Skip to main content

Ingin Jadi Penjual Sukses? Coba Renungi 3 Hal Ini

Cara Jadi Pengusaha Sukses, Tips Bisnis
expert-in-character-building

Salesman dan penjual sukses adalah mereka yang antusias menjalani profesinya dan memandang sukses sebagai hasil dari cara mereka menciptakan dan memertahankan hubungan yang bernilai dengan para pelanggannya.

Alangkah baiknya terlebih dahulu memahami sejumlah prasyarat yang harus dipenuhi, antara lain:

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]1. Pengetahuan[/highlight]

Sebagai penjual yang sukses Anda perlu mengetahui produk secara mendalam. Bukan hanya produk sendiri namun juga pengetahuan produk pesaing.

Luangkanlah waktu untuk memperbarui dan mendalami kelebihan produk Anda, dan cari tahu juga kelebihan dan kelemahan produk pesaing. Kemauan untuk terus mau belajar juga membentuk pribadi Anda agar tidak bertindak menggurui pelanggan.

Pengetahuan juga bisa di dapat dari banyak membaca artikel terkait produk dan pasar yang sedang Anda geluti.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]2. Yakin Dengan Produk[/highlight]

Faktor penentu lainnya yang mempengaruhi keberhasilan penjualan adalah bahwa sang penjual yakin dengan produknya. Yakin bahwa produk yang ia jual memberikan manfaat kepada banyak orang.

Dengan keyakinan ini tentu penjual juga akan lebih menikmati pekerjaannya serta menanam mental positif di saat ia melakukan presentasi produk.

BACA JUGA  Kebahagiaan Ibu Ikut Menentukan Kebahagiaan Anak. Sudah Bahagiakah Anda ?
[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]3. Pelanggan[/highlight]

Disini Anda perlu membedakan 2 jenis pelanggan. Pertama adalah pelanggan baru, yaitu pelanggan yang sebelumnya tidak pernah membeli dan mencoba produk Anda.

Untuk jenis pelanggan ini Anda perlu mengedukasi tentang apa dan manfaat apa yang di berikan oleh produk milik Anda, sebelum Anda menjualnya.

Yang kedua adalah pelanggan lama, yaitu pelanggan yang sebelumnya telah membeli produk Anda, bukan hanya satu produk namun produk yang berbeda milik Anda. Untuk pelanggan jenis ini Anda bisa menawarkan produk –produk tambahan.

Misalnya, Anda menjual produk sepatu. Anda bisa menawarkan produk lain seperti kaos kaki atau sandal kepada pelanggan lama ini. Dengan mengenal pelanggan Anda bisa memaksimalkan penjualan dan mengurangi biaya marketing.


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Business Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/ESQ165GreatBusiness/

Ikuti Training ESQ Selling Without Selling

Daftar-Training-ESQ

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

BACA JUGA  5 Pelajaran Berharga Dari Gaya Kepemimpinan si Wanita Baja

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.