Cara Coaching yang Efektif untuk Karyawan Baru Perusahaan

By December 5, 2019 Artikel, Coaching
Cara Coaching yang Efektif untuk Karyawan Baru Perusahaan
expert-in-character-building

Cara Coaching yang Efektif untuk Karyawan Baru Perusahaan. Harus ada trik khusus Menangani karyawan baru karena memang tidak mudah. 

Menghadapi karyawan baru memang tidak boleh sembarangan. Sebagai karyawan baru, mereka layak mendapatkan perlakuan istimewa. Namun, bukan berarti mereka dispesialkan atau mendapatkan privilege. Istimewa di sini berarti mereka berhak mendapatkan informasi pekerjaan yang detail dan diberikan coaching yang efektif agar mereka dapat bekerja secara maksimal.

Kebanyakan perusahaan biasanya mengabaikan hal ini, terutama bila karyawan baru datang dengan latar belakang pekerjaan yang sama. Mereka dianggap telah siap bekerja tanpa ada pelatihan atau pendampingan terlebih dahulu. Padahal, meskipun memiliki pengalaman di bidang pekerjaan yang sama, tetapi mereka datang dari perusahaan yang memiliki budaya kerja berbeda. 

Oleh karena itu, coaching sangat perlu dilakukan kepada seluruh karyawan baru, dari level staf hingga pimpinan. Apa saja kira-kira cara coaching yang efektif yang dapat dilakukan untuk karyawan baru? Berikut beberapa di antaranya:

Jalin Komunikasi yang Baik

Seorang coach biasanya akan menjadi pendengar yang baik. Berikan kesempatan kepada karyawan baru untuk banyak bertanya. Berikan jawaban-jawaban yang tepat dan sesuai. Dorong mereka juga untuk menggali potensi diri yang dimiliki.  Dari bertanya dan menjawab, kemudian akan terjalin sebuah komunikasi dua arah yang baik dan hubungan yang semakin kuat.

Selalu lakukan pendekatan yang positif kepada karyawan baru. Jangan terkesan mengintimidasi dan mengancam karena hal ini akan berdampak kepada kinerja mereka. Penilaian mereka terhadap perusahaan juga akan menjadi negatif. Sikap positif akan membantu karyawan baru untuk selalu berusaha yang terbaik dalam bekerja.

Berikan Target yang Jelas

BACA JUGA  Cara Coaching Anak Buah yang Tidak Terkesan Menggurui

Jangan selalu menganggap bahwa karyawan baru, terutama yang sudah berpengalaman, pasti tahu apa yang akan mereka kerjakan. Pola pikir seperti itu justru akan membuat karyawan baru merasa diabaikan. Pada saat memberikan pekerjaan, berikan target yang jelas kepada mereka.

Target yang jelas tentu sangat membantu para karyawan baru pada saat menyelesaikan pekerjaannya. Mereka juga akan belajar bagaimana proses pekerjaan dilakukan di perusahaan baru. Selain target yang jelas, tenggat yang sesuai juga akan membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. 

Ajarkan Strategi yang Tepat untuk Mencapai Target

Cara coaching yang efektif juga termasuk mengajarkan strategi yang tepat untuk mencapai target yang telah ditentukan. Ajarkan kepada karyawan baru untuk membuat peta strategi yang perlu dipakai agar pekerjaan yang dilakukan dapat mencapai target sempurna.

Uji mereka dengan meminta pendapat, saran, atau strategi yang lebih baik. Dengan begitu, potensi dan kreativitas mereka dalam menyelesaikan pekerjaan juga akan terlihat. 

Jangan Sungkan Membantu

Coaching yang baik juga tidak melulu mengandalkan coachee. Butuh kerjasama dan kolaborasi yang dinamis antara coach dan para karyawan baru. Maka dari itu, jangan sungkan untuk membantu atau memberikan pengarahan lebih kepada mereka. Jangan pula terlalu mengharapkan mereka untuk langsung menjalankan pekerjaan dengan baik dan sempurna.

Namun, bukan berarti membantu mengerjakan pekerjaan mereka dari awal sampai akhir. Mereka diajarkan bagaimana berburu, bukan diberikan daging secara cuma-cuma. Coaching merupakan sebuah pemberdayaan sumber daya manusia, dengan begitu karyawan baru memiliki kesempatan untuk menjadi lebih kompeten lagi.  

Rajin Berikan Evaluasi

BACA JUGA  Training Sertifikasi 3.0 Coaching Board of Director PT Adhi Karya di Akhir Juli 2019

Evaluasi penting dilakukan di dalam setiap pekerjaan dan merupakan bagian dari salah satu cara coaching yang efektif. Jadwalkan evaluasi secara rutin, misalnya setiap seminggu atau dua minggu sekali sehingga perkembangan kinerja karyawan baru dapat terlihat dan terkontrol. 

Di dalam sesi evaluasi, tanyakan kepada karyawan baru, keberhasilan apa yang telah diperoleh, kendala apa yang dihadapi, dan apa yang harus diperbaiki sehingga kejadian-kejadian serupa tidak terulang lagi. Dari evaluasi, mereka akan terus belajar dan bekerja dengan lebih baik lagi.

Cara coaching yang efektif akan membuat karyawan baru merasa dihargai dan diterima sepenuhnya di perusahaan tersebut. Hubungan mereka dengan karyawan lain tentu juga akan lebih harmonis. Coaching yang tepat juga akan meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka.

Bila ingin mendalami lebih jauh tentang teknik coaching, ESQ Leadership Center dibawah pimpinan Ary Ginanjar bisa menjadi tempat yang tepat untuk mulai belajar. Memiliki pengalaman selama lebih dari 10 tahun, ESQ LC menawarkan beragam pelatihan, mulai dari pelatihan motivasi, kepribadian, hingga kepemimpinan.

Semoga artikel ini bermanfaat:

BACA JUGA  Bagaimana Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Atau Mental Dengan Tepat

Cara Coaching yang Efektif untuk Karyawan Baru Perusahaan

Baca juga :

Tidak Hanya Profesi Dokter dan Psikolog yang Bisa Buka Praktik, Coach Juga!
Bagaimana Tips Memilih Coach Yang Tepat
Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja
Keuntungan Metode Coaching dalam Pengembangan Potensi Karyawan
Manfaat Coaching untuk Karyawan dan Perusahaan yang Perlu Anda Tahu
Cara Coaching Anak Buah yang Tidak Terkesan Menggurui

Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

en_GB
id_ID ms_MY en_GB
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by