Cara Mengetahui Potensi Diri dan Mengembangkannya

By December 6, 2019 Artikel, Coaching
Cara Mengetahui Potensi Diri dan Mengembangkannya Supaya Hidup Lebih Bermakna
expert-in-character-building

Cara Mengetahui Potensi Diri dan Mengembangkannya Supaya Hidup Lebih Bermakna. Ada banyak potensi yang sebenarnya dimiliki oleh diri sendiri. Sayangnya, karena kurang diasah, potensi ini terus tersembunyi. Ini cara untuk menggali dan mengembangkannya.

Jika Anda pernah merasa tidak berharga atau tidak ahli melakukan apa-apa, mungkin Anda hanya belum menemukan potensi diri yang sesungguhnya. Pada dasarnya, setiap orang dikaruniai potensi dan keunggulan yang harus digali dan dikembangkan supaya dapat lebih bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Nah, bagaimana cara mengetahui potensi diri tersebut serta mengembangkannya? Simak ulasannya berikut ini:

Cara Mengetahui Potensi Diri dan Mengembangkannya

Kenali Diri Sendiri

Apakah Anda benar-benar telah mengenali diri sendiri? Tidak sedikit orang yang sebenarnya tidak tahu keinginannya, tidak memahami kemampuannya, bahkan tidak mengenali bakatnya. Biasanya ini terjadi karena orang tersebut terlalu sibuk dengan kegiatannya atau sibuk melihat orang-orang lain di sekitarnya sehingga lupa pada diri sendiri.

Padahal, kunci pertama terkait cara mengetahui potensi diri yang sesungguhnya adalah pengenalan yang mendasar dan menyeluruh terhadap diri secara pribadi. Jika hal ini telah dilakukan, Anda akan semakin mudah untuk mengenali keunggulan yang dimiliki.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenali diri sendiri. Pertama, Anda bisa melakukan perenungan atau refleksi secara berkesinambungan. Kedua, berdiskusilah dengan orang lain dan mintalah mereka mendeskripsikan diri Anda dari sudut pandang yang berbeda. Meskipun demikian, jangan serta-merta terpaku pada penilaian orang lain. Tetaplah memiliki prinsip yang kuat.

Temukan Bakat Tersembunyi

BACA JUGA  Perlukah Mendengarkan Opini Konsumen?

Dalam proses mengenal diri sendiri, pada akhirnya Anda akan menemukan bakat yang tersembunyi. Bakat ini mungkin tidak pernah disadari atau diakui sebelumnya. Bakat yang dimaksud tidak harus selalu berbentuk sesuatu yang mengesankan, tetapi juga sesuatu yang sederhana, tetapi unik.

Tiap orang sejatinya memiliki potensi berupa bakat yang tersembunyi. Bakat ini mungkin tidak muncul ke permukaan karena tidak diberi kesempatan atau justru ditolak karena merupakan sesuatu yang unik dan tidak biasa. Padahal, jika dilatih dan dikembangkan dengan baik, bakat tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Berani Mencoba

Selanjutnya, cara mengetahui potensi diri adalah dengan selalu berani mencoba. Banyak orang enggan mencoba sesuatu karena khawatir jika mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Ini merupakan risiko yang mau tidak mau harus dihadapi ketika melakukan suatu percobaan.

Akan tetapi, dari percobaan yang dilakukan, Anda dapat mengetahui keunggulan diri secara lebih pasti. Bukan lagi sekadar mengira-ngira, tetapi berdasarkan fakta yang terjadi. Sebagai contoh, Anda sejak awal mengira takut pada ketinggian dan tidak pernah mencoba untuk naik gunung. Padahal, faktanya Anda bahkan menyukai perasaan menantang ketika ada di tempat tinggi.

Asah Kemampuan

BACA JUGA  Cara Coaching yang Baik A la ESQ

Bagi Anda yang ingin mengetahui potensi diri serta mengembangkannya, jangan malas untuk mengasah kemampuan. Caranya adalah dengan banyak berlatih. Bacalah buku yang terkait dengan potensi yang dimiliki. Lakukan aktivitas yang berhubungan dengan potensi tersebut. Gunakan keahlian untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Untuk mengasah kemampuan, Anda membutuhkan ketekunan dan kegigihan. Hal ini penting karena latihan awal pasti tidak langsung mulus. Jika langsung menyerah, tujuan untuk menemukan potensi diri tidak akan tercapai.

Mulai Raih Tujuan

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui potensi diri adalah mulai meraih tujuan yang telah ditentukan. Mulailah melakukan hal-hal yang menurut Anda menyenangkan dan menghasilkan. Jangan berhenti pada berbagai teori yang sering kali menghambat langkah Anda. Namun, lakukan tindakan nyata untuk meraih tujuan.

Modal yang dibutuhkan dalam hal ini adalah kemauan untuk terus maju. Banyak orang mungkin akan meremehkan niat tersebut, tetapi Anda harus tetap teguh. Lakukan hal-hal yang diyakini hingga benar-benar terjadi seperti yang Anda yakini. Dengan kerja keras dan ketekunan, Anda pun dapat membuat hidup menjadi lebih bermakna karena mengembangkan potensi diri yang dimiliki. 

Itulah 5 cara mengetahui potensi diri serta mengembangkannya. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat membuat hidup menjadi lebih bermakna. Anda juga dapat mengikuti training motivasi yang diadakan oleh ESQ Learning Center (ESQ LC) di bawah pimpinan Ary Ginanjar Agustian untuk mendalami seluk-beluk potensi diri. Lembaga training motivasi terbaik di Indonesia ini menyediakan banyak program menarik untuk membangkitkan kembali semangat yang pudar.

Semoga artikel ini bermanfaat:

BACA JUGA  Kunci Sukses Wirausaha, Masalah dan Cara Menyikapinya, Amazing !

Cara Mengetahui Potensi Diri dan Mengembangkannya

Baca juga :

Tidak Hanya Profesi Dokter dan Psikolog yang Bisa Buka Praktik, Coach Juga!
Bagaimana Tips Memilih Coach Yang Tepat
Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja
Keuntungan Metode Coaching dalam Pengembangan Potensi Karyawan
Manfaat Coaching untuk Karyawan dan Perusahaan yang Perlu Anda Tahu
Cara Coaching Anak Buah yang Tidak Terkesan Menggurui

Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

en_GB
id_ID ms_MY en_GB
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by