Idul Fitri 2019 Jatuh Pada Tanggal 5 Juni, Kegiatan Apa Saja yang Biasanya Berlangsung di Hari Pertama Lebaran?

Idul Fitri 2019 Jatuh Pada Tanggal 5 Juni, Kegiatan Apa Saja yang Biasanya Berlangsung di Hari Pertama Lebaran - Idul Fitri - ESQ
expert-in-character-building

Idul Fitri 2019 Jatuh Pada Tanggal 5 Juni, Kegiatan Apa Saja yang Biasanya Berlangsung di Hari Pertama Lebaran? – Insha Allah, Idul Fitri 2019 jatuh pada tanggal 5 Juni. Hari kemenangan yang akan tiba dalam beberapa hari lagi tentu disambut meriah oleh seluruh umat islam di dunia. Tak heran, jika umat muslim menantikannya dengan penuh persiapan dan dipenuhi rasa suka cita.

 

Berbagai persiapan tentu sudah disiapkan untuk menyambut hari pertama Lebaran seperti aneka kue, uang kecil, hingga pakaian bersih untuk menunaikan ibadah. Persiapan yang sudah matang ini tentu dapat memberikan kita kelancaran dalam menjalani kegiatan hari pertama Lebaran.

 

Nah, apa saja sih biasanya kegiatan yang berlangsung selama hari pertama Lebaran? Penasaran? Yuk, kita simak bersama!

 

 

  • Shalat Ied

 

Walau shalat ini hukumnya sunnah, namun sudah menjadi agenda wajib bagi umat Islam dalam menyambut Hari Lebaran. Shalat yang berlangsung selama 2 raka’at dan diiringi dengan takbir 7 kali pada raka’at pertama serta 5 takbir pada raka’at selanjutnya. Shalat Ied juga diartikan sebagai kebanggaan diri umat Islam karena mampu meraih kemenangan dari perjuangan melawan hawa nafsu selama sebulan penuh.

 

BACA JUGA  Tips Menyusun Rencana Kegiatan Ramadhan yang Tepat dan Mendatangkan Banyak Manfaat

 

  • Silaturahmi ke Orang Terdekat

 

Selesai menunaikan ibadah shalat Ied, biasanya orang-orang akan berkeliling ke para tetangga untuk saling meminta maaf atas kesalahan yang selama ini pernah terjadi. Bersalaman dan diselingi oleh air mata suci membuat umat Islam merasa seperti lahir kembali.

 

 

  • Makan Nastar dan Ketupat

 

Idul Fitri 2019 jatuh pada tanggal 5 Juni ini tentu harus dipersiapkan dengan baik. Salah satu persiapan yang tak boleh ketinggalan adalah dengan menyiapkan makanan khas Lebaran. makanan khas Lebaran ini di antaranya kue nastar, putri salju, opor ayam, dan ketupat. Makanan-makanan ini biasanya dihidangkan di setiap rumah umat muslim untuk keluarga dan para tetangga yang datang ke rumah. Menyantap makanan-makanan khas ini membuat Hari Lebaran kita jadi lebih lengkap.

 

 

  • Membagikan THR

 

Enggak hanya perusahaan yang memberikan uang THR kepada para karyawannya. Masyarakat pun memberlakukan ini juga sebagai tradisi. Biasanya, orang-orang dewasa yang sudah berpenghasilan akan sukarela memberikan uang THR kepada anak-anak kecil di sekelilingnya. Anak-anak pun tentu sangat menantikan momen bahagia ini karena dengan uang tersebut, mereka bisa membeli peralatan sekolah yang mereka inginkan. Anak-anak senang, orang dewasa pun dapat pahalanya.

 

BACA JUGA  Ini Lho Alasan Mengapa Remaja Malas Berkomunikasi dengan Orang Tuanya

Sudahkah Anda mempersiapkan ini semua untuk menyambut Idul Fitri 2019 jatuh pada tanggal 5 Juni ini. Jika sudah, persiapan apa saja yang sudah ada? Yuk, berbagi cerita dengan ESQ!

Writer : Tya

Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by