was successfully added to your cart.

Tips Parenting, Cara Agar Anak Berkata Jujur

Tips-ESQ-Parenting,-Training-ESQ-Parenting,-Cara-Agar-Anak-Berkata-Jujur
expert-in-character-building

BAGAIMANA CARA AGAR ANAK BERKATA JUJUR?

Pernahkah ayah dan bunda mengetahui bahwa buah hati tidak berkata jujur? Hal yang sekilas tampak kecil, namun akan berdampak besar pada tumbuh kembangnya. Tidak jujur atau berbohong itu sangat berbahaya, karena menjadi pintu masuk berbagai keburukan dan bermacam-macam perilaku kejahatan.

Untuk itu ayah dan bunda perlu tahu apa penyebab dan cara mengatasinya. Tidak ada anak yang dilahirkan sebagai pembohong. Sesuai fitrahnya, anak lahir dengan potensi baik.

Untuk yuk evaluasi diri lewat cara pengasuhan yang tepat. Bila buah hati ketahuan mulai berbohong, analisa apa yang jadi penyebabnya. Kemudian temukan solusinya.

Untuk membantu ayah dan bunda, pakar pksikologi anak, Okina Fitriana Psi, MA berbagi tips. Dia menjelaskan 4 hal yang paling sering menyebabkan anak tidak jujur. Di antaranya :

Kenapa Anak Berbohong, Cara Agar Anak Berkata Jujur, Tips Parenting, Training Parenting

#1 Mencontoh Perilaku Orang Tua

Kita sering mendengar bahwa anak senang meniru apa yang dilakukan orang tua atau orang dewasa di sekitarnya. Nah, disadari atau tida, orang tua kerap memberikan contoh perilaku tidak jujur dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya Anda berjanji tapi tidak ditepati, mencuri perhatian anak dengan berbohong, dan sebagainya.

BACA JUGA  Tips Parenting : Waspada Dampak Bullying Terhadap Anak Kita !

Tips Agar Anak Berkata Jujur, Pelatihan ESQ, Motivasi Anak, Motivator Anak, Motivator Remaja, Motivator Terbaik

#2 Pernah Dihukum Saat Jujur

Anak-anak senang bermain dan mencoba berbagai hal, tanpa memahami risiko. Misalnya, ketika berlari-lari, anak-anak tidak sengaja memecahkan perabotan ruang tamu. Ketika dia memberi tahu orang tua dan mengakuinya, biasanya orang tua justru marah dan tidak memuji kejujurannya. Terburuk, orang tua justru memberikan hukuman. Ini akan membuat anak berpikir bahwa jujur itu berbahaya bagi dirinya.

Agar Anak Mau Berkata Jujur, Mendidik Anak agar Jujur, Motivator Remaja, Motivator Anak, Motivator Terbaik, Tips Parenting, ESQ Parenting

#3 Sering Dikritik dan Dibandingkan

Anak-anak yang dinilai orang tua dari hasil dan bukan dari upayanya, akan cenderung berbohong. Dia bahkan tak akan segan-segan untuk mencontek. Bila anak terlalu sering dikritik, mereka akan haus pujian dan melakukan segala cara untuk itu. Satu di antaranya dengan berbohong, karena dinilai bisa menyelamatkan diri.

Tips Mendidik Anak Untuk orang Tua

#4 Ingin Diterima Lingkungan

Anak-anak yang tidak mendapatkan pujian di rumah, akan mencarinya di lingkungan, termasuk teman-temannya. Mereka ingin dianggap hebat dan cenderung berbohong tentang prestasi, status sosial, dan sebagainya.

Untuk membuat anak terbiasa dan mau berkata jujur, Ayah dan Bunda baiknya menghindari 4 faktor penyebab di atas. Beri perhatian dan apresiasi secara tepat, atas tingah polah anak.

Bagaimana menurut Ayah dan Bunda. Yuk tulis pendapat, kesan, atau sarannya di kolom komentar bawah ini.

BACA JUGA  Training Motivasi Siswa SMK 50 bersama ESQ Jelang Ujian Nasional

Salam 165

 


Mari sukses bersama mendidik anak , yuk gabung bersama kami di Training ESQ PARENTING. Training akan dibawakan langsung oleh  Ary Ginanjar Agustian dan diadakan di Menara 165 – Cilandak, Jakarta Selatan.

Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Family Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/Esq165GreatFamily/

Informasi dan pendaftaran Training ESQ untuk Keluarga silahkan kunjungi ESQ 165 Great Family Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

expert-in-character-building

Let’s Make an Amazing Things! Because We Are #Amazing!






Penasaran atau TERTARIK tahu lebih detail mengenai Training ESQ lainnya ?



Jadwal Training ESQ

Training ESQ Public di Menara 165 Tahun 2018.



ESQ New Chapter Training

Disini akan ditanamkan sebuah pemahaman bagaimana bisa melahirkan manusia yang mengetahui bagaimana Tips Agar bahagia.

Info lebih lanjut :




 

ESQ Quantum Excellence Training

Yang akan membuat Anda tahu, paham dan mempraktekkan bagaimana cara melahirkan Kecerdasan Quantum atau Meta Kecerdasan itu.

Info lebih lanjut :




 

ESQ New Total Action

Rahasia 7 Langkah Total Action yang terbukti mampu membantu banyak peserta mulai dari membuat rencana hingga membangun mindset yang benar dalam melakukan execution.

Info lebih lanjut :




Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda dan tahu Cara Hidup Bahagia?


Dapatkan 30 Video Inspirasi Gratis dari DR. H. C. Ary Ginanjar Agustian melalui email Anda