Cara Membangun Karakter Mahasiswa agar Menjadi Pribadi Matang

By December 4, 2019 Artikel, Character
Cara Membangun Karakter Mahasiswa agar Menjadi Pribadi Matang
expert-in-character-building

Cara membangun karakter mahasiswa bila diketahui cocok untuk menciptakan pribadi matang yang akan berkontribusi pada bangsa.

Mahasiswa merupakan generasi dengan segudang potensi. Pendidikan di universitas seharusnya mendorong mereka untuk mengembangkan potensi dan siap menjadi tenaga pembangun bangsa. Sayangnya, cara membangun karakter mahasiswa masih dianggap remeh dibandingkan materi pendidikan lainnya. Akibatnya, kita banyak melihat mahasiswa atau lulusan universitas yang masih manja dan tidak siap berjuang.

Pembangunan karakter (character building) kini menjadi salah satu isu yang banyak didiskusikan. Sekolah dan kampus dituntut untuk memasukkan unsur pembangunan karakter dalam kurikulum. Hal tersebut dapat ditempuh dalam berbagai langkah, misalnya sebagai berikut.

 

Mengajak Mahasiswa Mengenali Lingkungannya

Cara membangun karakter mahasiswa dimulai dari pembentukan kesadaran dan empati terhadap lingkungan sekitar. Mahasiswa harus belajar tentang problem nyata serta hal lain yang banyak menjadi perhatian masyarakat. Pendidik atau instruktur bisa mengajak mahasiswa untuk lebih memerhatikan masalah sosial, tren, serta kabar terkini.

Proses pengenalan dapat dilanjutkan dengan diskusi. Pendidik sebaiknya meminta mahasiswa untuk melakukan pengamatan dan menyampaikan opini mereka tentang berbagai problem atau tren tersebut. Selain mengasah wawasan, kegiatan ini juga akan semakin meningkatkan perhatian mahasiswa terhadap lingkungannya.

 

BACA JUGA  Ternak Kecoak Dirumah, Mahasiswa Ini Raup Omset Rp. 87 Juta/Bulan

Memotivasi Interaksi Mahasiswa dengan Lingkungan

Pengembangan karakter dapat terjadi ketika mahasiswa telah belajar untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Pihak kampus atau pendidik dapat membuat program kegiatan yang mengharuskan mahasiswa untuk menyumbangkan waktu dan tenaga bagi pihak lain dalam masyarakat. Hal ini bisa berupa kegiatan kerja bakti, penggalangan dana, pemulihan bencana, dan sebagainya.

Dengan terjun langsung untuk memperbaiki problem lingkungan, mahasiswa akan memahami makna berkontribusi untuk masyarakat. Hal ini akan menyiapkan mental mereka, agar tidak kaget ketika sudah lulus dari lingkungan kampus yang nyaman dan memasuki dunia nyata.

 

Mengenalkan Mahasiswa pada Perbedaan

Pemahaman tentang perbedaan kini menjadi salah satu isu penting dalam pembentukan karakter. Cara membangun karakter mahasiswa bisa dimulai dengan membiasakan mereka pada komunitas atau kelompok yang berbeda. Misalnya, kampus atau tenaga pendidik bisa mengatur kegiatan untuk mengunjungi komunitas agama atau etnis tertentu untuk berkenalan dan saling membantu.

Kampus dan pendidik juga bisa mengadakan kegiatan seperti seminar, dialog, hingga proyek seni dan budaya yang pesertanya berasal dari komunitas berbeda. Hal ini akan membiasakan mahasiswa dengan keragaman dalam masyarakat, sehingga mereka akan lebih pandai menyikapinya saat sudah lulus.

 

BACA JUGA  Proses Menuju Konsisten

Mengasah Jiwa Seni dan Kemampuan Refleksi

Karakter positif dapat terbentuk dari proses pengasahan jiwa lewat aktivitas seni, budaya, dan refleksi. Mahasiswa dapat diajak untuk melakukan kegiatan seperti pelajaran menulis, program membaca, dan pendidikan atau pelatihan bidang seni budaya. Dampaknya mungkin tidak terlihat langsung, namun jiwa yang lebih halus dan terasah akan lebih mudah dibentuk menjadi pribadi berkarakter matang di masa depan.

Mahasiswa juga bisa diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan yang bersifat spiritual, misalnya pelajaran agama, meditasi, aktivitas seperti meditasi, dan sebagainya. Hal ini bisa disesuaikan dengan tradisi lokal serta latar belakang setiap manusia.

 

Membimbing Mahasiswa untuk Mengembangkan Potensi Pribadi

Setiap mahasiswa memiliki potensi unik masing-masing, sesuai dengan latar belakang dan karakteristik. Ada mahasiswa yang potensi utamanya adalah karakter optimis dan positif. Ada yang memiliki sifat kepemimpinan menonjol. Ada juga yang cenderung mudah beradaptasi dan pandai menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain. Mahasiswa terkadang tidak bisa melihat potensi mereka sendiri, sehingga banyak terabaikan.

Pembangunan karakter dapat dicapai lewat pengembangan karakter positif masing-masing. Pengajar dapat berkonsultasi dengan terapis atau pakar psikologi untuk menggali potensi unik mahasiswa. 

Membangun karakter mahasiswa agar membawa hasil yang berdampak panjang menuntut perhatian khusus. ESQ Leadership Center dibawah kepemimpinan Ary Ginanjar adalah pusat pelatihan dan pengembangan motivasi serta karakter terbaik. Programnya tersedia baik untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan diri, maupun kaum pendidik yang ingin membangun karakter mahasiswa agar berdampak panjang di masa depan.

Pembangunan karakter bukan perkara mudah, namun semakin banyak orang menegaskan pentingnya hal ini dalam dunia pendidikan. Mengetahui cara membangun karakter mahasiswa agar menjadi pribadi matang akan membawa banyak dampak postif bagi generasi penerus bangsa.

Semoga artikel ini bermanfaat

BACA JUGA  Menambah Pengetahuan dalam Bidang Agama Melalui Kultum Ramadhan

Motivasi Hidup Sukses dan 5 Karakter yang Mendukung

baca juga:

Training Pembentukan Karakter 3400 Mahasiswa Baru Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)

Kegiatan Character Building Mahasiswa Baru AKPER AKFIS RS Dustira

Pelatihan Motivasi Pengembangan Diri 840 Mahasiswa Baru Unanda Palopo

ESQ New Chapter, Training Motivasi Terbaik, Agar Hidup Bahagia, Penuh Semangat

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

en_GB
id_ID ms_MY en_GB
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?