Keuntungan Metode Coaching dalam Pengembangan Potensi Karyawan

By December 4, 2019 Artikel, Coaching
Keuntungan Metode Coaching dalam Pengembangan Potensi Karyawan mencakup kemampuan karyawan untuk bertanggung jawab, mandiri, dan lebih pandai berkomunikasi.
expert-in-character-building

Keuntungan Metode Coaching dalam Pengembangan Potensi Karyawan mencakup kemampuan karyawan untuk bertanggung jawab, mandiri, dan lebih pandai berkomunikasi.

Metode coaching adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan karyawan. Keuntungan Metode Coaching hadir dari sifatnya yang mementingkan pengembangan potensi karyawan lewat tindakan langsung. Karyawan mungkin dipasangkan dengan seseorang yang lebih berpengalaman, misalnya seniornya. Akan tetapi, karyawan tersebut didorong untuk melakukan segalanya sendiri dan belajar dari kesalahan.

Mengapa perusahaan sebaiknya mengadopsi metode coaching untuk pengembangan karyawan? Berikut beberapa alasannya.

 

Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Karyawan

Kemampuan adaptasi adalah salah satu hal terpenting dalam memasuki dunia kerja. Dalam metode coaching, karyawan dipasangkan dengan mentor yang memberi petunjuk dan bimbingan. Akan tetapi, karyawan tersebut tetap melakukan tugas sehari-hari sebaik mungkin dengan bimbingan tersebut. Hal ini akan mendorong mereka untuk beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerja.

Keuntungan Metode Coaching ini cocok untuk karyawan di dunia kerja yang terkenal intens dan bertekanan tinggi. Bidang seperti hukum, asuransi, dan perbankan menuntut karyawan dengan kemampuan adaptasi tinggi serta tidak mudah rubuh di bawah tekanan.

 

Membentuk Kemandirian Karyawan

BACA JUGA  Pelajaran Dari Kisah Seorang Pemuda Dalam Mencari Kebahagiaan Hidup

Jika mentor memberi terlalu banyak perhatian dan bantuan pada karyawan baru, karyawan tersebut akan menjadi manja dan sulit bekerja ketika sudah “dilepas”. Karyawan menjadi tergantung pada mentor dan cenderung menolak untuk memikirkan solusi atau ide kreatif karena takut menyimpang dari “aturan sukses” yang sudah ada. Hal ini justru mendatangkan kerugian bagi perusahaan.

Dalam metode coaching, mentor membiarkan karyawan menekuni pekerjaannya, tetapi dengan bimbingan dan konsultasi ekstra. Hal ini akan membentuk karyawan dengan jiwa lebih mandiri, bebas, dan bisa berpikir di luar kotak untuk memecahkan masalah. Karyawan baru juga akan cepat mandiri dan menguasai pekerjaannya dengan metode ini.

 

Mengajari Karyawan untuk Memegang Tanggung Jawab

Metode coaching memang membiarkan karyawan untuk terjun langsung ke pekerjaan dengan sedikit dukungan. Akan tetapi, hal ini juga berpotensi menghadapkan karyawan pada kesalahan. Keuntungannya adalah karyawan belajar untuk menerima kesalahan dan memulai dari awal tanpa pantang menyerah.

Karyawan juga belajar untuk lebih memperhatikan risiko pekerjaannya. Setelah melakukan kesalahan dan mengakuinya, karyawan dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih baik dan risiko kesalahan lebih kecil.

 

BACA JUGA  Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja

Mengasah Kreativitas

Keuntungan Metode Coaching adalah mengasah kreativitas karyawan dalam menghadapi tantangan sehari-hari. Karena mentor tidak terlibat 100 persen, karyawan dapat menggunakan kreativitas mereka untuk memecahkan masalah. Karyawan akan terpaksa berpikir di luar pakem atau bahkan melihat berbagai kemungkinan unik dalam mengatasi masalah.

Orang cenderung lebih kreatif ketika mereka berhadapan dengan problem. Dalam hal metode coaching, karyawan akan mengeluarkan segala kemampuan mereka untuk memecahkannya.

 

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Karyawan

Metode coaching tidak selalu melibatkan interaksi antara karyawan dan mentor, yang terakhir biasanya memberi umpan balik soal kinerja karyawan tersebut. Karyawan juga diharapkan untuk menyampaikan segala sesuatu yang mereka rasakan dan alami. Hal ini pada akhirnya mendorong karyawan untuk berkomunikasi lebih efektif dalam menyampaikan hal yang menjadi perhatian.

Dalam akhir sesi pelatihan potensi, karyawan harus duduk bersama mentornya untuk mendeskripsikan perbedaan antara sebelum dan sesudah metode coaching. Dalam metode ini, karyawan dapat menyampaikan kesulitan, tantangan, serta pertanyaan terkait pekerjaan yang sudah dan akan mereka lakukan di perusahaan. Hal ini akan mendorong kemampuan karyawan untuk berkomunikasi.

 

BACA JUGA  7 Tips Agar Tetap Bahagia Saat Mudik Dengan Kendaraan Pribadi

Mendapat Kepuasan Kerja Lebih Banyak

Karyawan yang terjun langsung ke dalam pekerjaannya biasanya mengembangkan sentimen positif sejak awal tentang tempat kerjanya. Dalam metode coaching, sentimen positif tersebut bisa meningkatkan kepuasan kerja. Mentor akan membantu karyawan agar lebih efektif dalam pekerjaannya, menciptakan kepuasan kerja dan sentimen positif terhadap aktivitasnya.

Metode coaching memiliki dampak positif pada karyawan. Anda bisa menerapkannya untuk mengembangkan potensi dan karakteristik positif, terutama pada karyawan baru. Jika tidak bisa mengembangkan program pelatihan terkenal, cobalah membaca buku atau mengakses metode pelatihan motivasi seperti ESQ Leadership Center dibawah kepeimpinan Coach Indonesia Ary Ginanjar.

Pelatihan motivasi dan kepribadian oleh ESQ Leadership Center menawarkan program untuk berbagai umur dan latar belakang, sesuai kebutuhan. Gunakan program tersebut sebagai modal untuk mengembangkan potensi karyawan dan mendapatkan keuntungan metode coaching yang sungguh melimpah bagi perusahaan. 

Semoga artikel ini bermanfaat:

Keuntungan Metode Coaching dalam Pengembangan Potensi Karyawan

Baca juga :

Tidak Hanya Profesi Dokter dan Psikolog yang Bisa Buka Praktik, Coach Juga!
Bagaimana Tips Memilih Coach Yang Tepat
Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja

Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

en_GB
id_ID ms_MY en_GB
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by