Pembekalan Life Skills yang Harus Anda Berikan Kepada Anak Sejak Dini

By October 4, 2018 April 9th, 2019 Artikel, Parenting
expert-in-character-building

Life Skills – Meski sudah menjadi orang tua, banyak lho individu yang tidak memahami cara mendidik buah hati secara tepat. Mereka terlalu sibuk dan fokus untuk membimbing anaknya agar selalu berprestasi di bidang akademik.

Apa akibatnya? Pendidikan tentang life skills seringkali luput diberikan kepada anak-anak. Akhirnya, mereka tak memiliki bekal yang cukup untuk menjadi pribadi bermental tangguh dan berkarakter unggul yang sukses di berbagai aspek kehidupan. Mereka pun tak akan pernah siap menghadapi segala perubahan yang terjadi dengan cepat di sekitarnya.

Oleh sebab itu, penting bagi kita memberikan pembekalan life skills kepada mereka sejak dini. Kira-kira hal apa saja yang bisa kita ajarkan kepada mereka? Berikut pembahasannya.

1. Kemampuan Bersosial

Anda tentu tahu bahwa generasi terkini tumbuh dan berkembang bersama dengan teknologi modern dan media sosial. Akibatnya, mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengakses gadget daripada bersosialisasi dengan orang sekitar.

Padahal, bersosialisasi dengan orang lain dapat meningkatkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kemampuan menjalin hubungan positif lho.

BACA JUGA  4 Macam Kebahagiaan yang Tak Bisa Dibeli dengan Uang

Cara untuk meningkatkan kemampuan bersosial pada anak bisa diberikan melalui praktik-prakti sederhana di kehidupan sehari-hari. Mulai dari mendengarkan mereka cerita, sering mengadakan acara kumpul-kumpul keluarga atau teman sebaya, dan masih banyak lagi.

2. Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri merupakan adalah akar dari segalanya. Ketika anak diajarkan untuk memiliki kepercayaan diri, mereka bisa menjadi pribadi yang berani, peduli, dan mandiri.

Pembekalan life skills yang satu ini bisa diterapkan dengan cara berani melepaskan mereka untuk berangkat sekolah sendiri, membuat rencana liburan sendiri, atau menyelesaikan tugas sendiri.

3. Mengatur Waktu dan Keuangan

Ajarkan anak Anda untuk memahami betapa berharganya waktu dan pentingnya mengatur waktu. Jangan lupa untuk berikan mereka pemahaman tentang bagaimana mengapresiasi uang dan mengatur keuangan secara bijaksana.

4. Mengendalikan Emosi

Emosi manusia seringkali berubah-ubah. Kadang merasa sedih, bahagia, atau marah. Pembekalan life skills berkaitan dengan pengendalian emosi penting untuk Anda berikan kepada buah hati. Tujuannya tentu saja agar mereka bisa memfilter dan mengendalikan emosi atau perasaan negatif di dalam diri.

BACA JUGA  9 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Ini Dapat Anda Praktikkan Selama Bulan Ramadhan, Yuk Coba!

Cara untuk membekalinya adalah memberikan ruang kepada mereka untuk mengeksplorasi perasaannya sendiri ketika menghadapi hal-hal positif atau negatif.

5. Tanggung Jawab

Winston Churchill pernah berkata, “Harga Dari Sebuah Kebesaran adalah Tanggung Jawab”. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua memberikan pembekalan life skills satu ini.

Ajarkan anak Anda akan pentingnya bertanggung jawab terhadap hal-hal di sekitarnya. Contohnya dengan mengajarkan mereka untuk membersihkan tempat tidur setelah bangun, menyimpan buku setelah dibaca, atau menabung. Ketika mereka melakukan kesalahan, biarkan mereka untuk menyelesaikan masalah sendiri.

 

Writer : First | Editor : Ania | Image : Lulu

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by