Cerita Inspiratif yang Luar Biasa Tentang Lelaki Tua dan Selimut

By April 26, 2017 Artikel, Character
Kisah Motivasi, Cerita Motivasi, Kisah Tentang Sedekah, Cerita Tentang Sedekah, Cerita Islami, Kisah Islami Yang Menginspirasi
expert-in-character-building

Pagi… Dan selamat hari Isra Mi’raj bagi yang merayakannya.

ESQ 165 ingin berbagi cerita inspiratif yang menyejukkan. Kisah yang mengajarkan tentang trik manis bersedekah. Bagaimana kisahnya?

Suatu hari, ada seorang lelaki tua dengan baju lusuh masuk ke sebuah toko megah. Dari tampilannya, terlihat bila lelaki tua itu dari golongan fakir. Sejumlah pengunjung yang ada di toko (yang rata-rata kaum borjouis) memandang aneh pada lelaki tua itu. Namun tidak dengan pemilik toko.

“Selamat malam Pak, mau cari apa?” tanya pemilik toko sambil tersenyum ramah.

“Em, anu.. Saya mau beli selimut 6 helai untuk saya, istri, dan anak-anak saya. Tapi…,” tutur lelaki tua dengan ragu.

“Tapi kenapa pak?” tanya pemilik toko.

Dengan polos lelaki tua itu mengatakan, “Saya hanya punya uang 100 riyal. Apakah cukup untuk membeli 6 selimut? Tak perlu bagus, yang penting bisa untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.”

“Oh, cukup Pak. Saya punya selimut bagus dari Turki. Harganya cuma 20 riyal saja. Jika Bapak membeli 5, saya akan memberi 1 selimut untuk bonusan,” kata pemilik toko.

BACA JUGA  Sedang Patah Hati? 5 Hal Ini Sangat Membantu Agar Segera Bisa Move On

Sekejap wajah lelaki tua itu tampak lega dan bersinar cerah. Ia menyodorkan uang 100 riyal dan membawa pulang 6 selimut yang dibelinya.

Lalu, seorang teman dari pemilik toko yang sedari awal memperhatikan kejadian di atas mencoba bertanya pada pemilik toko.

“Tidak salah? Kamu bilang kemarin selimut itu yang paling bagus dan mahal yang kamu jual saat ini. Kemarin padaku kamu menjualnya 450 iyal. Sekarang, kamu menjualnya pada lelaki tua itu hanya 20 riyal?” protesnya.

“Benar. Harga selimut itu 450 riyal dan aku menjualnya padamu tidak kurang dan tidak lebih. Tetapi, kemarin itu aku berdagang dengan manusia. Sekarang, tepatnya tadi itu aku berdagang dnegan Tuhan,” katanya.

“Demi Allah, sesungguhnya aku tidak menginginkan uangnya sedikitpun. Namun aku ingin menjaga harag diri lelaki tua itu, agar dia seolah tidak sedang menerima sedekah dariku, dan bisa membuatnya malu,” lanjut kata pemilik toko.

Pemilik toko hanya ingin membantu lelaki tua itu beserta keluarganya, agar terhindar dari cuaca musim dingin yang sebentar lagi datang. Sedekah manis yang diharapkannya bisa melindunginya dan keluarga dari panasnya api neraka.

BACA JUGA  IdulAdha : Momentum Tepat Meneladani kembali Kisah Nabi Ibrahim

Trik bersedekah yang manis kan? Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda punya kisah serupa atau melakukan trik sedekah manis lainnya?

Yuk bagi cerita Anda di kolom komentar bawah ini. Satu bentuk berbagi kebaikan kepada sesama, agar lebih banyak orang mendapatkan manfaatnya.

Salam 165

 


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Character Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/esqtraining/

Informasi mengenai Pelatihan kunjungi  Training ESQ 165 Great Character Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Join the discussion One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

en_GB
id_ID ms_MY en_GB
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by