Tips Jitu Melatih Public Speaking untuk Remaja yang Jarang Diketahui

Tips Jitu Melatih Public Speaking untuk Remaja yang Jarang Diketahui - Pelatihan Public Speaking - ESQ
expert-in-character-building

Public speaking merupakan kemampuan yang harus sering dilatih karena untuk memiliki kemampuan ini, tidak semua orang dengan mudah menguasainya. Public speaking dibutuhkan supaya penyampaian informasi secara efisien, akurat dan efektif. Pendengar mampu menangkap dengan mudah apa yang ingin disampaikan oleh pembicara. Biasanya untuk di sekolah formal biasanya public speaking diajarkan di kelas Bahasa Indonesia saja. Hal ini tentu sangatlah kurang padahal tuntutan di luar sana, public speaking sangat dibutuhkan.

Untuk itulah, kamu harus melatih kemampuan public speaking, baik itu secara otodidak ataupun dengan mengikuti kelas professional. Mungkin untuk pelajar atau mahasiswa, bisa melatihnya dengan cara melakukan presentasi ataupun mengikuti organisasi di sekolah. Selain itu, ada beberapa tips melatih kemampuan public speaking untuk remaja:

Biasakan Lebih Aktif dan Percaya Diri

Untuk melatihnya memang tidak mudah. Tapi jangan sia-siakan masa remaja kamu begitu saja. Kamu bisa melatihnya dengan cara lebih aktif dalam perpendapat. Jangan hanya diam saat mengikuti sebuah forum diskusi. Percaya dirilah dan ungkapkan pendapatmu. Kamu pun bisa bertanya kepada guru saat ada materi yang tidak dimengerti. Percayalah, hal-hal kecil seperti itu dapat melatih public speaking kamu lebih baik lagi.

Diskusi atau Presentasi

Saat seseorang mengadakan forum diskusi, jangan ragu untuk ikut serta dalam forum tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan diri sebagai orang yang akan mempresentasikan materi yang sudah dikumpulkan oleh kelompokmu di depan. Sebuah kesalahan yang mungkin terjadi adalah hal wajar. Kamu masih belajar, dan kesalahan merupakan salah satu proses belajar. Untuk itu, jangan takut salah dan terus berusaha untuk melatih kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat di muka umum.

Banyaklah Membaca

Membaca akan memberikanmu lebih banyak kosa kata. Tak hanya itu, membaca juga akan memberikanmu hal-hal baru yang mungkin saja akan menarik untuk dibicarakan dengan teman-teman nantinya. Kamu bisa menceritakan kembali apa yang kamu dapatkan setelah membaca suatu buku kepada temanmu.

Tulis Poin-Poin Penting

Tidak hanya pemula, orang yang sudah mahir dalam public speaking pun biasanya membuat poin-poin penting sebelum berbicara di depan umum. Hal ini membuat penyampaiannya lebih mudah dan tentunya lebih terstruktur.

Gaya Komunikasi Dua Arah

Pendengar akan lebih tertarik bila merasa dirinya dilibatkan dalam pembicaraan tersebut. Untuk itu, saat berbicara di depan umum, kamu bisa melontarkan beberapa pertanyaan ke arah pendengar untuk menciptakan komunikasi dua arah. Pembicaraan dua arah pun dimaksudkan agar pendengar lebih tertarik dengan materi yang tengah kamu bawakan.

Public speaking pada remaja merupakan kemampuan yang tidak akan terbentuk secara instan. Butuh proses yang panjang untuk melatihnya. Untuk itulah, harus ada dorongan yang baik dari orang-orang di sekitarnya. Bila perlu, beri mereka perhatikan khusus yang memang sangat dibutuhkan bila ingin meningkatkan kemampuan yang satu ini.

Untuk kamu, para remaja yang tengah berusaha untuk meningkatkan kemampuan public speakingnya, jangan ragu untuk terus berlatih. Jangan ragu untuk berpendapat di depan umum. Kesalahan merupakan hal biasa. Kesalahan tersebut jangan dijadikan sebagai tembok yang mengekangmu untuk bangkit kembali, tapi jadikan kesalahan tersebut sebagai tongkat yang membantumu saat terjatuh.

Ajak teman-teman dan keluargamu untuk mendukung kamu meningkatkan kemampuan ini. Public speaking merupakan kemampuan yang baik sehingga jangan ragu untuk mengajak mereka. Semoga bermanfaat.

 

BACA JUGA  Inilah Tips Ampuh Latihan Public Speaking untuk Mahasiswa yang Harus Anda Ketahui
ESQ Powertalk, Kekuatan Kata-kata, Suara dan gerak Tubuh, Untuk Mempengaruhi Lawan Bicara

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by