Inilah Lima Dasar Public Speaking Yang Wajib Anda Ketahui

By March 27, 2019 September 20th, 2019 Communication, Tips
Inilah 5 Dasar Public Speaking yang Baik dan Harus Anda Kuasai
expert-in-character-building

Tidak semua orang dapat berbicara dengan baik di depan publik. Hal ini karena, untuk berbicara dengan baik di depan publik dibutuhkan latihan yang tidak sebentar. Setiap orang pasti bisa melakukannya asalkan sering-sering melatihnya dan mempelajari hal-hal yang membuat public speaking lebih menarik sehingga audience tertarik dengan materi yang tengah disampaikan.

Setidaknya ada 5 dasar public speaking yang harus Anda kuasai. Dasar-dasar ini juga bisa menjadi permulaan bagi kamu yang ingin belajar bagaimana cara melakukan public speaking yang baik. Apa saja dasar-dasarnya? Simak ulasan di bawah ini:

Otentik

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memiliki keaslian. Seorang pembicara hebat tentu tidak akan muncul begitu saja. Mereka pasti memiliki cara tersendiri untuk membuat dirinya menonjol dibandingkan orang lain. Keunikan yang mereka miliki ini bukanlah hasil dari copypaste dari pembicara lainnya melainkan sesuatu yang muncul begitu saja dari dalam dirinya karena banyaknya pengalaman yang sudah mereka jajal.
Pembicara hebat pun biasanya menyampaikan materi tanpa melihat text. Materi yang akan mereka sampaikan seperti sudah menempel erat dalam otak sehingga tidak membutuhkan contekan sedikit pun. Untuk melakukan seperti itu tentulah butuh latihan. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjadi diri sendiri dan kuasai materi dengan baik.

BACA JUGA  Tuntaskan Semua Problematika Hidup dengan NLP

Persepsi

Penonton pasti ingin mendengarkan hal menarik dari apa yang Anda sampaikan. Tidak semua penonton mengharapkan penampilan presentasi yang ‘sempurna’ tanpa ada kesalahan sedikit pun. Untuk itu lebih baik perhatikan apa yang ingin Anda sampaikan dan jangan terlalu terpaku pada penonton. Sebab, jika penyampaian Anda menarik, penonton pun pasti ikut antusias.

Sempurna Itu Tidak Wajib

Kesalahan merupakan hal yang wajar apabila terjadi saat persiapan sudah sangat matang sekalipun. Yang terpenting saat suatu kesalahan terjadi, audience tidak tahu sehingga Anda bisa melanjutkan presentasi tersebut tanpa terlihat panik ataupun gugup karena kesalahan yang terjadi. Anda pun tidak perlu minta maaf saat salah menyebutkan atau saat terjadi slip tongue. Lanjutkan saja apa yang akan Anda sampaikan, kemudian perbaiki penyampaiannya di waktu yang tersisa supaya tidak mengecewakan penonton.

Visualisasi

Apa Anda pernah merasa gugup saat harus menyampaikan presentasi di depan orang dengan strata lebih tinggi? Sebenarnya Anda tidak perlu gugup. Visualisasi itu tidak jauh beda dengan bermimpi, atau mengandaikan suatu hal yang sudah kita kuasai dengan baik. Hal inilah yang harus Anda lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Anggap saja kita tengah melakukan presentasi di depan anak kecil sehingga suasananya lebih rileks dan tidak membuat Anda gugup.

BACA JUGA  Jago Public Speaking Seperti Bos Google, Siapa Mau?

Inspiratif

Public speaking dilakukan untuk memberitahu suatu hal ke hal layak ramai. Akan tetapi informasi yang disampaikan tersebut harus memiliki nilai lebih untuk orang lain. Bisa dibilang, informasi tersebut harus menginspirasi orang lain. Hal ini karena, jika pembicara dapat menginspirasi pendengarnya, maka audience pun akan semakin focus untuk mendengarkan karena sejatinya sifat dasar manusia adalah memusatkan perhatian kepada hal yang menurutnya bermanfaat untuk kehidupannya.

Prinsip dasar inilah yang harus dipegang saat Anda melakukan public speaking. Dengan begitu, Anda tinggal menambah porsi latihan Anda supaya bisa tampil lebih maksimal saat melakukan presentasi. Sekarang, Anda tentu sudah lebih tahu tentang public speaking.

Terapkan dasar-dasar public speaking di atas dan teruslah latihan untuk meningkatkan kemampuan Anda, dengan begitu bukan tidak mungkin suatu saat nanti Anda menjadi salah satu pembicara yang baik dan bisa menginspirasi banyak orang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Inilah Lima Dasar Public Speaking Yang Wajib Anda Ketahui

 

BACA JUGA  Sering Mengalami Gugup Bicara di Depan Umum? Begini Cara Mengatasinya
ESQ Powertalk, Kekuatan Kata-kata, Suara dan gerak Tubuh, Untuk Mempengaruhi Lawan Bicara

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by