Yuk Mengisi Bulan Ramadhan Penuh Berkah dengan 5 Kegiatan Ini!

By May 7, 2019 May 14th, 2019 Artikel, ESQ Spesial Ramadhan
Yuk Mengisi Bulan Ramadhan Penuh Berkah dengan 5 Kegiatan Ini
expert-in-character-building

Yuk Mengisi Bulan Ramadhan Penuh Berkah dengan 5 Kegiatan Ini! – Tanpa terasa kita bertemu lagi dengan Bulan Suci Ramadhan. Ini merupakan nikmat yang sangat luar biasa, karena tidak semua orang diberi kesempatan kembali bertemu dengan Bulan Ramadhan yang penuh dengan ampunan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

“Ketika datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu Jahannam ditutup, dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Bukhari).

Hal ini seharusnya membuat kita semakin berlomba-lomba mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan bermanfaat. Tujuannya tentu untuk mendapatkan keberkahan, ampunan, dan rahmat yang berlimpah dari Allah SWT.

Namun, kebanyakan dari kita di Indonesia menjadikan tidur sebagai kegiatan favorit untuk mengisi bulan Ramadhan. Seseorang bisa tidur berjam-jam sambil menunggu waktu berbuka puasa. Apakah Anda salah satunya?

Memang, banyak yang bilang jika tidur merupakan ibadahnya orang yang sedang berpuasa. Namun jika hanya diisi dengan tidur tanpa melakukan apa-apa, tentunya Anda tidak akan mendapatkan keutamaan bulan Ramadhan yang sangat luar biasa. Padahal, momen ini adalah kesempatan berharga dari Allah untuk memperbaiki diri dan memperbanyak amal saleh.

Nah, agar Ramadhan Anda lebih bermakna dan penuh berkah, berikut 5 kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi bulan Ramadhan.

Perbanyak Kegiatan Spiritual

Ini sih sudah pasti harus Anda lakukan untuk mengisi bulan Ramadhan. Satu bulan ini merupakan waktu yang sangat baik bagi kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk lebih memperbaiki akhlak dan perbuatan, agar puasa Anda semakin penuh keberkahan. Kegiatan untuk mengisi bulan Ramadhan yang bisa Anda lakukan adalah berdiam diri di masjid (I’tikaf), mendengarkan kajian-kajian agama, dan memperbanyak ibadah shalat sunnah.

Perbanyak Kegiatan Fisik

Siapa bilang puasa adalah waktunya kita untuk bermalas-malasan hingga waktu berbuka tiba? Justru pada saat puasa, Anda harus lebih banyak melakukan kegiatan fisik untuk mengisi bulan Ramadhan, agar badan lebih segar. Kegiatan fisik tersebut bukan berarti Anda harus melakukan olahraga berat, lho. Anda bisa melakukan kegiatan bersih-bersih rumah. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berjalan kaki ke masjid atau pun naik turun tangga untuk melemaskan otot-otot kaki. Tidak hanya sehat, tentunya olahraga ringan tersebut juga akan mendapatkan pahala ‘kan?

Perbanyak Membaca Buku

Buat Anda yang gemar membaca buku, kegiatan yang satu ini bisa dijadikan alternatif untuk mengisi bulan Ramadhan. Pilihlah bacaan yang Anda sukai, misalnya komik atau pun novel. Selain itu, Anda juga bisa memilih bacaan untuk menambah pengetahuan Anda tentang agama, seperti buku-buku tafsir, hadis, fiqih Islam, atau buku-buku mengenai sejarah Islam.

Melakukan Kegiatan Sosial

Bulan Ramadhan adalah waktunya untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan kegiatan sosial selama bulan Ramadhan. Anda bisa mengundang sahabat dan kerabat terdekat untuk berbuka puasa di rumah. Selain bermanfaat untuk menyambung tali silaturahim, Anda juga akan mendapatkan pahala karena memuliakan orang yang berpuasa. Selain itu, bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk memberikan santunan kepada yatim piatu dan kaum dhuafa. Jadi, manfaatkan waktu Anda untuk mengejar berkah dan pahala di bulan Ramadhan ini ya!

Melakukan Evaluasi Diri

Bulan Ramadhan adalah momen yang dimanfaatkan untuk memperbaiki diri dan lahir kembali menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Nah, salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah melakukan evaluasi diri. Anda bisa menuliskan keluh kesah atau pun hal-hal yang menjadi kekurangan dan ingin Anda ubah. Namun, yang pasti Anda harus konsisten dalam upaya untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

BACA JUGA  IdulAdha : Momentum Tepat Meneladani kembali Kisah Nabi Ibrahim
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by