Lean Industry / Enterprise to be a Business Winner in Crisis & Pandemic Situation

Mengapa Perlu Mempelajari Lean Industry?

Ada sebuah pertanyaan besar yang mendasari pemahaman Lean industry / Enterprise yakni: Mengapa ada Negara yang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah dapat menjadi Negara industry dan juga kenapa ada perusahan yang mampu bertahan ratusan/puluhan tahun dalam pengelolaan perusahan dan terus mendapatkan keuntungan?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, Coba simak situasi saat ini:

Setelah krisis tahun 1998, oleh pemandangan pemahaman dunia munculah yang disebut Era Globalisasi yang kemudian disebut dunia semakin datar. Berangkat dari kondisi ini dapat kita lihat adanya blok atau regional trade / aturan perdagangan bebas antar negara bilateral maupun dalam kawasan regional, sebagai contoh dalam kawasan ASEAN ada sebutan AFTA (Asean Free Trade Aggrement/ Area) inilah yang memberikan sebuah peluang untuk kemanfaatan sebuah negara dapat digunakan di negara lain sehingga hal ini dapat menjadi peluang indonesia untuk masuk pasar global.  Namun hal ini tidak lantas menjadikan Indonesia mampu masuk dan bersaing dalam pasar global, mengapa demikian,?

APA YANG MEMBEDAKAN?

Dalam pengembangan dunia maupun ekonomi yang berbasis industri, ibaratnya ada sebuah batu yang kita lemparkan ke dalam kolam maka pusat / epicentrumnya adalah system industry (para industrialist) dimana sebuah negara / sektor/ perusahan yang berbasis industry meliputi industri besar sedang, IKM & UMKM, Koperasi, BUMN, BUMD, BUMS, dll.  yang dalam mengembangkan bisnis / industry tidak hanya berfokus pada pembuatan barang tetapi berfokus pada pengembangan SDM, dengan mengelola perusahan, institusi, organisasi dan kegiatan bisnis & industri yang berpusat pada SDM (Orang) yang unggul, memiliki iklim & kondisi organisasi / bisnis yang berbasis V-S-L (Values/Nilai, System/Sistem & Leadership/Kepemimpinan) yang meliputi A-C-A (Awareness / kesadaran, Competency / kompetensi & Atmosphere / situasi/kondisi kerja) untuk menggerakkan roda PDCA (Plan-Do-Check-Action).

Apa yang bisa dipelajari?, Kenapa Perlu Mempelajari?

Mindset yang tepat, kompetensi, & profesionalisme yang memadai dan strategi yang tepat untuk menjalankan roda PDCA dalam fungsi & kegiatan bisnis yang berkelanjutan, memastikan tidak adanya kegiatan / proses yang mubazir / waste atau tidak memberikan nilai tambah sehingga kegiatan bisnis yang dilakukan dapat mencapai profit yang maksimal.untuk menjadi Best Operational Excellence Company, Best World Class Company, Most Admired Company & Become the Pride of the Nation

BAGAIMANA CARA MEMILIKI KEMAMPUAN ITU?

Tanamkan nilai, visi dan misi perusahaan sebagai tujuan utama, pastikan ultimate goal yang ingin dicapai oleh perusahan sejalan dengan tujuan perusahaan, simak dan pahami video ini.

Deskripsi : 

Dalam situasi wabah / bencana & krisis seperti yang dialami saat ini, tidak sedikit perusahan yang melakukan berbagai strategi agar perusahaan/bisnis maupun kegiatan industri tetap berjalan, namun tidak sedikit juga dari strategi yang dijalankan gagal atau kurang mampu mempertahankan kegiatan bisnis/industrinya.  

Anda perlu memahami bahwa untuk menjalankan strategi bisnis yang tepat, baik dalam situasi krisis maupun normal perlu adanya arahan kebijakan dan partisipasi dari seluruh manajemen baik dari Top to Bottom maupun Bottom Up.

Selanjutnya dalam pemaparan video ini Anda akan diberikan kiat – kiat Lean Business / Enterprise yang berkelanjutan bagaimana membangun system dan implementasi serta rahasia leadership bisnis & industry, dan formulasi serta strategi bisnis yang jitu, yang akan disampaikan oleh Bpk. I Made Dana M Tangkas M. Si, IPU, ASEAN Eng, Master Expert dalam bidang Lean Enterprise / Industry. 

PROFIL

Ir. I Made Dana Tangkas M.Si, IPU, Asean Eng. adalah seorang Master Expert & Master Trainer dalam bidang lean enterprise & Industry, yang telah berkecimpung dalam bidang lean industry selama kurang lebih 30 tahun.

Profesional Experience:

  • President Director/CEO & Founder IBIMA
  • President & Founder Institut Otomotif Indonesia (IOI)
  • Chairman BKTI – PII (Co : 2015 ~ 2018 & 2018 ~ 2021)
  • President Director & Founder Danata 2016 ~ now 
  • Master (Global) Trainer & Profesional of Lean Industry / Enterprise.
  • Buku yang ditulis:
  • Building The Best Indonesia Business Way in collaboration with DR. (Hc) Ary Ginanjar Agustian) 
  • Standar Kompetensi Nasional  in collaboration with DR. Willy, Ir. Luluk & Moedjiman
  • Contributor for Buku Produktivitas, Daya Saing Kemajuan & Kemakmuran Bangsa (tanda terima kasih dan penghormatan kepada Prof. Dr. Matthias Aroef)

Pengalaman Lainnya / Organisasi:

  • Director (2009 ~ 2018) SEA / BOD Meeting Member (2018 ~ now) of Toyota Motor Indonesia & VP/ Dir. Toyota Motor Asia Pacific (2010 ~ 2012) 
  • Member of YDBA from 2012 ~ 2018
  • Member of YABI (Yayasan Astra Bina Ilmu) from 2009 to 2018
  • Chairman Ikatan Alumni Teknik Industri ITB from 2017 ~ now
  • Chairman ISTMI (Ikatan Sarjana TI & MI) 2007 ~ 2014
  • Persatuan Insinyur Indonesia – Bidang Kejuruan Teknik Industri  (PII-BKTI)  From 2015 ~ now
  • Chief of the Land Transport Equipment Compartment APINDO from 2012 ~ now
  • Chairman of Permanent Committee of ILMAT KADIN from 2009 ~ now
  • Working Group Members KEIN From 2016 ~ 2019

Penghargaan:

  • Ganesha Wirya Jasa Utama in Automotive Manufacturing from Rector of Bandung Institute  of Technology in 2012
  • Distinguished Service Award in International Industrial Eng. & Operation Management Forum/Committee (World Wide Org./Committee) in 2014
  • The Main Professional Engineer (IPU) from PII BKTI in 2017
  • ASEAN Engineer Register (AER) Certificate in 2018
  • Exceptional Service and Dedication for the Development of Engineering Education in Eastern Indonesia in General and in the Indonesian Muslim University in Particular 2020

PROFIL

DR. (H.C.) Ary Ginanjar Agustian adalah penulis buku terlaris fenomenal “Secrets of Developing Emotional & Spiritual Intelligence – ESQ” dengan penjualan lebih dari 2,5 juta unit.

Ia juga seorang Pembicara yang terkenal dengan kredibilitasnya yang berpengaruh hingga telah melaksanakan Pelatihan kepada lebih dari 1,7 Juta Alumni dengan Rekor Tertinggi (Menciptakan Rekor Baru Museum Rekor Dunia Indonesia – MURI) sebanyak 10.400 peserta dalam 1 Pelatihan!

Mantan Dosen ini menerapkan teori yang diajarkan dan dipraktekkan di dunia bisnis selama lebih dari 20 tahun dan terus memaknainya hingga terungkap dengan membangun sebuah Menara yang dikenal dengan nama “Menara 165”

Dengan prestasinya yang luar biasa serta keefektifan dalam memberikan motivasi & semangat perubahan melalui buku-buku dan pelatihan yang diadakan, DR. (H.C.) Ary Ginanjar Agustian dijuluki sebagai “The Indonesian Motivator”

SINOPSIS

EPISODE 1: Stori Bencana / Wabah, Sukses & Hikmah Kehidupan

Kehidupan manusia tidak terlepas dari suka & duka, wabah / bencana & Bahagia silih berganti. Bagaimana caranya agar sukses, mendapatkan hikmah dan menjalankan hukum kekekalan kehidupan?, Berbasis Analisa, refleksi & hubungan sukses dengan 5 hukum kekekalan kehidupan.

EPISODE 2: Rahasia Leadership (Kepemimpinan)

Temukan Rahasia mengelola perusahan, institusi, organisasi dan kegiatan bisnis & industri yang berpusat pada SDM (Orang) yang unggul. Memimpin perusahaan bisnis & industry yang berbasis V-S-L (Value, System, Leadership), sehingga rahasia kepemimpinannya adalah membentuk dan membangun orang yang cerdas, kompeten, termotivasi, berkarakter & professional.

EPISODE 3: Strategi Lean Bisnis / Enterprise yang Berkelanjutan

Agar leadership (kepemimpinan) berkembang dengan baik, maka perlu mempunyai iklim & kondisi organisasi / bisnis yang berbasis A-C-A (Awareness/kesadaran, Competency/kompetensi & Atmosphere/situasi/kondisi kerja). Untuk menggerakkan PDCA (Plan-Do-Check-Action) dalam fungsi & kegiatan bisnis yang berkelanjutan perlu mempunya SDM yang unggul terutama mempunyai mindset yang tepat, kompetensi, & profesionalisme yang memadai dan strategi yang tepat.bagaimana caranya simak video ini!.

EPISODE 4: Kiat Lean Enterprise & Formula Bisnis yang Efisien

Dalam perspektif investor, business owner atau shareholder perlu menjalankan bisnis yang mendapatkan revenue meningkat, EBITDA Rasio (profit), efisiensi yang terbaik dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan serta mempunya misi sosial dan misi / peran kegiatan bisnisnya. Dalam hal ini dapat mengaplikasikan nilai / values bisnis dalam pelaksanaan 7P (Phylosophy, Planet, Product & Services, Profit, Process, People & Partner & Problem Solving). Ikuti kiat aplikasinya dalam video ini.

EPISODE 5: Membangun Sistem Lean dan Menjadi Pemenang

Untuk menjadi pemenang adalah membangun ekosistem bisnis, perlu membangun sistem lean bisnis/industry yang berdaya saing global, yaitu melalui policy management (kebijakan/arahan), sistem & praktek bisnis, memegang teguh nilai korporasi dan perbaikan & partisipasi kaizen / inovasi oleh seluruh manajemen & karyawan, korporasi perlu mempunyai produk/jasa yang dapat dijual, Q/C/D yang terbaik dan ekosistem bisnis yang terpadu.

EPISODE 6: Model Bisnis & Strategi Bisnis yang Berkelanjutan

Perlu sebuah model bisnis yang terpadu dalam memetakan kegiatan bisnis & industry, dan juga Langkah – Langkah maupun Key Factor untuk mendukung strategi perusahan yang berkelanjutan, Termasuk melibatkan fungsi – fungsi dalam perusahan dan Level / Tingkatan manajemen.

EPISODE 7: Mengelola Proyek dan Pendampingan / Konsultasi

Dalam pengelolaan proyek perlu didukung kompetensi (IPTEK) yang terbaik, mempunyai jaringan dan langkah – langkah strategis untuk mencapai target yang ditetapkan serta membutuhkan pendampingan / konsultasi secara realistic. Hal ini dengan menjalankan konsep JIT (Just In Time), BIQ (Build In Quality), Standarisasi dan membangun kaizen (Langkah Plan, Do, Check & Action).

EPISODE 8: Pemilihan & Penetapan Proyek

Setiap pelaksanaan proyek perlu memiliki Thema & Team in charge yang professional. Keberhasilan proyek sangat bergantung pada kemampuan Analisa (VA/VE) dengan menghilangkan pemborosan / mubazir, ketidakteraturan dan beban berlebihan, menetapkan target dan langkah – langkah pelaksanaan proyek. Perlu pemilihan tema yang berskala besar dan perubahan kinerja perusahan seperti Cost reduction, Efisiensi, Lead Time, Productivity dll.

EPISODE 9: Rencana Proyek, Pelaksanaan & Pendampingan

Perencanaan proyek yang matang menentukan 70 – 80 % keberhasilan, sehingga pelaksanaan dan evaluasi serta konsultasi / pendampingan menjadi lebih mudah. 

Dalam pelaksanaan perlu menerapkan beberapa ilmu dan Langkah – Langkah didepan, dan juga perlu ada pendampingan dengan melibatkan team yang professional.

Lean Industry dengan mudah Anda pelajari melalui platform ESQ Digi World

Harga normal
Rp 500,000 
DISKON menjadi
Rp 250.000

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?