Anda Seorang Guru atau Dosen? Sudah Terapkan Ilmu Public Speaking ini?

By May 4, 2017September 20th, 2019Artikel, Communication
Anda Seorang Guru atau Dosen, Sudah Terapkan Ilmu Public Speaking ini
expert-in-character-building

Tahukah Anda bahwa kata ‘Guru’ berasal dari bahasa Sanskerta? ‘Guru’ terdiri atas dua suku kata yaitu ‘gu’ dan ‘ru’. Gu berarti kegelapan, sementara Ru berarti penghancur. sehingga jika digabungkan kedua suku kata tersebut guru kurang lebih bisa diartikan ‘penghancur kegelapan’.

Dari definisi di atas, tugas guru bukan hanya mengajar dan memberikan materi di kelas kepada murid-muridnya. Akan tetapi lebih dari itu, guru juga harus mampu membawa perubahan kepada muridnya. Dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang buruk menjadi baik, atau dari yang gelap menjadi terang.

Sayangnya banyak guru yang masih belum bisa membawa pengaruh kepada muridnya. Jika Anda salah satunya, maka 3 skill public speaking berikut bisa menjadi solusinya

#1 The Strong “Why”
Penting sekali dalam public speaking untuk menekankan aspek WHY. Tanyakan pada pribadi Anda, cocokkah saya membawakan materi ini? Efektifkah materi ini saya sampaikan kepada murid-murid ini? Apa manfaat bagi saya dan murid saya untuk mempelajari hal ini?

BACA JUGA  4 Trik Jitu Kelola Emosi di Bulan Puasa, Yuk Coba!

Pertanyaan tadi perlu Anda tanyakan sebelum membawakan materi di kelas. Jika jawabannya adalah TIDAK, maka Anda perlu introspeksi lagi untuk menemukan jawaban yang tepat.

#2 Perbanyak Contoh
Banyak murid yang kesulitan untuk mencerna kata-kata yang terlalu ilmiah yang ada dalam buku. Untuk itu tugas Anda sebagai guru harus memberikan penjabaran yang tepat dari kesulitan pemahaman tadi. Memberikan contoh konkrit atas konsep yang sulit dimengerti adalah cara ampuh untuk mengoptimalkan public speaking kepada murid-murid Anda.

#3 Jadi Teladan
Inilah alasan utama banyak guru yang gagal membimbing muridnya, ya! tidak mampu memberi teladan yang baik. Tidak hanya dalam perkataan, seorang guru juga harus menjadi panutan bagi muridnya dari setiap perbuatan yang ia lakukan. Begitu pula dalam public speaking, semakin Anda bersikap baik kepada audiens, maka akan semakin antusias mereka mendengar presentasi Anda.

Semoga 3 skill dasar dalam public speaking tadi, bisa membantu Anda untuk menjadi seorang guru teladan.
Ingin mengetahui skill public speaking lainnya? Jangan lewatkan Training ESQ Public Speaking,  di Menara 165, bersama Dr. (H.C.) Ary Ginanjar Agustian, Coach Nooraizan Zie CM.SNLP, C.NLP, CHt, dan Iman Herdimansyah (Direktur Training ESQ Group).

BACA JUGA  Kisah Nyata Inspirasi dan Motivasi Tentang Kegigihan, Amazing !

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Anda Seorang Guru atau Dosen? Sudah Terapkan Ilmu Public Speaking ini?

 

ESQ Public Speaking - Training Public Speaking Terbaik di Jakarta

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?