Bagaimana Cara Anda Merespon Masalah Dalam Hidup?

By July 18, 2017 #!30Thu, 19 Apr 2018 04:24:31 +0700p3130#30Thu, 19 Apr 2018 04:24:31 +0700p-4Asia/Jakarta3030Asia/Jakartax30 19am30am-30Thu, 19 Apr 2018 04:24:31 +0700p4Asia/Jakarta3030Asia/Jakartax302018Thu, 19 Apr 2018 04:24:31 +0700244244amThursday=9#!30Thu, 19 Apr 2018 04:24:31 +0700pAsia/Jakarta4#April 19th, 2018#!30Thu, 19 Apr 2018 04:24:31 +0700p3130#/30Thu, 19 Apr 2018 04:24:31 +0700p-4Asia/Jakarta3030Asia/Jakartax30#!30Thu, 19 Apr 2018 04:24:31 +0700pAsia/Jakarta4# Artikel, Character
Cara-Merespon-Masalah,-Cerita-Inspiratif,-Cerita-Inspirasi-Dan-Motivasi
expert-in-character-building

Sahabat ESQ, menjelang sore ini akan akan sedikit mengajak Anda untuk berpikir sejenak mengenai kehidupan yang kita jalani ini. Tak membahas sesuatu yang berat-berat. Ini biasa kita alami dalam kehidupan sehari.

Dalam hidup ini, akan ada banyak hal yang tak terduga yang pasti akan kita alami. Maka dari itu Allah SWT selalu mengingatkan kita untuk terus berusaha dan berdoa, akan kita mempunyai mental yang tangguh ketika dihadapkan oleh situasi apapun.

Siapa manusia yang hidup di muka bumi namun tak punya masalah? Bahkan, seorang Nabi Muhammad SAW yang sangat dimuliakan Allah pun pernah mengalami masa-masa terpuruk dalam hidupnya. Permasalahan akan kita alami selama kita menjalani hidup.

Tak jarang, banyak orang yang kemudian menjadi gila karena suatu masalah. Karena jiwanya tak dibekali pegangan yang kuat untuk bertahan menghadapi masalah. Namun, ada juga orang-orang yang tetap tegak berdiri walaupun dihadapkan dengan masalah apapun. Karena mereka-mereka ini yakin, Allah SWT tahu alasan yang tepat mengapa mereka diberikan permasalahan. Permasalahan membuat kita belajar. Permasalahan membuat kita sadar. Bahwa ada sesuatu yang perlu diluruskan.

BACA JUGA  Tahukah Anda Waktu Ideal Menggunakan Gadget? Berapa Lama Waktu Anda Bermain Gadget?

Bagaimana Cara Merespon Masalah

 

Semua orang punya reaksi yang berbeda-beda dalam menghadapi masalah. Semua orang bisa memberikan beribu-ribu respon yang berbeda ketika dipertemukan dengan ujian hidup. Menyikapi persolan hidup memang tak semudah yang bisa dibayangkan. Namun, untuk membuat semuanya menjadi lebih baik, kita dihadapkan untuk bisa memilih respon mana yang akan kita berikan.

Saya akan sharing kepada Anda, Sahabat ESQ mengenai bagaimana seseorang merespon atau menyikapi sebuah masalah dalam hidup. Ada 3 respon yang biasanya dilakukan manusia ketika dihadapkan oleh sebuah masalah. Mari kita bahas bersama.

Cara Merespon Masalah, Flight

 

1. FLIGHT
Ketika dihadapkan dengan sebuah masalah, ada orang-orang yang kemudian untuk FLIGHT. Dalam artian, tipe orang yang seperti ini memiliki kecenderungan untuk lari dari masalah. Tipe orang yang seperti ini akan terus menghindar dari masalah, sehingga dalam setiap langkah kehidupannya, ia akan selalu bertemu dengan masalah dan hampir semua masalah tidak pernah bisa ia selesaikan.

 

Tips Mudah Menghadapi Masalah, Fight

 

2. FIGHT
Berbeda dengan tipe FLIGHT. Tipe FIGHT merupakan tipe orang-orang tangguh yang berani mengambil resiko.Tipe FIGHT ini akan berusaha melawan ataupun mengatasi konflik permasalahan yang sedang ia hadapi.

BACA JUGA  Tips Aman Naik Transportasi umum Bagi Perempuan

 

Bagaimana Cara Ketika Menghadapi Masalah

 

3. FREEZE
Tipeini juga berbeda lagi. Seperti yang sudah Anda sadar, bahwa ada orang-orang yang cenderung diam seperti patung ketika menghadapi sebuah masalah. Anda hanya bisa merenungi mengapa permasalahan ini bisa terjadi, padahal dalam hati Anda bergejolak untuk teriak.

Dari tipe-tipe di atas, Anda termasuk yang mana? Ayo Sahabat ESQ jawab. Ya semua orang bebas dan berhak memilih respon mana yang akan Anda tunjukkan ketika menghadapi masalah. Yang perlu Anda perhatikan, sebisa mungkin jangan merugikan orang lain dari setiap respon yang Anda pilih.

Anda harus mencerna baik-baik setiap permasalahan yang Anda temui dalam hidup. Percaya, bahwa Allah SWT memberikan kita ujian dari sebuah masalah karena Allah ingin meningkatkan kualitas diri kita, kualitas hidup kita, kualitas iman kita.

Selalu ingat, selalu ada hikmah baik dibalik masalah-masalah yang Anda hadapi. Hidup ini tak sekejam yang Anda bayangkan. Hidup ini adalah anugerah terindah yang Allah berikan untuk hidup kita. Jadikan masalah yang Anda hadapi saat ini menjadi sebuah batu loncatan bagi Anda untuk terus memperbaiki diri.

BACA JUGA  Proses Menata Hidup

Saya yakin, semua Sahabat ESQ adalah orang-orang bijak dan pintar dalam menyikapi masalah hidup. Inilah perlunya keseimbangan IQ, EQ dan SQ dalam kehidupan. Karena, tak semua hal bisa dilogikakan, dan juga tidak semua hal bisa dibawa menggunakan perasaan. Sinergi antara IQ, EQ dan SQ akan membentuk Anda menjadi pribadi tangguh yang mampu menghadapi masalah yang Anda hadapi.

Semangat menjalani hidup, Sahabat ESQ.

Salam 165

 


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Character Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/esqtraining/

Informasi mengenai Pelatihan ESQ kunjungi  Training ESQ 165 Great Character Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

en_GB
id_ID ms_MY en_GB
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by