7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Disegani Banyak Orang

By September 27, 2019 October 30th, 2019 Achievement, Artikel
7-Cara-Menjadi-Pemimpin-yang-Baik-dan-Disegani-Banyak-Orang, Training Kepemimpinan, Pelatihan Leadership
expert-in-character-building

Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani ada banyak, salah satunya adalah mau berbaur dan selalu disiplin.

Semua orang bisa menjadi pemimpin dari sebuah organisasi atau perusahaan. Namun, tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang baik. Itulah kenapa menjadi pemimpin yang disegani tidak mudah dan sulit dilakukan sebagian besar orang.

Kalau saat ini posisi Anda setara dengan pemimpin dan ingin menjadi orang yang dipandang, simak info berikut.  Ada beberapa cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani oleh banyak orang seperti :

Memberikan Contoh yang Baik

Pemimpin selalu menginginkan bawahannya untuk bisa berlaku sesuai dengan keinginannya. Misal menjadi disiplin dengan waktu yang diberikan. Kalau Anda hanya menyuruhnya saja, kemungkinan besar ada beberapa orang yang keluar jalur. Mereka jadi malas melakukannya, apalagi kalau tidak ada contoh.

Kalau Anda menginginkan sesuatu pada mereka seperti disiplin atau sejenisnya, lebih baik langsung memberikan contoh. Misal dengan datang tepat waktu setiap hari hingga melakukan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Dengan contoh seperti ini mereka akan segan kalau mau malas-malasan.

Terbuka dengan Perubahan dan Diskusi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, menjadi seorang pemimpin yang baik itu tidak mudah. Apalagi kalau kita memiliki ego yang besar. Karena merasa menjadi seorang pemimpin, berbagai hal dilakukan secara semena-mena dan tidak bisa terbuka dengan perubahan atau jarang melakukan diskusi.

Orang yang ada di dalam tim juga memiliki pemikiran sendiri dan kadang mereka menginginkan diskusi. Selama tidak melenceng dari perusahaan dari organisasi, kenapa tidak dibicarakan saja? Toh, melakukan diskusi justru bisa mengeratkan hubungan dengan banyak orang.

Tidak Segan Memberikan Penghargaan

BACA JUGA  Sejarah Lebaran yang Belum Diketahui Banyak Orang

Menjadi seorang pemimpin jangan hanya pandai dalam hal menyuruh dan memberikan perintah saja. Kalau anggota tim melakukan sesuatu yang baik dan juga berprestasi, jangan segan untuk memberikan penghargaan. Dengan memberikan penghargaan atau pujian, mereka akan merasa dihargai.

Senang Memberikan Motivasi

Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani oleh banyak orang selanjutnya adalah senang memberikan motivasi. Ada kalanya perusahaan atau organisasi yang sedang Anda jalankan tidak sesuai dengan rencana. Hawa-hawa pesimis bisa saja muncul karena banyak masalah dan tidak diselesaikan dengan baik.

Memimpin sebuah perusahaan atau organisasi memang tidak selalu kebal dengan masalah. Kalau sampai masalah muncul, kenapa tidak memberikan motivasi saja? Meski tidak langsung menyelesaikan masalah, paling tidak masih membuat banyak orang berusaha untuk menyelesaikannya serta tidak mudah menyerah.

Berperangai Baik dan Sabar

Menjadi pemimpin dan membawahi ratusan atau bahkan ribuan orang sangat sulit dilakukan. Apalagi kalau sampai muncul banyak permasalahan baik internal maupun eksternal. Itulah kenapa Anda diharapkan untuk selalu memiliki sifat baik dan tetap sebar. Namun, jangan sampai abai dengan kesalahan dan disiplin tetap dijaga.

Bisa Membaur dengan Mudah

BACA JUGA  Kepemimpinan Otentik

Kesalahan terbesar yang sering sekali dilakukan oleh para pemimpin adalah mereka selalu merasa jadi superior. Padahal dengan membaur dengan bawahan, kedekatan personal lebih terjaga dengan baik. Kalau Anda bisa dekat dengan banyak orang, tidak akan ada batasan dan Anda bisa menjadi pemimpin yang baik,

Memahami Problem Solving

Hal terakhir yang harus Anda miliki kalau ingin menjadi seorang pemimpin baik dan disegani adalah memahami pemecahan masalah. Tidak semua masalah bisa diselesaikan sendiri dan serampangan. Itulah kenapa diskusi harus dilakukan dengan baik agar permasalahan bisa diselesaikan dengan sempurna.

Asah kemampuan pemecahan masalah ini dengan baik agar tidak takut kalau ada permasalahan yang muncul. Bahkan, Anda dan tim sudah mendaftar berbagai kemungkinan masalah dan pemecahannya.

Melakukan beberapa cara di atas mungkin tidak mudah dan butuh arahan yang baik. Anda bisa melakukan training kepemimpinan terbaik di ESQ Leadership Center. Training atau latihan sangat penting karena bisa memberikan motivasi diri yang sangat besar. Tanpa motivasi yang baik, perubahan tidak akan bisa terjadi sesuai rencana.

Inilah beberapa ulasan tentang cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani oleh banyak orang. Kalau Anda bisa disegani, proses manajemen atau perkembangan bisa dilakukan dengan mudah. Efeknya, tentu saja bisa memajukan organisasi atau perusahaan yang sedang dibangun.

 

BACA JUGA  Cara Mengembangkan Potensi Karyawan Melalui Practical Coaching for Leaders

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Disegani Banyak Orang

 

ESQ Exclusive Quantum Excellence, Training, training motivasi sukses

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di info@esqtraining.com atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by