Skip to main content

Manfaat Mentoring untuk Karier dan Kehidupan

By September 15, 2021Artikel
expert-in-character-building

Anda pasti pernah mendapatkan beberapa undangan mentoring, bukan? Bagaimana perasaan Anda ketika mendapatkan undangan tersebut? Jangan malas, ya. Manfaat mentoring ternyata banyak sekali, lho.

Pada masa awal-awal kuliah, Anda mungkin pernah beberapa kali mendapatkan undangan mentoring rohis. Mentoring memang selalu memiliki tema. Manfaat mentoring rohis tentu saja untuk memperkuat keimanan kita pada Tuhan Yang Maha Esa.

Selanjutnya, di dunia kerja, Anda juga pasti banyak mendapatkan undangan mentoring. Sebagian besar tema mentoring yang datang adalah seputar tugas dan bidang yang sedang Anda geluti di perusahaan tersebut. Tujuan utama mentoring adalah untuk meningkatkan keahlian, baik hard skill maupun soft skill.

Oleh karena itu, mulai sekarang, cobalah untuk tidak malas untuk mengikuti mentoring, ya. Ada beberapa manfaat penting yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan ini. Manfaat utamanya adalah sebagai berikut.

1. Profesionalisme Makin Meningkat

Mentoring memiliki arti sederhana sebagai suatu proses atau metode pembelajaran yang berdasar pada kepercayaan. Seorang mentee (peserta mentoring) mendapatkan pelatihan khusus dari mentor berpengalaman dan kredibilitas untuk mengajar.

BACA JUGA  5 Cara Mendapatkan Kebahagiaan Dengan Uang

Tujuan utama dari proses mentoring ini adalah untuk mentransfer skill dan pengetahuan dari mentor ke mentee. Jadi, siapa pun yang mengikuti program mentoring dengan baik pasti akan mendapatkan peningkatan profesionalisme.

2. Mendapatkan Keahlian Baru Sesuai Minat

Kemudian, untuk Anda yang baru saja tertarik terhadap sesuatu tetapi belum memiliki keahlian apa pun untuk menggeluti ketertarikan tersebut dan menjadikannya ladang usaha, mentoring merupakan pilihan yang tepat.

Dengan memilih mentor berpengalaman, Anda bisa mendapatkan keahlian baru yang bermanfaat bagi masa depan Anda.

3. Mendapatkan Motivasi dari Mentor untuk Menjadi Lebih Baik

Terakhir, manfaat utama yang akan Anda dapatkan adalah motivasi untuk sukses sesuai minat yang Anda pilih. Ini menjadi tujuan utama dilakukannya mentoring.

Contoh mentoring di perusahaan dilakukan oleh senior kepada juniornya. Tujuan mentoring ini agar junior bisa mengikuti jejak kesuksesan seniornya.

Dari sini, Anda sudah paham manfaat mentoring, bukan? Keahlian apa yang sedang ingin Anda geluti? Cari tema mentoring pilihanmu di ESQ Training, yuk!

BACA JUGA  Nasehat Tentang Kehidupan : Jangan Sampai Salah Mengejar Tujuan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.