Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan Unik di Berbagai Negara

Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan Unik Berbagai Negara - ESQ Spesial ramadhan
expert-in-character-building

Ramadhan bukan sekadar bulan biasa. Bulan suci yang senantiasa ada setiap tahun hijriah ini memiliki keistimewaan tersendiri. Tak heran, jika banyak muslim dari berbagai negara mengisi Bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan produktif, unik, dan menarik.

Nah, apakah Anda penasaran dengan kegiatan dan tradisi unik Bulan Ramadhan dari berbagai negara di seluruh dunia? Jika YA, mari kita simak berikut ini!

Indonesia

Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan Unik di Indonesia - ESQ Spesial Ramadhan
Negara yang dihuni mayoritas penduduk Islam ini memiliki banyak tradisi unik untuk di Bulan Ramadhan. Salah satunya yakni “Ngabuburit”. Tradisi Ngabuburit adalah momen di mana setiap orang yang sedang beribadah puasa akan berkeliling ke tempat tertentu, untuk membeli takjil (makanan ringan untuk berbuka). Biasanya, orang-orang ini pun akan berkeliling bersama orang-orang terdekat agar lebih terasa menyenangkan.

Lebanon

Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan Unik di Lebanon - ESQ Spesial Ramadhan
Sebagian besar negara yang berada di Timur Tengah terutama Lebanon kerap kali menembakkan meriam ke arah langit sebagai tanda akhir waktu puasa (berbuka puasa). Tradisi ini dinamakan Midfa Al Iftar. Biasanya, Midfa Al Iftar akan didengar pada petang atau pada saat sebelum adzan maghrib dikumandangkan. Tradisi unik khas Lebanon ini sudah berlangsung sejak 200 tahun lalu dan masih dilaksanakan hingga sekarang.

BACA JUGA  7 Cara Meraih Sukses di Usia Muda

Uni Emirat Arab

Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan Unik di Uni Emirat Arab - ESQ Spesial Ramadhan

Negara yang satu ini juga memiliki keunikan yang tidak kalah menarik dengan negara Islam lainnya. Salah satunya adalah Haq Al Laila. Tradisi ini berlangsung pada 15 Sya’ban, bulan sebelum Ramadhan. Tradisi ini dilakukan oleh anak-anak kecil dengan cara mengenakan pakaian cerah, mengumpulkan permen dan kacang-kacangan, dengan menggunakan tas jinjing mini sambil menyanyikan lagu tradisional.

Maroko

Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan Unik di Maroko - ESQ Spesial Ramadhan
Negara Maroko merupakan negara terunik dalam hal tradisi di Bulan Ramadhan. Negara yang terletak di Afrika Utara akan dijaga oleh Nafar. Nafar adalah orang yang berprofesi sebagai penjaga untuk mengelilingi kota sebagai tanda waktu sahur telah tiba. Seorang Nafar biasanya akan berkeliling dengan menggunakan pakaian tradisional khas Maroko dan melantunkan irama melalui terompet untuk membangunkan penduduk, sekaligus sebagai pertanda waktu imsak telah tiba.

Dari sekian banyak keunikan tradisi negara saat menyambut atau merayakan Bulan Ramadhan, hal paling penting yang perlu kita pahami adalah cara hati kita menyambut Bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita. Insya Allah, kita semua diberikan kemudahan dan keberkahan oleh Allah SWT. Amien…

BACA JUGA  Memetik Hikmah Dari Kisah Dua Saku yang Berbeda

Ingin Ramadhan Anda lebih berwarna, coba isi dengan kegiatan Spiritual Ramadhan di Menara 165, Jakarta Selatan. Informasi lebih lanjut, silakan cek website https://esqtraining.com/. (Tya)

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by