was successfully added to your cart.

Tips Parenting: Berkenalan Dengan Lingkungan Anak

Tips-Parenting,-Berkenalan-Dengan-Lingkungan-Anak

Bunda dan Ayah, kita sebagai orangtua tentunya memiliki tugas dan peran yang sangat penting dalam keluarga. Disamping itu, kita juga harus mampu mengembangkan potensi yang ada pada diri anak, memberi teladan dan mampu mengembangkan pertumbuhan pribadi dengan penuh tanggung jawab dan penuh kasih sayang.

Seperti yang Bunda dan Ayah tau, anak-anak akan tumbuh dengan berbagai bakat dan sikap yang berbeda-beda. Mereka adalah karunia yang sangat berharga bagi kita sebagai orangtua.

Bunda dan Ayah sebagai orang tua pasti menginginkan sang buah hati menjadi orang yang berkembang secara sempurna. Kita menginginkan anak kelak menjadi orang yang sehat dan kuat, berketrampilan, cerdas, pandai dan beriman.

Dalam keluarga, Bunda dan Ayah merupakan pendidik yang menjadi contoh dan acuan bagi anak-anak. Pendidikan yang harus dijalankan orang tua adalah pendidikan bagi perkembangan akal dan rohani anak, pendidikan ini mengacu pada aspek-aspek kepribadian secara dalam garis besar.

Mengenai pendidikan akal yang dilakukan orang tua adalah menyekolahkan anak karena sekolah merupakan lembaga paling baik dalam mengembangkan akal dan interaksi sosial. Selain pendidikan, hal yang penting yang harus diperhatikan adalah lingkungan bermain anak-anak.

BACA JUGA  Rasulullah Ternyata Pernah Jadi Korban Hoax, Bagaimana Beliau Menyikapinya?

Terkadang lingkungan menjadi faktor terbesar dalam perkembangan anak-anak. Sebagai orang tua kita harus selalu mengawasi anak dengan cara yang asyik tanpa anak merasa selalu dibuntuti oleh orang tua.

Untuk menyiasatinya, kita bisa berkenalan dengan teman anak yang bisa bermain, ajak bicara dan bertanya sesuatu layaknya teman dengan sopan. Atau kita bisa mengajak jalan-jalan bersama agar anak-anak tidak merasa orangtuanya ikut campur dalam lingkungan mainnya.

Bisa juga kita mengajak makan bersama di rumah sambil ngobrol-ngobrol santai dengan mereka. Untuk bisa berkenalan dengan lingkungan anak, kita harus bisa membawa diri layaknya berbicara seperti teman dengan mereka.

Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Family Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/Esq165GreatFamily/

 

Dapatkan 10 Video Gratis ESQ Virtual Training dari Dr. H. C Ary Ginanjar Agustian

 

Ps: Silakan comment, apa makna sukses menurut Anda dan jangan lupa like & share postingan ini supaya lebih banyak yang mendapatkan manfaat yang sama dengan Anda.

BACA JUGA  Ternak Kecoak Dirumah, Mahasiswa Ini Raup Omset Rp. 87 Juta/Bulan