was successfully added to your cart.

Mendengarkan Orang Lain Berbicara

menjadi-pendengar-yang-baik

Sahabat ESQ, pasti diantara Anda pernah bahkan sering menjadi tempat curhat seseorang. Jika seseorang dilanda masalah, Andalah orang pertama yang ia cari. Ya kan?

Tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Benar apa benar? Ya…disaat kita mendengar curhatan seseorang, pernah terbesit rasa “Kenapa sih si A curhat terus?” Ada rasa bosan dan jenuh ketika mendengar cerita orang lain, karena kita tak memahami dengan betul apa yang teman kita alami.

Terkadang kita memang sulit untuk mengalahkan ego kita untuk tetap betah mendengarkan cerita orang lain, Kita selalu ingin bercerita tanpa memikirkan bahwa orang lain pun butuh bercerita. Padahal, yang perlu Anda ketahui, kita bisa mengambil banyak hal positif dari mendengarkan keluh kesah atau cerita orang lain.

Apa kira-kira hal positif yang dapat Anda rasakan ?

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#1 Mendengarkan orang lain dapat membangun hubungan yang baik[/highlight]

Mengapa? Dalam buku Dale Carnegie yang berjudul How to Win Friends and Influence People dikatakan bahwa : Anda bisa memperoleh lebih banyak teman dalam dua minggu dengan menjadi pendengar yang baik, daripada Anda peroleh dalam dua tahun dengan berusaha membuat orang lain tertarik pada Anda.”

BACA JUGA  Belajar Public Speaking Dari Public Speaker Gagap Yang Menginspirasi Dunia

Dengan menjadi pendengar yang baik, Anda bisa membangun hubungan yang lebih baik lagi karena Anda sudah tahu apa permasalahan yang sedang orang itu rasakan. Jika Anda mempunyai kemampuan mendengarkan yang baik, orang lain pasti akan tertarik untuk berkomunikasi dengan Anda.  Secara perlahan, orang lain akan beranggapan bahwa Anda adalah orang yang cukup bijaksana dalam menanggapi apa yang orang lain bicarakan.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#2 Menunjukkan Respect Terhadap Orang Lain[/highlight]

Sahabat ESQ, Anda perlu tahu bahwa setiap kali Anda meluangkan waktu Anda untuk mendengarkan cerita orang lain, Anda seakan mengirim pesan bahwa Anda sangat respect dengan mereka. Itu menunjukkan sebuah kepedulian Anda terhadap orang lain. Anda harus paham, bahwa jika kita ingin berhubungan baik dengan orang lain, kita harus menghormati orang tersebut. Menghormati orang lain bisa dilakukan dengan cara mendengarkan cerita ketika orang lain berbicara.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#3 Menambah Pengetahuan[/highlight]

Tak hanya dapat membina hubungan yang baik dan menambah respect terhadap orang lain, mendengarkan cerita orang lain juga bisa menambah pengetahuan Anda. Dengan mendengarkan apa yang orang lain bicarakan dari sudut pandangnya, Anda akan mempunyai pemikiran lain di luar pemikiran Anda sendiri. Pemikiran Anda jadi lebih luas karena jadi tahu mengenai sudut pandang orang lain.

BACA JUGA  ESQ 165 - Yuk! Sambut Ramadhan Bersama Si Kecil Dengan 6 Hal ini

Dan masih banyak lagi manfaat dari mendengarkan orang lain. Seperti yang disampaikan dalam buku John C Maxwell yang berjudul Becoming a Person of Influence bahwa “Telinga yang tidak mau terbuka untuk mendengarkan adalah bukti dari pikiran yang tertutup.”

Jadi mulai sekarang, mulailah mendengarkan dengan baik apa yang sedang orang lain ceritakan dan bangun hubungan yang baik dengan cara mendengarkan ceritakan.

Semoga dengan saling mendengarkan, akan tercipta sebuah keharmonisan diantara Anda dan lingkungan Anda.

Salam 165

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Leave a Reply