Daftar Ide Kegiatan Ramadhan yang Unik dan Penuh Kesan

24 - ESQ Ramadhan - Daftar Ide Kegiatan Ramadhan yang Unik dan Penuh Kesan
expert-in-character-building

Daftar Ide Kegiatan Ramadhan yang Unik dan Penuh Kesan – Khusus untuk Anda yang bosan dengan kegiatan mainstream selama Ramadhan, selamat sudah mendarat di tempat yang tepat. Berbicara tentang ide kegiatan Ramadhan, artikel kali ini tidak akan membahas hal-hal umum, tapi yang unik, berbeda, penuh kesan, dan tentunya mengejar pahala dari Allah SWT.

Ya, umumnya Ramadhan diisi dengan berburu takjil, buka bersama, tarawih berjamaah, dan sebagainya. Semua itu bagus sekali untuk dikerjakan, jika ingin mendapatkan banyak pahala di bulan nan suci ini.

Namun, ada kalanya kita butuh “sesuatu” yang berbeda. Suatu kegiatan yang unik, kreatif, dan menambah semangat menjadi lebih baik lagi selama Ramadhan ini. Nah, untuk Anda yang mencari kegiatan anti-mainstream selama Ramadhan ini, cek daftar ide di bawah ini.

Lakukan Hal-Hal Baik yang Tak Pernah Dilakukan

Coba ingat-ingat lagi, adakah hal-hal baik yang selama ini belum pernah dilakukan, ‘mager’ dilakukan, atau tidak sempat dilakukan. Nah, mumpung Ramadhan, coba lakukan hal itu. Bukankah semua aktivitas baik di bulan ini akan mendapatkan pahala berlipat-lipat.

Misalnya, undang teman-teman, keluarga atau orang terkasih buka bersama di rumah. Safari Ramadhan bersama teman di masjid yang berbeda-beda setiap hari selama Ramadhan. Bagi-bagi takjil gratis di pinggir jalan atau ke tempat anak yatim. Silaturahmi ke teman atau kerabat saat waktu senggang, dan masih banyak lagi.

Tentu masing-masing dari Anda punya banyak hal-hal baik yang belum pernah dilakukan selama ini. Nah, mumpung Ramadhan dan sedang cari ide kegiatan bermanfaat yang penuh kesan, coba kerjakan hal baik itu.

Belajar Sejarah Keislaman

Bagi sebagian orang sejarah mungkin saja membosankan. Namun, tahukah Anda sejarah mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya apa yang sebaiknya kita lakukan, agar tak mengulangi kesalahan di masa lalu. Sejumlah tokoh besar dan orang hebat pun mengatakan sejarah adalah guru yang berharga dan ilmu yang sangat bermanfaat.

Nah, mumpung Ramadhan coba kaji lagi sejarah Keislaman. Terkadang ada beberapa hal yang selama ini kita salah pahami atau belum ketahui tentang hal-hal luar biasa di masa lalu. Seperti sejarah Islam di Indonesia, sejarah nabi, dan lain-lain.

Mempelajari sejarah pun bukan sekadar menimba ilmu, tapi juga memperdalam iman kita untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta dan menjadi hamba yang taat. Anda bisa belajar sejarah dari buku, YouTube, kajian ustadz, dan sebagainya.

Sedekah dengan Cara yang Berbeda

Sedekah di Bulan Ramadhan itu pahalanya berlipat-lipat. Nah, jika Anda bosan dengan cara sedekah yang dirasa biasa saja, coba ide kegiatan Ramadhan yang sedikit berbeda.

Contohnya, Anda memesan makanan melalui ojek online untuk berbuka atau sahur, sebanyak budget yang dimiliki. Lalu, setiap driver datang antar makanan Anda bisa bilang makanan tersebut untuk sang driver dan ucapkan terima kasih untuk jasanya selama ini.

Selain contoh di atas, Anda bisa mencoba cara lain yang unik dan berbeda dalam bersedekah. Anda bisa mengajak teman, kerabat, anak-anak, atau orang terkasih untuk berbagi bersama pada siapa saja yang membutuhkan.

Belajar Usaha

Untuk Anda yang memiliki banyak sekali waktu luang atau orang tua yang ingin mencari kegiatan bermanfaat bisa mencoba ide satu ini. Anda bisa mengajak anak-anak atau menantang diri sendiri untuk membuka usaha. Di momen Ramadhan minat belanja meningkat tajam dan bisa jadi peluang bisnis yang cukup menarik.

Anda bisa menjual makanan takjil, menjual kerajinan tangan hasil karya sendiri, dan sebagainya. Uang yang didapat dari hasil usaha bisa ditabung, dibuat tambahan keperluan sehari-hari, atau disedekahkan kepada yang membutuhkan. Selain mendatangkan pahala dan memberi kesan, belajar usaha juga akan melatih keterampilan Anda dalam berbisnis.

Nah, sudah terpikirkan ide kegiatan Ramadhan yang unik, menarik, berbeda, berkesan, dan berpahala? Jika ya segera realisasikan ya. Semoga bermanfaat!

Writer – Tya

BACA JUGA  Sudah siapkah Anda menyambut Bulan Ramadhan?
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019
Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by