Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Anda Ketahui

08 - ESQ Ramadhan - Keutamaan Bulan Ramadhan
expert-in-character-building

Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Anda Ketahui – Bulan suci yang dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia telah tiba. Semua orang tentu bersuka cita dalam menyongsong bulan kesembilan di tahun Hijriah ini. Pasalnya, ada banyak sekali keutamaan bulan Ramadhan yang bisa kita rasakan. Orang-orang bahkan berlomba-lomba mengejar amal saleh dan berbuat kebaikan di waktu istimewa ini.

Ingin semakin bersemangat untuk meningkatkan ketakwaan dengan menjalankan semua perintah Allah SWT? Yuk, cari tahu hal-hal apa saja yang menjadi keutamaan di bulan suci berikut ini.

Waktu Diturunkannya Alquran

Bulan Ramadhan adalah waktu diturunkannya kitab suci umat Islam. Tak heran kalau bulan suci juga disebut sebagai syahrul quran atau bulan Alquran. Allah SWT bahkan berfirman,

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan. Bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda (antara yang hak dan  batil),” QS, Al-Baqarah: 185

Salah satu bentuk semangat untuk meyakini keistimewaan tersebut adalah memperbanyak kegiatan mengaji selama Ramadhan. Selain membuat ilmu tentang Islam bertambah, pahala berlipat pun bisa Anda dapatkan.

Terdapat Malam Penuh Kemuliaan

Keutamaan bulan Ramadhan berikutnya adalah hadirnya malam yang penuh kemuliaan atau Lailatul Qadr.  Hal ini disebutkan dalam Alquran Surat Al-Qadr ayat 1-3 dan Surat Ad-Dukhan ayat 3.

Segala rahmat dan keberkahan akan senantiasa tercurah saat Lailatul Qadr tiba. Seluruh amal ibadah dan kebaikan yang kita lakukan nilainya akan berlipat dibandingkan dengan seribu bulan lainnya.

Sayangnya, tidak semua Muslim punya kesempatan untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Hanya mereka yang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan sungguh-sungguh yang mampu meraihnya.

Untuk mencari Lailatul Qadr, sebaiknya Anda memaksimalkan salat, mengaji Alquran, sedekah, zikir, dan bermunajat di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahkan pernah menyatakan, “adalah Nabi SAW, apabila sudah masuk sepuluh hari terakhir Ramadhan, beliau mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya.” (Muttafaq’alaih).

Bulan Pengampunan Dosa dan Dikabulkannya Doa

Ramadhan adalah waktu terbaik untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Alasannya adalah karena di bulan suci ini segala amal saleh yang kita perbuat nilainya akan jadi berlipat ganda hingga tujuh kali. Maka tak heran kalau seluruh umat Muslim seperti berlomba-lomba mengerjakan ibadah di bulan istimewa ini.

Bukan hanya itu, Ramadhan juga disebut sebagai bulan pengampunan dosa dan dikabulkannya doa. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan serta setiap Muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. Al-Bazaar).

Setan Dibelenggu, Pintu Neraka Ditutup, dan Pintu Surga Dibuka

Rasulullah SAW bersabda, “ketika datang (bulan Ramadhan), pintu-pintu surge dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu,” (H.R. Bukhari-Muslim)

Tahukah Anda mengapa saat bulan Ramadhan langkah kita terasa ringan untuk melakukan kebaikan daripada maksiat? Ternyata hal ini disebabkan oleh terbelenggunya setan dan tertutupnya pintu neraka.

Allah SWT memberikan kelancaran bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk meningkatkan ketaatan dengan menjalan ibadah. Dengan begitu, kesempatan kita untuk masuk surga dengan amal saleh yang diperbuat saat Ramadhan akan lebih besar.

Setelah mengetahui keutamaan bulan Ramadhan, Anda pasti makin semangat untuk menjalankan Rukun Islam yang keempat. Yuk, kita berlomba-lomba mengejar pahala dan meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT. Jangan sampai kita melewatkan kesempatan untuk mendapat keberkahan ini. Selamat menunaikan ibadah puasa!

 

BACA JUGA  7 Kiat Sukses Menghilangkan Rasa Takut Dalam Bisnis Dan Jualan
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by