Mengapa Seorang Sales Harus Belajar NLP?

By April 22, 2019 Artikel, NLP
Mengapa Seorang Sales Harus Belajar NLP
expert-in-character-building

Setiap pekerjaan pasti menuntut adanya komunikasi yang baik dari pelaku pekerjaan tersebut. Komunikasi bahkan menjadi salah satu kunci sukses seseorang dalam pekerjaannya. Jika seorang pekerja bisa membangun komunikasi yang baik dengan atasan ataupun pelanggan, itu bisa membuat ia mendapatkan nilai plus, sehingga akan berpengaruh terhadap karirnya.

Apalagi jika ia bekerja di bagian yang mengharuskannya melakukan banyak interaksi dengan orang lain, maka komunikasi menjadi kekuatan utama yang harus ia miliki. Berkomunikasi dalam pekerjaan pasti tidak hanya sekedar berkomunikasi, tetapi ada tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Salah satu jenis pekerjaan yang menuntut seseorang memiliki kemampuan komunikasi yang baik yaitu bekerja sebagai Sales. Sales merupakan jenis pekerjaan dimana pekerja harus menawarkan produknya kepada orang lain yang memiliki beragam karakter. Ketika proses penawaran berlangsung seorang sales harus menguasai topik pembicaraan dan situasi.

Nah, itulah salah satu alasan mengapa seorang sales harus belajar Neuro Linguistik Programming (NLP). NLP merupakan teknik komunikasi yang menekankan pengasahan pada kemampuan public speaking seseorang. Teknik ini menggunakan teknik hipnosis atau pengaturan pikiran bawah sadar.

Selain yang sudah penulis sebutkan di atas, masih ada beberapa alasan lain mengapa seorang sales harus belajar NLP. Berikut beberapa alasan lainnya!

Membaca Pikiran (Mind Reading)

BACA JUGA  Inilah Lima Dasar Public Speaking Yang Wajib Anda Ketahui

 

Teknik ini merupakan teknik yang harus dimiliki oleh seorang sales. Sebenarnya bukan benar-benar membaca pikiran seseorang, hanya menebak kira-kira apa yang sedang mereka pikirkan. Jadi Anda harus memikirkannya dengan matang, misalkan jika Anda memberikan penjelasan seperti ini, kira-kira bagaimana respon mereka.

Dengan menebak respon yang akan mereka berikan, Anda bisa mengatasi jawaban atau kata-kata yang untuk merespon tanggapan mereka. Selain itu, bisa juga Anda memberikan penjelasan terkait barang yang ditawarkan secara detail dan memberi kesempatan pelanggan untuk bertanya di bagian paling.

Hal ini akan membuat seolah-olah Anda menjawab apa yang sedang mereka pikirkan. Dengan begini pasti akan membuat orang lain merasa takjub dan tercengang karena berpikir Anda bisa memberi apa yang mereka butuhkan. Ini akan membuat orang lain percaya dengan apa yang Anda katakan.

Ada beberapa kata-kata penting untuk meyakinkan orang lain yang bisa Anda gunakan. Berikut beberapa kata-kata yang bisa Anda gunakan untuk meyakinkan orang lain.

  1. Mulai saat ini Anda pasti akan mendapatkan banyak pengalaman menarik.
  2. Dari yang saya lihat, Anda ini sepertinya tipe orang yang tegas dan disiplin ya?
  3. Saya tahu mungkin Anda sangat penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Menghadapi Orang yang Mismatch (Negatif Command)

BACA JUGA  5 Kesalahan Agen Perubahan

Menghadapi Orang yang Mismatch (Negatif Command)

Cara ini merupakan salah satu cara yang sangat tepat dilakukan ketika Anda berhadapan dengan tipe orang yang tidak menunjukkan rasa setuju atau tidak setuju dengan apa yang Anda sampaikan. Cara ini bisa menjadi cara yang cukup efektif sehingga bisa mempengaruhi orang tersebut.

Memang ada beberapa orang dengan tipe seperti ini, jika kebetulan Anda berhadapan dengan calon pembeli yang demikian, Anda harus bisa benar-benar menggunakan cara ini. Jika Anda tidak memanfaatkan cara ini, kemungkinan hal yang sedang Anda usahakan bisa saja gagal, karena Anda tidak bisa mempengaruhi pandangan mereka.

Berikut beberapa kata-kata yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai penerapan dari negatif command.

  1. Jangan sampai membeli suatu barang jika Anda belum tahu apa untung, rugi, dan manfaatnya untuk Anda.
  2. Jangan dengarkan apa yang saya katakan jika Anda yakin itu tidak ada manfaatnya.

Itulah beberapa alasan mengapa seorang sales harus belajar NLP. Dengan belajar cara tersebut sales bisa tahu, tipe orang seperti apa saja yang mungkin akan dijumpainya.

 

BACA JUGA  Cerita Inspiratif Tentang Pohon dan Gambaran Kehidupan
ESQ Powertalk, Kekuatan Kata-kata, Suara dan gerak Tubuh, Untuk Mempengaruhi Lawan Bicara

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by