Internalisasi Core Values BUMN AKHLAK di Cluster Industri Pertahanan (INHAN)

expert-in-character-building



JAKARTA – Senin (3/8/2020), diadakan event Internalisasi Core Values BUMN AKHLAK. Di lingkungan BUMN Cluster Industri Pertahanan (INHAN). Via Zoom Meeting dan Channel Youtube Pindad Corporate University.

Di awali dengan sambutan dari Ketua Tim Percepatan Pengembangan Industri Pertahanan.

“Setiap perusahaan pasti memiliki budaya yang berbeda-beda. Namun sesuai arahan Kementrian BUMN per 1 Juli 2020, setiap BUMN wajib menerapkan Core Values BUMN menjadi corporate culture. Tanpa mengurangi bahkan menambahkan Core Values AKHLAK. Core Values tersebut kita jadikan perekat dan identitas budaya kerja yang mendukung peningkatan kinerja secara berkelanjutan,” papar Zakky Gamal, Len Industri.

Sejatinya, Budi Gunadi Sadikin (Wakil Menteri I Kementerian BUMN) diperkenankan hadir sebagai Keynote Speaker. Namun beliau sedang berhalangan.

Acara ini pun diikuti oleh: Jajaran Dewan Komisaris, Jajaran Dewan Direksi, Pejabat BOD 1 dan BOD 2 (PT Dahana, PT Dirgantara Indonesia, PT Len Industri, PT PAL Indonesia dan PT Pindad). Kemudian dua narasumber lainnya yaitu Ary Ginanjar Agustian (CEO ACT Consulting & ESQ Group) dan Alex Denni (Deputi Bidang SDM, Teknologi & Informasi Kementerian BUMN).

BACA JUGA  Kampus Bertransisi, Ary Ginanjar: Ini yang Namanya Merdeka Belajar

Alex Denni menjelaskan garis besar dari transformasi, salah satunya dalam hal SDM. Yang sudah digaungkan sebelumnya oleh Presiden RI Jokowi. Mengenai pengembangan SDM sebagai salah satu prioritas yang penting. Untuk menghindari ketertinggalan dengan negara lainnya.

“Hal ini bersangkutan dengan prioritas yang digalangkan oleh BUMN, yaitu ada 5 point,” tutur Alex.

1. Melakukan Business Model Innovation

2. Membangun Technology Leadership

3. Energize Investment

4. Unleash Talent

5. Economic and Social Value for Indonesia

“Transformasi era VUCA begitu dahsyat yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity dan Covid-19. Bahkan tahun 2043 itu sumber daya alam kita yang terkaya seperti air, energi di Indonesia akan jadi pusat perhatian dari negara lainnya. Sehingga Industri Pertahanan ini menjadi kunci atau peran yang utama. Namun, jenis senjata atau kunci seperti apakah itu?” tanya Ary di hadapan 580 peserta.

Ada dua kuncinya yaitu pertahankan Core Values dan Core Purpose. Itulah kunci dasar ketika kita menghadapi persaingan bisnis atau berkompetisi.



BACA JUGA  Training Spiritual Revival untuk SESPIBI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?