Penetapan 1 Ramadhan 2019 Menurut Beberapa Organisasi Islam

Penetapan 1 Ramadhan 2019 Menurut Beberapa Organisasi Islam
expert-in-character-building

Penetapan 1 Ramadhan 2019 Menurut Beberapa Organisasi Islam – Marhaban Ya Ramadhan untuk kita semua. Bulan yang kita tunggu-tunggu pun akan segera tiba. Segala persiapan sudah dipersiapkan dalam rangka menyambut bulan yang dipenuhi oleh keberkahan ini. Namun, sangat disayangkan. Sebagian besar dari kita masih bingung kapan penetapan 1 Ramadhan 2019 akan tiba.

 

Untuk menjawab semua keraguan masyarakat Indonesia, beberapa lembaga organisasi islam ini telah menetapkan waktu yang tepat untuk memulai ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Nah, untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan dari lembaga organisasi islam di Indonesia berikut ini!

 

 

  • Muhammadiyah

 

Baru-baru ini, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 2019 jatuh pada tanggal 6 Mei. Hal ini pun ditetapkan berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majlis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

 

Selain itu, Muhammadiyah juga telah menentukan tanggal 1 Syawal 1440 H jatuh pada tanggal 5 Juni 2019 dan 1 Zulhijah yang bertepatan dengan tanggal 2 Agustus 2019.  Hal ini pun dihitung berdasarkan metode Hisab. Metode Hisab adalah metode menghitung pergerakan posisi hilal di akhir bulan untuk menentukan awal bulan seperti Ramadhan.

 

BACA JUGA  Ini Cara Bangkit Dari Kegagalan Dengan Quantum Excellence

 

  • Nadhatul Ulama (NU)

 

Lain halnya dengan Muhammadiyah, lembaga organisasi Islam NU masih akan mengadakan sidang isbat pada tanggal 5 Mei 2019 untuk penetapan 1 Ramadhan 2019. Namun, pihak NU sangat berharap bahwa hasil sidang isbat nanti sama dengan apa yang diumumkan oleh Muhammadiyah.

 

Walaupun belum ada keputusan yang pasti, tetapi hampir bisa dipastikan bahwa hilal akan terlihat. Sebab, perhitungan hisab NU saat ini merujuk pada hisab perhitungan Muhammadiyah, yaitu tinggi hilal pada tanggal 5 Mei mencapai 5 derajat di atas ufuk.

 

Jadi, masyarakat sudah bisa melaksanakan shalat tarawih pada 5 Mei malam. Tetapi, jika hilal nantinya tidak terlihat oleh pengamat, 1 Ramadhan pun akan jatuh pada tanggal 7 Mei 2019.

 

Kementrian Agama RI juga menambahkan bahwa sidang isbat wajib dilakukan sebagai bentuk upaya menjalankan Fatwa MUI No 2 Tahun 2004. Fatwa itu pun berisi penetapan Kalender Hijriah yang berkaitan dengan ibadah harus berdasarkan sidang isbat, tak terkecuali penetapan tanggal 1 Ramadhan.

 

Penetapan 1 Ramadhan 2019 memiliki sedikit perbedaan dalam 2 lembaga organisasi Islam paling besar di Indonesia ini. Namun demikian, kita harus tetap mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan dengan hati yang bersih. Dengan begitu, puasa Ramadhan akan terasa lebih indah.

 

BACA JUGA  Arsitek Wanita Terbaik di Dunia Ternyata Seorang Muslim

Writer : Tya

Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019
Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

en_GB
id_ID ms_MY en_GB
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by