Ini menghubungkan dengan pikiran, bahasa, dan pola perilaku yang dipelajari melalui pengalaman dengan hasil tertentu.

Dalam NLP, semua tindakan manusia itu positif. Bahkan, saat rencana gagal atau ada hal tak terduga terjadi, ini bukanlah hal yang buruk. Kondisi-kondisi ini hanya menyajikan informasi yang lebih berguna saja.

Kunci elemen dari NLP sendiri ada tiga, yaitu modeling, action, dan komunikasi yang efektif.

Keyakinannya adalah jika seseorang bisa memahami bagaimana orang lain menyelesaikan sesuatu, proses ini bisa disalin dan dikomunikasikan kepada orang lain. Tujuannya, agar orang lain tadi juga bisa menyelesaikan tugas tersebut.

BACA JUGA  Apa Rencana Anda Kedepan di Tahun 2020

NLP adalah pendekatan pengalaman. Karena itu, jika Anda ingin memahami suatu tindakan, maka Anda harus melakukan hal yang sama agar bisa belajar dari pengalaman.

Konsep Dasar NLP

“The map is not the territory” atau dalam bahasa Indonesia “peta bukanlah teritori”. Ini adalah konsep dasar dari NLP.

Pepatah ini menyoroti perbedaan antara keyakinan dan kenyataan.

Hal ini menunjukkan bahwa setiap orang beroperasi dalam perspektif mereka sendiri daripada dari tempat objektivitasnya.

Dalam NLP kita percaya, setiap persepsi orang dari dunia adalah terdistorsi, terbatas, dan unik. 

Untuk itu, seorang yang belajar NLP pada akhirnya akan paham bagaimana seseorang merasakan “peta” mereka dan efek persepsinya terhadap pikiran dan perilaku orang tersebut.

Apakah Anda ingin memahami “peta” Anda juga? Atau mungkin, Anda ingin menjalani hidup yang lebih baik, bahagia, dan tenang?

Dari penjelasan singkat mengenai dasar-dasar NLP tadi, sudah jelas bahwa menerapkan NLP akan jadi solusi masalah di atas. Lakukan langkah pertama untuk memperbaiki kualitas hidup Anda dengan bergabung bersama program NLP Series di ESQ Training.

BACA JUGA  Mengapa Seorang Sales Harus Belajar NLP?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.