Macam-Macam Teknik NLP yang Perlu Anda Ketahui

By April 22, 2019 Artikel, NLP
Pengertian NLP
expert-in-character-building

NLP menjadi sesuatu yang hari-hari ini banyak dibicarakan orang. Apa yang Anda ketahui tentang NLP? Ya, NLP sendiri sebenarnya singakatan dari kata berbahasa inggris Neuro Linguistik Programming, tetapi orang memang lebih familiar istilah NLP.

Pengertian NLP

Pengertian NLP

Neuro Linguistik Programming atau NLP merupakan salah satu teknik pengaturan pola pikir alam sadar seseorang yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas diri, penyambuhan penyakit tertentu, hingga meningkatkan kemampuan public speaking.

Seseorang yang bekerja di suatu perusahaan, seperti yang bergerak di bidang kerjasama, penjualan, public relation, customer care, dan lainnya, sangat membutuhkan teknik NLP. Teknik NLP bisa membuat kemampuan public speaking dan kapasitas diri meningkat, sehingga bisa mempengaruhi karir dalam pekerjaannya.

Selain itu, teknik NLP juga bisa membuat seseorang memiliki pemikiran yang kokoh, sehingga nantinya bisa membangun argumentasi dengan baik. Ketika berkomunikasi ia juga bisa membuat komunikasi lebih menarik, melemparkan ide-ide segar yang bisa membuat orang lain terpukau dan nyaman melakukan komunikasi.

Nah, jika Anda penasaran dengan beberapa teknik NLP, tidak usah panjang lebar lagi. Simak paparan kami berikut ini!

Mind Reading

BACA JUGA  Inilah Tips Ampuh Latihan Public Speaking untuk Mahasiswa yang Harus Anda Ketahui

Mind Reading - ESQ NLP

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia arti kata mind reading yaitu membaca pikiran. Jika berhadapan dengan klien cara ini bisa Anda terapkan. Penerapannya sendiri bisa dengan beberapa kata-kata yang tepat. Kata-kata atau bahasa yang tepat merupakan kekuatan utama dalam berkomunikasi.

Misalkan akan mempresentasikan sesuatu, pastikan Anda menguasai benar topik yang akan dipresentasikan. Usahakan untuk membuat menjelaskannya secara detail. Penjelasan yang detail dan jelas bisa meminimalisir pertanyaan dari orang lain.

Tetapi Anda tetap harus mengantisipasi segala kemungkinan, termasuk mempersiapkan jawaban yang baik jika ada pertanyaan. Sebelum presentasi, siapkan dengan menebak kira-kira apa yang akan ditayakan orang lain ketika presentasi Anda nanti. Jika sudah tahu kira-kira pertanyaan apa saja yang mungkin ditanyakan, Anda bisa menyiapkan jawaban terbaik.

Cara seperti ini bisa jadi akan membuat orang lain berpikir bahwa Anda bisa menebak dan membaca pikiran mereka. Mereka akan takjub dengan penampilan Anda, karena merasa segala rasa penasarannya terjawab dengan tepat. Dengan begini bisa dipastikan karir Anda akan berkembang dengan baik dan cepat.

Negative Command

BACA JUGA  Teknik Mengubah Pola Pikir dengan NLP

Teknik yang satu ini sangat penting terutama jika Anda berhadapan dengan orang-orang yang tidak mudah dipengaruhi atau orang yang sama sekali tidak meolak dan tidak juga setuju dengan ide yang ditawarkan. Nah, untuk menghadapi tipe orang seperti ini memang diperlukan teknik khusus.

Sebenarnya orang-orang seperti ini bisa dipengaruhi dengan mudah, asalkan Anda tahu tekniknya. Negative command menjadi salah satu teknik yang tepat dilakukan untuk menghadapi orang yang memiliki tipe seperti ini. Penerapan teknik ini sendiri bisa dilakukan dengan pengolahan kata-kata dan bahasa yang tepat.

Jika mind reading pengolahan kata-kata dengan menggunakan kata-kata yang seolah-olah bisa menebak sesuatu, maka negative command merupakan pengolahan kata-kata dengan menggunakan bahasa persuasif halus. Nah, jika Anda tahu majas ironi, maka negatif command ini pengolahan kata-kata yang menerapkan majas ironi dengan baik.

Kalau bahasanya anak-anak zaman now sih, “meredah untuk meninggi”. Generasi milenial pasti sudah biasa melakukan hal yang beginian kan? Jadi bisa langsung coba diterapkan.

Itu dulu sih yang bisa kami paparkan. Jika mungkin Anda masih penasaran dengan teknik NLP, Anda bisa mencari informasi lain lebih lanjut. Intinya jika Anda ingin memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, sebaiknya  Anda harus mulai belajar NLP.

ESQ Powertalk, Kekuatan Kata-kata, Suara dan gerak Tubuh, Untuk Mempengaruhi Lawan Bicara

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by