Tips Atasi Kekecewaan Dengan Kekuatan Sejati (True Power) di Dalam Diri

By March 3, 2017 January 14th, 2019 Artikel, Character, Tips
expert-in-character-building

Kekecewaan adalah salah satu tantangan hidup yang kerap merusak diri. Maksudnya, rasa sakit karena kecewa sering membuat kita jadi salah langkah dalam mengambil keputusan dan bertindak.

Contohnya, apa yang akan sahabat ESQ lakukan jika dikecewakan oleh orang lain? Entah itu dalam hal cinta, pekerjaan, pertemanan, dan sebagainya.

Marah-marah kah? Membalas perbuatan yang sama pada yang membuat kecewa? Atau larut dalam rasa sakit dan galau karena merasa kecewa?

Apa pun yang sahabat ESQ lakukan, sepenuhnya adalah hak Anda. Namun, perlu dipahami bahwa hal-hal di atas justru menjauhkan diri dari kebahagiaan, kesuksesan, dan ketentraman hidup.

Untuk itu, stop menyakiti diri sendiri dan orang lain ketika sedang kecewa atau mengalami kesulitan hidup.

“Itu tidak mudah,”…

Ya, mengatasi kecewa dan kesulitan memang tidak mudah. Untuk itu, coba 5 cara berikut ini. CARA YANG MUDAH dilakukan, bila kita mengoptimalkan KEKUATAN SEJATI di dalam diri.

Mari simak ulasannya:

Senyum-dan-sabar-menghadapi-kekecewaan

#1 Senyum dan Bersabarlah

Tersenyum mampu meredam kesedihan dan kesakitan di dalam hati. Hal ini seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW di sepanjang hidupnya. Senyum juga bisa jadi kekuatan untuk menghadapi segala hal yang terjadi.
Sambil tersenyum, lapangkan hati dan bersabarlah. Ini adalah kunci untuk lepas dari segala beban berat dan keluh kesah. Banyak keuntungan menjadi orang sabar, seperti dijelaskan dalam Alquran dan Alhadist.

BACA JUGA  Kisah Inspiratif Bunga Mawar dan Pohon Bambu

Berbaik-Sangka-Kepada-Allah

#2 Berbaik Sangka kepada Allah

Apapun rintangan yang dihadapi, selalu berbaik sangkalah kepada Allah. Tuhan terkadang memberikan apa yang kita butuhkan, bukan harapkan. Selain itu, dibalik setiap masalah, kesulitan, dan kekecewaan itu pasti ada kemudahan. Bukankah hal ini telah dijelaskan dalam Alquran surat Al-Insyirah:5-6 “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Rekreasikan-Hati-dan-Pikiran

#3 Rekreasikan Hati dan Pikiran

Banyak cara untuk membuat hati dan pikiran lebih rileks dan fun, usai ditimpa rasa kecewa dan kesulitan. Sahabat ESQ bisa sekadar curhat ke teman dekat, jalan-jalan, menekuni hobi, olah raga, dan sebagainya.
Rekreasi hati dan pikiran amat diperlukan, untuk memberikan energi baru dan semangat baru. Hal-hal positif yang akan mengantarkan diri melangkah dan menemukan solusi.

Evaluasi-Diri-Tips-Atasi-Kekecewaan-ESQ-Training-Training-Motivasi

#4 Evaluasi Diri

Setelah Anda merasa lebih baik, waktunya untuk melakukan evaluasi diri. Setiap masalah, kesulitan, atau kekecewaan yang dialami tentu ada sebab-akibatnya.
Untuk itu, berpikirlah secara luas dan menilai dari berbagai sudut pandang. Lalu, lakukan evaluasi diri dan menyusun rencana baru dalam rangka perbaikan dan solusi.

BACA JUGA  Biarkan Anak Anda Menekuni Ilmu Yang Ia Inginkan

Its-Time-To-Move-On-Tips-Atasi-Kekecewaan-Training-ESQ

#5 It’s Time to Move On

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kini waktunya untuk move on. Kerjakan apa yang sudah direncanakan dan mulailah dengan energi positif yang telah dimiliki.

Bila sahabat ESQ masih kurang cukup dengan lima langkah di atas, coba ikuti SEMINAR ESQ 165 MISSING POWER dari ESQ.

Seminar yang menjadi wadah untuk membantu Anda mengoptimalkan kekuatan sejati (True Power) di dalam diri. Kekuatan yang akan membimbing kita menuju kebahagiaan, kesuksesan, dan kekuatan menghadapi cobaan.

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by